Selamat pagi anak-anak, pertemuan minggu ini kita masih belajar tentang rekayasa alat penjernih air. Namun, kali ini akan ada penugasan untuk kalian di akhir pelajaran.

Minggu lalu, kalian sudah belajar manfaat air bersih bagi tubuh manusia, betapa berharganya air bersih untuk kehidupan makhluk hidup di bumi sehingga kita harus bersyukur dan memelihara kelestarian air bersih di muka bumi terutama di sekitar lingkungan kalian.

Kesinambungan dari prosuksi air bersih oleh alam sangat tergantung dari perilaku manusia dalam menjaga alam, jika manusia terus melakukan penggundulan hutan maka tentu ketersediaan air bersih juga akan berkurang. Betonisasi lingkungan juga membuat air tidak meresap ke tanah melainkan mengalir ke sungai yang berujung terbuang ke laut.

Nah, kalian sebagai manusia terpelajar sekaligus generasi muda yang terdidik harus mulai perihal menjaga kondisi alam terutama di sekitar lingkungan kita. Semakin kita menjaga alam maka alam juga akan memberikan yang terbaik pula.

Membuat rekayasa alat penjernih air dilakukan dalam kondisi darurat, ambil contoh ketika air dari PAM terlihat keruh. Nah, dalam kondisi darurat tersebut kalian bisa menerapkan pengetahuan kalian tuntuk menjernihkan air di rumah kalian.

Berikut ini adalah cara sederhana rekayasa alat penjernih air menggunakan botol bekas, lebih jelasnya simak video di bawah ini.

Jika kalian sudah mengamati video di atas, silahkan mencoba untuk mempraktikannya. Seperti tugas membuat kerajinan dari batok kelapa, proses dan hasil akhir dari pekerjaan membuat alat rekayasa air jernih ini nanti juga kalian posting hasilnya ke instagram lalu salin link postingan tersebut ke formulir di bawah ini.

One Reply to “MINGGU KE-7 PRAKARYA KELAS 8 | MEMBUAT ALAT PENJERNIH AIR SEDERHANA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *