Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Materi : Penguatan Ekonomi Maritim di Indonesia

Pengampu : Endah Kustiningsih, S.Pd

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Anak-Anak…..Jumpa lagi dengan Bu Endah dengan materi “Penguatan Ekonomi Maritim di Indonesia”

Sebelum belajar jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu dan pastikan kalian dalam kondisi bersih,  supaya dalam belajar kalian lebih nyaman.

Melanjutkan materi minggu lalu tentang perdagangan antar pulau dan antar negara, Untuk mendukung perkembangan perdagangan di Indonesia, perlu dikembangkan sektor yang potensial untuk perdagangan, seperti ekonomi maritim dan agrikultur.

  1. Penguatan Ekonomi Maritim
  2. Potensi ekonomi maritim Indonesia
  3. Kondisi ekonomi maritim Indonesia dan negara-negara ASEAN
  4. Strategi dan kebijakan pengembangan ekonomi maritim di Indonesia.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi maritim yang besar. Ekonomi maritim adalah kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait. Sedangkan ekonomi kelautan ialah kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta di darat yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa. Seperti nelayan mencari ikan di laut, usaha pengawetan ikan di laut, usaha budidaya rumput laut, dll.

Ekonomi maritim berbeda dengan ekonomi kelautan.

  • Ekonomi maritim ialah kegiatan yang berfokus pada bidang perindustrian, transportasi dan pembangunan laut.
  • Ekonomi kelautan adalah ekonomi yang menghasilkan barang yang bersumber dari laut

Sedangkan untuk persamaannya ialah sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Potensi ekonomi maritim di Indonesia memiliki prospek yang cerah, karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang secara geografis terletak di titik persimpangan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Beberapa daerah di Indonesia memiliki keindahan bawah laut yang sudah menunia seperti Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat dan Labuan Bajo. Rumput laut di Indonesia juga sangat banyak dan berpotensi untuk diekspor.

Kondisi ekonomi maritim Indonesia dapat dilihat dari:

  • Sektor pelayaran

Dalam sektor ini kondisi maritim Indonesia masih belum maksimal dalam meningkatkan perekonomian negara, karena fasilitas kapal angkut yang belum memadai, sistem pelabuhan yang perlu diperbaiki dan daya saing sumber daya manusia (SDM) di sektor pelayaran yang relatif rendah.

  • Sektor perikanan

Dalam sektor perikanan sudah cukup berkembangan karena Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah mengadakan gerakan makan ikan, dengan harapan adanya peningkatan yang konsisten di sektor perikanan dan semakin populernya ikan sebagai bahan makanan.

  • Sektor pariwisata bahari

Sektor pariwisata bahari di Indonesia belum dikembangkan secara maksimal. Jika pengembangan pariwisata bahari di Indonesia dapat dimaksimalkan, maka akan menimbulkan dampak positif seperti terserapnya lapangan kerja, minat investor dibidang pariwisata yang meningkat, serta meningkatnya devisa negara.

Kondisi ekonomi maritim di negara-negara ASEAN

Sektor maritim menjadi salah satu sektor yang diandalkan dalam pembangunan ekonomi negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Hal ini didasarkan bahwa dua pertiga wilayah ASEAN yang merupakan perairan.

Strategi dalam pengembangan ekonomi di Indonesia

  1. Meningkatkan daya saing dan memperkuat daya dukung atau enabler dalam ekonomi maritim. Sektor ekonomi maritim harus mampu bersaing dengan sektor serupa di negara lain.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terlibat dalam ekonomi maritim. Seperti nelayan, petani garam dan pengolah ikan harus mendapat kesejahteraan dari ekonomi maritim.
  3. Penguatan kedaulatan maritim dan pengelolaan sumber daya alam secara mandiri dan berkelanjutan. SDA harus dilindungi dari pencurian dan eksploitasi yang dapat merugikan masyarakat dan menyebabkan kerusakan lingkungan.
  4. Perkembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu sertaa pengembangan SDM, iptek dan budaya maritim.

Kebijakan pengembangan ekonomi maritim di Indonesia

  1. Membangun sekolah pelayaran dan perkapalan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam sektor ekonomi maritim.
  2. Memberikan pelatihan kepada nelayan, peternak ikan dan para pelaku sektor ekonomi maritim.
  3. Melakukan patroli laut untuk mencegah masuk dan beroperasinya kapal-kapal pencuri ikan.
  4. Melakukan penindakan terhadap kapal pencuri ikan, seperti dengan meledakkan dan menenggelamkan kapal tersebut.
  5. Melarang beroperasinya metode penangkapan yang merusak ikan, seperti pukat harimau, bom ikan dan racun ikan.

Sebelum mengakhiri pertemuan ini,  untuk lebih jelasnya , kalian simak video ibu dibawah ini!

Terimakasih anak-anak yang sudah memperhatikan pembelajaran kali ini, semoga bermanfaat dan Barokah, jangan lupa untuk selalu memanfaatkan waktu kalian sebaik mungkin dan tetap jaga kesehatan kalian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

3 Replies to “Minggu ke-8 IPS kelas 8 A-F”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *