Semangat pagi anak-anak hebat!
Rongpulska: Tetap semangat, berprestasi, luar biasa….
Bagaimana kabar hari ini anak-anak hebat….?
Baik-baik saja dan sehat selalu kan….
Alhamdulillah semoga kita selalu sehat wal afiat.
Minggu yang lalu kita sudah mempelajari BAB 7 Berbahasa Persuasif
Masih ingat kan anak-anak hebat….?
Pada pertemuan hari ini, kita akan membahas BAB 8 tentang Drama-Drama Kehidupan.
Masih semangat anak-anak hebat?
A. Mendalami Unsur-Unsur Drama
1. Karakteristik Drama
Ada perbedaan esensial yang membedakan drama dan karya prosa fiksi, yakni pada tujuannya.
Tujuan utama penulisan naskah drama adalah untuk dipentaskan. Drama memiliki dua aspek esensial,
yaitu aspek cerita dan aspek pementasan yang berhubungan dengan seni lakon atau teater.
Ciri utama drama sebagai berikut.
a. Berupa cerita
b. Berbentuk dialog
c. Bertujuan untuk dipentaskan
2. Unsur-Unsur Drama
Naskah drama juga memiliki unsur intrinsik seperti teks cerita. Berikut merupakan unsur-
unsur dalam naskah drama.
a. Tema (dasar cerita/gagasan pokok dalam cerita)
Tema dalam drama mengarahkan dalam beberapa bentuk seperti berikut ini.
1) Tragedi
2) Komedi
3) Tragedikomedi
4) Opera
5) Melodrama
6) Force
7) Tablo
8) Sendratari
b. Amanat (pesan pengarang)
c. Plot/alur/jalannya cerita (pengenalan, konflik awal, perkembangan konflik, penyelesaian)
d. Penokohan dan Perwatakan (tokoh utama dan tokoh pembantu)
Dari segi perwatakan, tokoh dan perannya dalam pementasan drama terdiri atas empat macam,
yaitu tokoh berkembang, tokoh pembantu, tokoh statis, dan tokoh serba bisa.
e. Dialog (percakapan)
f. Latar (tempat, waktu, suasana)
g. Bahasa
h. Petunjuk teknis/teks samping (petunjuk teknis tokoh, waktu, suasana, pentas, suara, musik,
keluar masuk tokoh, keras lemahnya dialog, warna suara, dan sebagainya)
B. Menafsirkan Kembali Isi Drama
1. Ada Drama dalam “Tayangan” Sehari-hari
Berikut ini contoh tayangan sinetron di televisi
Judul tayangan : Dunia Terbalik
Jam Tayang : 21.30 – 22.30
Stasiun Televisi: RCTI
Para Pemeran : Aceng, Dadang, Akum, Idoy
2. Tanggapan untuk Pementasan Drama
Kegiatan 8.4A (Paket halaman 210)
A. 1. Bacalah teks drama Menanti (Paket halaman 210)
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan a, b, c, d, dan e.
Kerjakan di buku tugas dan dikumpulkan oleh orangtua siswa ke sekolah!
Selamat mengerjakan dan tetap semangat !!!