MINGGU KE-12 PJJ PJOK KELAS 9 | LEMPAR CAKRAM

PENGRTIAN

Merupakan salah satu cabang olahraga atletik dengan nomor lempar. Di nomor lempar lain terdapat lempar lembing, tolak peluru, dan lontar martil. Lempar mengacu pada cara atau teknik olahraga itu dilakukan. Sedangkan cakram adalah alat atau benda yang dilempar. Cakram biasanya terbuat dari kayu yang berbentuk seperti piring dengan bingkai dari sabuk besi. Jadi, kesimpulannya yaitu lempar cakram adalah olahraga atletik dengan teknik melempar menggunakan benda berbentuk piring terbuat dari kayu.
Berat cakram untuk putra dan putri dibedakan. Untuk peserta putri, cakram memiliki berat 1kg dengan garis tengah 180-182mm. Sementara itu untuk peserta putra, cakram memiliki berat 2kg dengan garis tengah 219-221mm.

Lapangan Lempar Cakram

gambar lapangan lempar cakram

Perhatikan gambar di atas, gambar tersebut merupakan gambar lapangan olahraga lempar cakram. Berikut ini detail keterangannya:

  1. Area lempar seluruhnya berbentuk persegi dengan lingkaran yang berada tepat di tengah. Lingkaran tersebut merupakan tempat atlet untuk melempar cakram.
  2. Lingkaran tersebut sedikti lebih rendah, 5cm dari permukaan, terbuat dari logam setebal 5 mm yang dilapisi semen agar tidak licin. Diameter lingkaran adalah 2,5 meter.
  3. Di sisi kanan, kiri dan belakang lingkaran, kira-kira sejauh minimal 75 cm dari lingkaran, dipasang jaring tinggi yang berfungsi untuk menahan cakram apabila terjadi kesalahan teknis seperti cakram terlepas sebelum dilontarkan ke arah lapangan pendaratan.
  4. Titik tengah lingkaran merupakan poros yang diambil sudut mengarah kedepan sebesar 34,92 derajad dari garis tengah. Garis pinggir sudut sisi kiri dan kanan akan ditarik hingga sejauh minimal 100 meter ke arah depan (lapangan pendaratan). Tepi garis sudut itu diberi warna putih dengan lebar 5 cm sebagai tanda bagian luar dan dalam. Cakram yang dinilai merupakan cakram yang jatuh di area dalam sudut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *