Part 1

Pernahkah kalian memiliki pengalaman yang menarik dan menceritakannya kembali ke teman-teman kalian? Nah, situasi tersebut dalam bahasa inggris memiliki nama genre text sendiri, yaitu Recount Text. Apa definisi dari recount text yang sebenarnya? Lalu bagaimana tata bahasa (generic structure) dalam recount text? Juga apa ciri – ciri recount text? Yuk daripada banyak pertanyaan lagi mending kita langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

 

Definisi Recount Text

 Dalam bahasa inggris, recount is retelling of an event or series of events. Coba kalian cek pada kamus apa itu recount. Menurut kamus, kata ‘Recount‘ memiliki arti menceritakan. Jadi Recount text dapat diartikan sebagai ‘Text yang menceritakan’. Maka Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar sebelumnya dari guru kita bahwa Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar – benar terjadi di dalam kehidupan kita. Lalu, tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.

 

Macam-Macam RECOUNT Text

Recount dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Personal Recount : Recount yang menceritakan pengalaman pribadi di masa lalu.
  • Factual Recount : merupakan bentuk recount yang menceritakan fakta-fakta yang telah terjadi di masa lampau.
  • Imaginative Recount : Yaitu recoun yang berdasarkan hayalan atau imaginasi.

 

Ciri Kebahasaan Recount Text

 Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya ‘My Vacation to Bali’maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali

  • Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan simple past tense, contohnya ‘Last month, I went to Bali with my family.
  • Menggunakan Action Verbs. Contoh : went, bought, wrote, slept, dll.
  • Menggunakan Adverbs and Adverbial Phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara. Contoh : yesterday, at school, quickly, dll.
  • Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung (conjunction) seperti ‘when’, ‘later’, ‘then’, ‘after’, ‘before’, dan lain lain.

 

Generic Structure Recount Text

Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :

  • Orientation
    Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.
  • Events
    Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan semua yang terjadi secara berurutan dari awal  sampai selesai
  • Re-orientation
    Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita.

Untuk lebih jelasnya, kita simak video berikut ini

Ms Hana

Ms Novi

 

 

 

 

One Reply to “Week 9 English 8 – Recount Text Part 1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *