SIMPLE PAST TENSE

Kalimat Verbal

Hi, students! Welcome back in English Lesson

Pada pertemuan sebelumnya kita mempelajari kalimat SIMPLE PAST TENSE dengan jenis kalimat Nominal (Nominal Sentence). Pada pertemuan kali ini kita akan membahas kalimat SIMPLE PAST TENSE dengan jenis kalimat verbal. Yuk kita simak!

 

What is Simple Past Tense ?

Simple past tense adalah sebuah pola atau aturan kalimat yang menunjukkan sebuah aktifitas yang terjadi di masa lalu atau di waktu lampau. Jika sulit mengingatnya kita ingat saja bahwa kata ‘past’ itu sendiri adalah lampau atau lalu, berarti kejadian yang sedang diceritakan adalah kejadian yang telah terjadi. Lalu apa bedanya simple past tense dengan simple present tense? Jika simple past tense menerangkan kejadian di masa lalu, maka simple present tense menceritakan kejadian di masa kini. Nah, dengan begini kalian sudah tidak bingung lagi kan?

 

Verbal Sentence

Supaya kita dapat menyusun kalimat verbal simple past, maka sebaiknya kita mengetahui jenis kata kerja dalam Bahasa Inggris, yang terdiri dari 2 macam, yaitu: regular verb dan irregular verb. Regular verb adalah kata kerja beraturan dimana perubahan kata kerja mengikuti aturan yang ada dengan menambahkan –ed pada kata kerja kedua maupun ketiga. Sedangkan untuk kata kerja tak beraturan (Irregular) dalam hal perubahan kata kerja tidak melalui kaidah yang ada, bentuknya berubah-ubah dan tak tentu juga tidak konsisten. Nah untuk Irregular verbs ini kita musti menghafalkan kata kerja berikut perubahannya baik kata kerja kedua (past) maupun kata kerja ketiga (past participle).

Berikut contoh regular verbs:

Play – played – played

Stop – stopped – stopped

Open – opened – opened

Contoh Irregular verbs:

Eat – ate – eaten

Cut –cut – cut

Get – got – got/gotten

Contoh di atas hanya contoh kecil saja, ada banyak regular dan irregular verbs Bahasa Inggris yang ada Yang perlu anda hafalkan adalah yang irregular verbs karena bentuknya yang tidak konsisten dan berubah-ubah.

 

Pattern

Pola/pattern Kalimat verbal simple past sebagai berikut:

S + V2 + …

Contoh:

1 Sinta cooked fish last night.
2 Father went to his office yesterday.
3 The mouse ate cheese 15 minutes ago.

Untuk membentuk kalimat negative maka setelah subjek ditambah –did not, sedangkan untuk membuat kalimat tanya iterogative, maka Did diletakkan di depan kalimat. Kemudian kata kerja kembali ke bentuk pertama (V1)

4 (+) Budi played football last month.

(-) Budi did not play football last month.

(?) Did Budi play football last month? Yes, he did. No, he did not (didn’t)

Kata keterangan waktu (adverb of time)/time sequence yang biasa digunakan: yesterday, last night, one hour ago, last month, last year, two days ago, dll.

Let’s watch this video

Mrs. Novi

 

Check your understanding by doing the Exercise below!

One Reply to “Week 13 English 8 – Recount Text Part 4”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *