BK Kelas 8 | Tetap Bahagia Ditengah Pandemi Covid-19

Selamat siang anak-anak…..

Bahagia bisa bertemu kembali dengan kalian di pembelajaran jarak jauh. tetap semangat dan jalankan protokol kesehatan.

Saat ini kita akan membahas Bahagia ditengah pandemi covid-19. Bagaimana caranya kita bisa bahagia ditengah-tengah pandemi yang tidak menyenangkan ini ?? Bagaimana kita bisa bahagia kalau semua serba dibatasi dan sulit ??

Oleh sebab itu ikuti pembahasan di bawah ini

TETAP  BAHAGIA DI  TENGAH  PANDEMI COVID-19

Sudah hampir 1tahun kita mengalami pandemic covid-19,Segala kegiatan dilakukan di rumah baik bekerja,ibadah maupun belajar.Hanya saja pandemic covid-19 atau pandemi virus corona belum berakhir ini menyebabkan masyarakat mulai bosan ,bahkan timbul perasaan “NEGATIF”.Tak heran jika muncul pertanyaan seperti”Sampai kapan harus terus di rumah ?,atau kapan virus corona  akan berakhir.

Pertanyaan pertanyaan seperti itu sering muncul,karena itu sangatlah penting untuk bisa memantapkan diri agar tetap berbahagia.Perlu diketahui Kebahagiaan adalah separuh obat untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh Covid-19.Menurut ahli Medhanita Dewi Renanti ,bahwa suasana hati seseorang gampang berubah,apalagi ketika sedang mengisolasi diri,untuk tinggal di rumah pada masa pandemic.

Perasaan terisolasi bisa berakibat pada depresi akibat sudah jenuh dan lelah tinggal di rumah.Karenanya penting untuk membuat diri selalu merasa bahagia dan senang agar bisa mengurangi perasaan negative selama pandemic covid-19.

Medhanita menjelaskan,manusia pasti pernah mengalami senang dan sedih .Tapi bagaimana memposisikan semua dalam koridor sewajarnya,apalagi menghadapi rasa bosan untuk tinggal di rumah saat pandemic covid-19.

Beliau menuliskan 7 tipe supaya tetap berbahagia selama pandemi covid-19

1.PUNYA HAK BAHAGIA

Yakin pada diri sendiri bahwa kita punya hak bahagia,jangan terbesit satu katapun kata kata negative,karena gelombang positif yang ada di otak akan  mempengaruhi perilaku kita.

2.PERBANYAK BANTU ORANG LAIN.

Perbanyak bantu orang lain dalam bentuk apapun (tenaga,waktu,biaya),kita sebenarnya sedang mengeluarkan energy positif yang dapat bermanfaaat bagi kesehatan.

3.HOBBY

Lakukan sesuatu yang dapat menjadi hoby kita .Hoby yang dikerjakan membuat semangat bangkit ,sehingga lebih tenang ,rileks,dan bahagia.

4.LEPASKANLAH MASALAH.

Latihan “release”atau melepaskan masalah  .Caranya melakukan tapping.Ketukkan di titik-titik akupuntur di wajah,,di dada ,di tangan dapat menjadikan lebih rileks sehinga lebih rileks,sehingga lebih tenang dan bahagia.

5.SERING BERGAUL.

Bergaullah dengan orang yang mempunyai semangat tinggi.Sering bergaul dan belajar bersama orang-orang yang mempunyai aura positif ,semangat tinggi dapat memberikan masukkan yang benar sesuai norma yang ada.

6.IKHLAS,SYUKUR dan SABAR.

Berlatih ikhlas,syukur dan sabar adalah tiga kata yang mudah diucapkan ,tapi tidak mudah dilakukan.

Tetapi bukan berarti tidak dapat dilakukan.Hanya  proses dengan berjalannya waktu,hal itu dapat dilakukan.

7.PERBANYAK INFO DI LUAR.

Perbanyak membaca buku,mencari informasi dari luar ,yang membangun diri kita untuk tetap berbahagia.

 

TUGAS:

  1.   Catat di buku tugas BK

2.  Dari  7 tipe berbahagia  selama pandemi covid-19 ,kira kira nomor berapa yang bisa

kalian lakukan,dikerjakan di bawah catatan .

SELAMAT MENGERJAKAN.

 

Sampai bertemu diminggu depan. Jangan lupa kerjakan tugas tersebut di atas.

Salam sehat

11 Comments
  1. Kanira Jahrani Ranggadewani
  2. Natasya theovany vanessa
  3. Syifana Atika Mulya
  4. Samuel setiawan
  5. Amelda Fatmawati
  6. Azizah naila s.m
  7. Alicia eager u
  8. Kevin fikri setyawan
  9. Nandaap
  10. Mahesti Elita Damayanti
  11. Kailla Safa rahmadita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *