MATERI KE-2 MENYIMPULKAN INFORMASI LAPORAN PERCOBAAN

Semangat pagi anak-anak !

Rongpulska : Tetap semangat, Berprestasi, Luar biasa….

Bagaimana kabar hari ini ?  Baik-baik saja dan sehat selalu kan….

Ahamdulillah semoga kita selalu sehat wal afiat.

Minggu yang lalu pada materi yang kedua tentang Menyimpulkan Informasi laporan Percobaan sudah disampaikan oleh Ibu Suwarni.           Masih ingat anak-anak….?

Pada pembelajaran ini Pak Joko akan membahas soal/kegiatan-kegiatan yang ada pada buku paket yang bisa kalian pelajari untuk menambah pengetaguan dan wawasan kalian dengan materi yang sudah kita selesaikan. Masih semangat anak-anak….?

Kegiatan 2 : Mencermati Informasi   (Paket halaman 14)

1. Laporan tentang Venus

a. Venus adalah planet (jenis planet venus)

b. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman (warna planet venus)

c. Venus merupakan planet kedua dari matahari antara Merkurius dan Bumi (posisi planet venus)

d. Venus mengedari matahari selama 235 hari Bumi (waktu revolusi planet venus)

e. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi (waktu rotasi planet venus)

f. Venus sangat tua dan berbatu (kondisi permukaan fisik planet venus)

g. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir (situasi langit planet venus)

2. Laporan tentang kelelawar     

a. Kelelawar merupakan mamalia (kategori hewan kelelawar)

b. Mereka satu-satunya mamalia yangdapat terbang (ciri kelelawar)

c. Ada lebih dari seribu jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga panjang, kelelawar ekor-tiga, dan kelelawar buah (jenis kelelawar)

d. Kelelawar tampangnya mirip tikus. Saat terbang bersama, mereka seperti tikus terbang (ciri khas kelelawar)

e. Beberapa kelelawar makan darah, buah, ikan, dan kaktus (makanan kelelawar)

f. Kelelawar dapat mendengar dari jarak satu kilometer (kemampuan kelelawar)

g. Mereka jenis nokturnal (sifat kelelawar)

h. Kelelawar melihat dengan pupil. Oleh sebab itu, mereka membuka matanya lebar-lebar untuk melihat (indera penglihatan kelelawar)

3. Laporan tentang Rantai Makanan di Antartika   

  • a. Semua kehidupan di Antartika adalah di dalam lau. Di kedalaman laut biru ada jaringan makanan (kehidupan Antartika)
  • b. Pertama, ada plankton, phyto plankton, (kedua bentuk kehidupan yang sangat kecil, mikroskopik), dan diatom di dasar rantai makanan (rantai makanan Antartika)
  • c. Bentuk kehidupan kecil in merupakan bagian dari kelas ‘Produsen Primer’ (produsen primer Antartika)
  • d. Mereka dimakan oleh konsumen primer yang lebih besar seperti krill, rebon (udang kecil), ikan- ikan kecil (konsumen primer Antartika)
  • e. Krill adalah mekhluk mirip ikan dengan sepuluh kaki (definisi krill)
  • f. Rebon mirip udang (penampakan rebon)
  • g. Makhluk-makhluk ini memakan makhluk konsumen primer lebih kecil dan dimakan konsumen sekunder (jaring makanan)
  • h. Konsumen sekunder terdiri atas paus (khususnya paus biru) anjing laut, ikan-ikan lebih besar, dan penguin (konsumen sekunder di Antartika)
  • i. Paus biru dapat mencapai berat seratus tujuh puluh empat ton dan merupakan paus terbesar yang             pernah ada (berat paus biru)
  • j. Semua konsumen sekunder cukup tinggi dalam rantai makanan, tetapi tidak cukup tinggi (bukan              predator) termasuk posisi konsumen sekunder
  • k. Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota-paus pembunuh, karnivora mesin                    pembunuh sepanjang 27 kaki (predator puncak di Antartika)
  • l. Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan (puncak jaring makanan di Antartika)

 

Membandingkan informasi dari ketiga contoh tersebut  (Buku paket halaman 13)

  1. informasi yang lebih jelas adalah contoh nomor 2
  2. Informasi yang lebih lengkap adalah contoh nomor 3
  3. Kejelasan informasi berkaitan dengan kelengkapan informasi, tapitidak ditentukan olehnya. Pada             dasarnya, semakin lengkap informasi, maka informasi dapat disampaikan dengan semakin jelas,               asalkan didukung dengan struktur dan tata bahasa yang baik.
  4. Ya. Kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian. Semakin baik struktur penyajian suatu        teks, semakin sesuai penempatan suatu informasi dan semakin mudah untuk dipahami.
  5. Ya. kejelasan informasi berkaitan dengan unsur kebahasaan karena pada dasarnya kejelasan                        informasi  terkait dengan kemudahan pemahaman teks. Semakin baik tata bahasa yang digunakan,          semakin mudah dan jelas suatu informasi dipahami.

Tetap semangat dan selamat belajar !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *