MINGGU KE-6 PJJ PJOK KELAS 9 | BULUTANGKIS

Peraturan bulu tangkis sudah di tetapkan oleh induk organisasi bulu tangkis internasional atau BWF. Berikut ini adalah beberapa peraturan dalam permainan bulu tangkis yang harus anda ketahui.

1. Peraturan Penilaian

Ada beberapa macam penilaian yang digunakan dalam peraturan bulu tangkis, antara lain :

– Dalam permainan bulu tangkis baik itu nomor ganda atau tunggal, terdiri dari 21 poin, seperti yang sudah digunakan sebelumnya. Contohnya kedua tim yang bertanding mendapatkan nilai sama 20 – 20, maka selisih poin harus 2. Misalkan anda meraih poin 21 sedangkan lawan anda mendapat poin 20, maka anda belum keluar sebagai pemenang pertandingan. Anda akan keluar sebagai pemenang bila angka anda dengan musuh selisih 2 angka, menjadi 22 – 20. Angka maksimal pada tiap permainan ialah 30, untuk itu jika terjadi poin 29 – 29. Maka pemenangnya ialah pemain yang lebih dulu mendapat poin 30.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

– Dalam pertandingan bulu tangkis baik nomor tunggal atau ganda terdiri dari 2 set. Bila tim anda memenangkan 2 set sekaligus, maka tak perlu ada tambahan set ketiga. Akan tetapi apabila tim anda memenangkan set pertama, tetapi kalah pada set kedua. Maka akan ada tambahan satu set yang biasa disebut dengan rubber game. Set ketiga ini adalah set penentuan di mana pemenang pada set tersebut, berarti keluar sebagai pemenangnya.

2. Peraturan Bulu Tangkis Pertandingan Ganda

Peraturan bulu tangkis dalam pertandingan nomor ganda cabang olahraga bulu tangkis mempunyai beberapa peraturan bulu tangkis sebagai berikut :

– Pukulan service yang pertama kali dilakukan selalu dari bidang sebelah kanan.

– Sebelum pertandingan dimulai sudah ditetapkan pihak tim mana yang akan melakukan service pertama. Pemain yang di bidang sebelah kanan akan memulai pukulan service ke arah lawan yang berdiri secara diagonal di depannya.

Pemain yang boleh menerima bola atau shuttlecoock, hanya pemain yang berdiri secara diagonal dihadapan pemain yang melakukan service. Bila shuttlecock hasil service terkena atau dipukul pemain yang tidak berhadapan dengan pemain yang melakukan service. Maka pihak yang melakukan service yang akan mendapatkan poin.

3. Peraturan Bulu Tangkis Pertandingan Tunggal

Untuk pertandingan tunggal bulu tangkis mempunyai peraturan bulu tangkis tambahan sebagai berikut :

– Pemain akan melakukan atau menerima service pada bidang lapangan sebelah kanan hanya bila nilai pelaku service itu 0. Atau angka genap dalam pertandingan seperti poin 2, 4, 6 dan juga seterusnya.

– Sebaliknya, jika nilai pelaku service tersebut adalah angka ganjil seperti 1, 3, 5, dan seterusnya. Maka service dilakukan dan diterima dari bidang lapangan sebelah kiri.

– Kedua pemain yang bertanding akan mengubah bidang lapangan tempat service jika mendapatkan poin.

Selanjutnya tolong simak video berikut.

S

Selanjutnya silahkan kerjakan tugas di buku tugas lalu segera kumpulkan

One Response
  1. Arista Latifah kusumawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *