Assalamu’alaikum

Selamat Pagi, anak anak!

Semuanya sehat dan semangat untuk belajar pagi ini ya?

Hari ini Miss akan menemani kalian belajar jenis-jenis puisi rakyat.

Jangan lupa:

  1. Mulai dengan berdoa
  2. Siapkan buku dan alat tulis
  3. Perhatikan dan catat materi dengan baik!
  4. Kerjakan tugasnya

PUISI RAKYAT

Puisi ini memiliki ciri dan bentuk yang beragam sesuai dengan perkembangan di daerahnya. Puisi rakyat menjunjung tinggi moral dan etika, dan berisi banyak pesan dan makna yang mendalam.

Jenis – jenis Puisi Rakyat

1. Syair

Syair adalah salah satu jenis puisi lama yang bukan asli buatan masyarakat lokal. Puisi jenis syair ini baru berkembang di Indonesia seiring dengan persebaran agama Islam di nusantara. Melalui pedagang Persia, pantun lama berupa syair mulai dikenal dan disukai masyarakat.

2. Pantun

Pantun adalah bentuk puisi lama yang tiap baitnya terdiri dari empat baris, baris pertama dan kedua merupakan sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

3. Gurindam

Gurindam adalah suatu kata yang berasal dari bahasa sansakerta yang merupakan suatu puisi melayu tradisional dan berasal dari tamil yakni negara india. Gurindam dapat dianggap sebagai puisi terikat, rima yang burujung sama yakni a-a.

4. Seloka

Seloka adalah bentu puisi Melayu Klasik, berisi pepatah maupun perumpamaan yang mengandung senda gurau, sindiran, bahkan ejekan. Umumnya ditulis empat baris memakai bentuk pantun/syair, terkadang bisa juga ditemui seloka yang ditulis lebih dari empat baris.

5. Talibun

Pantun talibun merupakan bentuk puisi lama yang memiliki sampiran dan isi. Talibun identik dengan jumlah barisnya yang berjumlah genap dan lebih dari 4 baris, misalnya 6 baris, 8 baris, 10 baris. Jika pantun talibun berisi 4 baris maka 2 baris pertama adalah sampiran dan 2 baris berikutnya adalah isi. Begitu juga dengan pantun talibun 6 baris maka 3 baris pertama adalah sampiran dan 3 baris berikutnya adalah isi. Aturan ini berlaku untuk pantun talibun dengan jumlah baris berapapun.

Perhatikan penjelasan berikut ini.

TUGAS

Leave a Reply