Selamat dan semangat pagi anak-anak SMPN 20 Surakarta terutama kelas 7A-D.
Salam sejahtera bagi kita semua
Salam sehat, salam sukacita dan selalu bahagia.
Berjumpa kembali dengan Ibu Kristiana dalam mata pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PKn.
Pada minggu ini kita melanjutkan Pembelajaran minggu lalu yaitu derah Dalam karakterik Negara Kesatuan Republik Indonesia. dan sekarang akan belajar Sub Materi Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
sebelum kita belajar lebih lanjut, mari kita berdoa agar Tuhan YME selalu memberikan berkat pada kita. Amin!
Anak-anak, silah kalian buka buku paketmu hal.159-169. baca juga rangkuman dibawah ini. dan lihat film pendek tentang perjuangan generasi muda yang ikut berjuang mempertahankan NKRI.

C. MEMPERTAHANKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 menandai lahirnya negara bangsa (nation state) Indonesia. Sejak saat itu, Indonesia menjadi negara yang berdaulat dan berhak menentukan nasib dan arah bangsanya sendiri.
Bentuk negara yang dipilih oleh para pendiri bangsa adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia pernah terjadi upaya untuk menggantikan bentuk negara. Misalnya, menggantikan bentuk negara kesatuan menjadi negara serikat. Hal ini terjadi pada tahun 1949 sampai dengan tahun 1950 dengan dibentuknya Republik Indonesia Serikat.
Daerah juga memiliki peranan yang penting dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Sejarah telah membuktikan bahwa tanpa peran rakyat di seluruh daerah belum tentu tercapai perjuangan kemerdekaan bangsa. Sejarah perjuangan bangsa dan peran daerah dalam perjuangan berdiri NKRI mengandung nilai-nilai yang sangat penting diwarisi oleh generasi muda, antara lain sebagai berikut.
1. Perjuangan melawan penjajah oleh daerah memiliki arah tujuan yang sama, yaitu kemerdekaan Indonesia.
2. Tokoh pejuang daerah merupakan tokoh pejuang bangsa Indonesia.
3. Persatuan dan kesatuan telah terbukti menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia dalam merebut dan
mempertahankan kemerdekaan.
4. Bangsa Indonesia telah sepakat membentuk negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pilihan yang tepat.
5. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
6. Sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
Sedangkan pemahaman peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini menunjukkan pentingnya kesadaran nilai-nilai, seperti berikut ini.
1. Kemajuan daerah akan lebih cepat tercapai apabila bangsa Indonesia memiliki nilai persatuan dan kesatuan.
2. Kemakmuran bersama merupakan tujuan masyarakat Indonesia, bukan kemakmuran bagi perorangan atau kelompok
atau daerah.
3. Kekayaan alam merupakan milik bersama seluruh rakyat Indonesia, dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi
kemakmuran rakyat.
4. Pengembangan kemajuan dan kemakmuran daerah diarahkan pada kemajuan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat
Indonesia.
5. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda- bedakan asal daerah.

Sikap etnosentrisme yang mengandung makna sikap yang menganggap budaya daerahnya sebagai budaya yang tertinggi secara berlebihan dan budaya daerah lain dianggap lebih rendah. Sikap ini dalam kehidupan nampak antara lain sikap mengutamakan kelompok daerahnya, memilih pemimpin atas dasar asal daerah, memaksakan budaya daerah kepada orang lain, dan sebagainya. Beberapa kerusuhan dalam masyarakat terkadang dapat dipengaruhi oleh faktor kedaerahan, seperti kerusuhan antarpenonton sepakbola, antarwarga dalam masyarakat, dan sebagainya. Oleh karena itu sikap etnosentrisme yang sempit harus dihindari.

 

23 Replies to “Pertemuan Minggu I Bulan Mei 2021 Mapel PKn Kelas 7A-D | Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

  1. assalamualaikum wr wb
    nama: Fairuz Zacky Ilham Aldiansyah
    kelas:7b
    no:18

    1. Assalamualaikum
      Nama : Aisya Aurelia Shafira
      Kelas : 7D
      No.Absen : 2
      Terima kasih

  2. Assalamualaikum
    Nama: Livia Nabil Lathifah Maisun
    Kelas: 7C
    No absen : 15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *