BK Kelas 9 | Sekolah Lanjutan

Selamat siang, Salam sehat

Senang bertemu lagi dengan kalian melalui pembelajaran jarak jauh.

Pada saat ini kita akan membahas mengenai sekolah lanjutan. Kalian akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu jenjang SLTA. Jenjang SLTA akan ada pilihan-pilihan yang harus kamu pilih, dan kalian tidak boleh salah pilih supaya tidak menyesal dikemudian hari. Bagaimana agar tidak salah pilih mari kita ikuti pembahasan di bawah ini dengan membaca penjelasan dari ibu dan kerjakan tugas reflesi diri agar kamu dapat memilih sekolah lanjutan yang tepat dan sesuai dengan bakat minatmu. Selamat mengikuti penjelasan melalui pembelajaran jarak jauh.

Menggapai karir yang diinginkan adalah dambaan semua orang. Bukan hal yang mudah untuk meraih karir di jaman sekarang butuh perjuangan keras. Salah satu faktor yang sering di abaikan adalah bagaimana belajar di jurusan dan sekolah /kampus yang tepat. Seringkali memilih jurusan lebih didasarkan pada keinginan saja tanpa memikirkan kapasitas diri yang dimiliki.  Apalagi jika masuk sekolah/kampus yang tanpa seleksi lolos dari uji apakah jurusan itu cocok /tidak.hal yang harus di perhatikan untuk memilih jurusan sekolah/kuliah yang tepat dan  lulus  berkualitas.

Hal-hal yang harus di fahami dalam diri kita adalah:
1.Faktor Keadaan Fisik.
   Faktor Fisik menjadi hal penting untuk menentukan jurusan yang cocok karena seringkali keadaan fisik sangat menunjang keberhasilan siswa dalam belajar di program studi yang dipilih. Keadaan fisik seperti tinggi badan,berat badan,keadaan kesehatan dll sangat berpengaruh pada keberhasilan siswa untuk memperoleh ketrampilan yang di harapkan. Hal itu juga menjadi syarat untuk dapat diterima disekolah lanjutan tertentu (membutuhkan syarat fisik). Contoh untuk masuk sekolah lanjutan kejuruan (STM) tentu harus memiliki badan yang  sehat, kuat dan tinggi badan yang cukup. Begitupun untuk bidang –bidang  lain yang membutuhkan keadaan pisik yang memiliki standar khusus (misalnya pramugari). Pemahaman pisik diri sendiri akan sangat menentukan keberhasilan kita masuk ke satu bidang pendidikan dan menjadi  lulusan yang berkualitas dan berikutnya berhasil masuk diterima di dunia kerja.

 

2.Faktor Psikis (Kejiwaan)
  Faktor kejiwaan yang sangat mempengaruhi seseorang cocok atau tidak di program studi yang dipilih adalah: IQ, Bakat minat dan Kepribadian. IQ adalah ukuran kecerdasan umum seseorang. Bakat minat adalah kecenderungan kemampuan seseorang dalam belajar. Bakat adalah yang dia bisa Minat adalah apa yang dia suka. Umumnya orang yang suka lalu cenderung menjadikan hal tersebut sebagai kemampuan yang diunggulkannya, tapi jika suka lalu gak bisa bisa kemungkinan besar dia tidak melanjutkan belajarnya karena merasa bukan kemampuannya.

Kepribadian adalah karakter yang di miliki seseorang dalam melakukan segala hal dalam kehidupannya,setiap orang memiliki karakter berbeda satu dengan yang lainnya. Faktor kejiwaan satu orang dengan yang lainnya berbeda. Suatu bidang Ilmu harus bersesuaian dengan Faktor Kejiwaan yang dimilikinya. Pemahaman kejiwaan diri sendiri akan menuntun kita ke pilihan sekolah lanjutan yang akan dipelajari serta selanjutnya berpengaruh pada pilihan karir nya. Orang Berhasil yang sukses menggapai karir adalah orang yang sebelumnya memahami faktor kejiwaan dirinya selanjutnya menentukan program study dan karirnya berdasarkan pemahaman kejiwaannya  itu walau kadang harus tidak sesuai dengan harapanya. Orang yang sekolah tapi tidak sukses menggapai karirnya diantaranya karena Mereka lebih memilih melampiaskan hasrat nya dalam memilih program studynya walau secara fakta tidak sesuai dengan Faktor kejiwaanya,  IQ, BAKAT MINAT DAN KEPRIBADIANYA yang dimilikinya. Bahkan kadang tidak mengetahui dasar dari pemilihan sekolah lanjutan karena tidak pernah mencoba dan  berusaha untuk mengetahui keberadaan dirinya.

3.Kemampuan Akademik .
Belajar di jenjang SD,SLTP semua pelajaran dipelajari tujuannya untuk memberi kesempatan pada siswa menjajagi belajar semua pelajaran secara seimbang dalam porsi yang sama dan berikutnya  ditingkat pendidikan selanjutnya yaitu SLTA yang terbagi menjadi 2 : SMA dan SMK. Siswa mampu menyimpulkan kemampuan dalam belajarnya yang menonjol. Keberhasilan siswa dalam belajar di sekolah lanjutan (SMA/SMK) yang dipilih sangat ditentukan dari modal kemampuan belajar sebelumnya. Kebanyakan siswa memilih sekolah lanjutan nyaris bukan berdasarkan kemampuan akdemik yang diperoleh dijenjang pendidikan sebelumnya SLTP MTs SMP. Siswa lebih mendewakan hasrat keinginannya, daripada mendasarkan diri  atas hasil belajar mereka selama sekolah di SLTP/ MTs/ SMP dan melihat nilai Raport dan Daftar Nilai Ujian Akhir. Bahkan saat ditanya pelajaran apa yang paling dikuasai selama belajar kadang kalian bingung. Artinya kalian memiliki tingkat pemahaman diri yang lemah. Pada akhirnya saat belajar disekolah lanjutan minim prestasi, cendrung malas, semangat belajarnya lemah karena mempelajari pelajaran yang tidak dikuasai.

 

Tugas (kerjakan dibuku tugas BK)

Pahami dirimu (refleksi diri) kemudian jawablah pernyataan di bawah ini dengan sejelasnya dan jujur, supaya mudah dalam menentukan sekolah lanjutan.

No Pernyataan Penjelasan
1 Minat  
2 Bakat  
3 Akademik  
4 Kesehatan  
5 Biaya  
6 Cita-cita / impian dimasa depan (ceritakan mimpimu)  
7 Sekolah lanjutan yang dipilih SMK …………………………………….

SMA …………………………………….

Pondok ………………………………..

 

Penjelasan pengisian

  1. Minat

Bidang apa yang kamu senangi. Misalnya bidang otomotif, kesehatan, ekonomi, peradilan, olah raga, seni dst.

Dibidang tersebut kamu merasa senang , bahagia , ide-ide muncul, kreativitas berkembang , motivasi dalam dirimu muncul dengan sendirinya.

  1. Bakat

Bakat yang kamu miliki. Bakat yang membuat kamu bisa bertahan dan berkembang. Misalnya menyanyi, memasak, menari, merawat, utak atik sepeda motor, beternak dst.

Sebutkan apa yang menjadi bakatmu, bisa juga kamu jelaskan jika itu hal yang baru (belum banyak orang tahu)

  1. Akademik

IQ nya berapa (bila sudah ikut test IQ) dan biasanya dalam test tersebut sudah ada bakat dan minatnya.

Jika belum tulislah (kira-kira rata-rata selama semester 1 sd 4)

  • Nilai – nilai mata pelajaran IPA dan Matematika
  • Nilai – nilai mata pelajaran IPS, PKn
  • Nilai – nilai mata pelajaran bahasa
  • Nilai – nilai mata pelajaran Seni
  1. Kesehatan
  • Riwayat kesehatan yang kamu miliki (penyakit yang memerlukan penanganan khusus misalnya : Jantung, Asma, Epilepsi dst)
  • Kekurangan fisik. Misalnya : Buta Warna, cacat tubuh, tuli dst
  1. Biaya

Kondisi ekonomi orang tua bagaimana mampu mendukung kemajuan studi lanjut. Dukungan orang tua yang memotivasi kalian untuk sekolah sampai lanjut.

  1. Cita-cita /impian dimasa depan

Apa cita-citamu sebutkan dan jelaskan bagaimana impianmu ke depan.

Misalnya : Cita-cita hakim. Saya akan menjadi hakim yang adil , yang tidak  mudah disuap. Saya akan mengadili seadil-adilnya, sehingga keadilan dan kebenaran dapat dinyatakan.

  1. Sekolah lanjutan

Sekolah yang akan kalian pilih sebutkan

SMK mana

SMA mana

Pondok apa dan di mana

Samapai di sini mengenai penilaian diri untuk sekolah lanjut. Kita akan bahas lebih lagi di minggu depan.

Sampai jumpa. Tetap semangat jalankan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *