Semangat pagi anak-anak hebat!
Rongpulska: Tetap semangat, berprestasi, luar biasa….
Bagaimana kabar hari ini….?
Baik-baik saja dan sehat selalu kan….
Alhamdulillah semoga kita selalu sehat wal afiat.
Minggu yang lalu kita sudah mempelajari Unsur-Unsur Berita serta Meringkas dan Menyimpulkan Berita.
Masih ingat anak-anak hebat?
Pada pembelajaran hari ini, kita akan mempelajari Menentukan Struktur dan Kaidan Berita serta Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita.
Masih semangat anak-anak hebat….?
C. Menentukan Struktur dan Kaidah Berita
1. Struktur Berita (Informasi penting dan informasi yang tidak penting)/kepala berita, tubuh, ekor.
a. Informasi penting/unsur-unsur berita ( 5W + 1H / ADIKSIMBA)/ kepala dan tubuh berita).
b. Informasi kurang penting/uraian atau ekor berita.
2. Kaidah-Kaidah Kebahasaan
a. Penggunaan bahasa bersifat standar (baku)
b. Penggunaan kalimat langsung sebagai variasi dari kalimat tidak langsung. Kalimat langsung
ditandai oleh dua tanda petik ganda (“….”)
Contoh: Masyarakat, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas dalam
radius 2 km dari kawah Gunung Slamaet,” paparnya.
c. Penggunaan konjungsi bahwa yang berfungsi sebagai penerang kata yang diikutinya
Contoh: Agus mengatakan bahwa ibunya pingsan dan tidak ada satu pun orang di rumah yang bisa
membawa ke rumah sakit.
d. Penggunaan kata kerja mental/hasil pemikiran
Contoh : memikirkan, membayangkan, berasumsi, berpraduga, berkesimpulan, dan beranalogi.
e. Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat
Contoh: Sekitar pukul 12.45 WIB, langit Riau tampak mendung.
f. Penggunaan konjungsi temporal atau penjumlahan, seperti kemudian, sejak, setelah, awalnya,
akhirnya (urutan waktu).
Contoh : Sekitar pukul 12.45 WIB, Sabtu (15/3/2014). langit Riau tampak mendung. Tak lama
kemudian, hujan yang diharapkan semua masyarakat pun turun. Hujanyang turun di siang
bolong ini memang tidak terlalu deras.
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita
1. Manfaat membaca berita
a. Menambah wawasan dan pengetahuan
b. Membantu mengasah kecerdasan
c. Meningkatkan kosa kata
d. Membantu meningkatkan keterampilan komunikasi
e. Meningkatkan pemahaman
2. Menyampaikan berita
a. Artikulasi dan pelafalan harus jelas
b. Memperhatikan intonasi/naik turunnya suara
c. Memperhatikan penjedaan/berhenti sejenak untuk mengatur nafas
d. sikap tubuh atau gesture
e. Memahami isi teks berita dengan baik dan menyeluruh
f. Memperhatikan volume suara dan faktor pendukung lainnya.
3. Penyuntingan berita
a. Kebenaran konsep, yang meliputi kebenaran isi berita
b. Kelengkapan isi, yang memuat unsur-unsur berita
c. Sistematika penulisan berita, yang mengacu pada pola piramida terbalik
d. Penggunaan bahasa, yang meliputi ejaan, tanda baca, diksi, kata baku, dan keefektifan kalimat.