Assalamu alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Semangat pagi semua anak-anak …
Bagaimana kabar kalian…masih semangat ya,mari selalu berdoa memohon petunjuk Allah ,juga selalu menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan ,tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.
Anak-anak ini masuk pada pembelajaran Seni Budaya Musik y….mari ikuti pembelajarannya !

Mapel : Seni Budaya Musik
Kelas : VIII semester Genap
Materi : MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIOANAL.
Tujuan Pembelajaran : Siswa Bisa Mengidentifikasi Gaya dan Tehnik Memainkan Alat Musik Tradisional
Pengampu : Sarni,S.Pd

MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL
A. Jenis Musik Ansambel Tradisional
Musik gamelan jelas sudah tidak asing lagi. Popularitasnya telah merambah berbagai benua dan memunculkan paduan musik baru, jazz-gamelan. Gamelan melahirkan institusi sebagai runag belajar dan ekspresi musik gamelan, hingga menghasilkan pemusik gamelan ternama. Pagelaran musik gamelan kini bisa dinikmati di berbagai belahan dunia.
Di Indonesia terutama di Pulau Jawa dan Bali salah satu jenis seni bebunyian atau seni tetabuhan yang dianggap paling tua da masih bertahan hidup serta berkembang sampai saat ini adalah alat musik gamelan. Di daerah-daerah tertentu sering disebut dengan istilah seni karawitan. Istilah karawitan pada saat sekarang di daerah-daerah tertentu terutama pada lingkungna perguruan tinggi seni sering digunakan untuk menyebut berbagai jenis alat musik daerah. Penyebutan istilah itu bentuk-bentuk alat instrumental maupun vokal yang memiliki sifat, karakter, dan konsep serta cara kerja atau aturan tertentu.
Banyak yang menggunakan istilah karawitan dengan berangkat dari dasar kata rawit. Menurut Ki Sindu Suwarno karawitan berasal dari kata “rawit” yang berarti cabe rawit yang kecill serta halus, indah. Indah artinya disini adalah seni. Jadi, karawitan seni suara yang berbentuk vokal maupun instrumental yang berlaraskan pelog dan slendro.
Sedangkan menurut R.M. Kusumadinata dari Bandung bahwa istilah karawitan adalah “pancaran sinar yang indah”, yaitu seni artinya karawitan adalah seni suara yang berbentuk vokal maupun instrumental yang berlaraskan pelog dan slendro. Namun, pada saat sekarang istilah karawitan sangat luas sekali pengertiannya. Jadi kalau istilah karawitan hanya seni suara yang berlaraskna pelog dan slendro saja tidak mewakili pada jenis-jenis musik lainnya. Sememntara jenis-jenis musik di Indonesia sangat beragam. Dengan demikian, di era sekarang bahwa istilah karawitan adalah mencakup jenis-jenis alat musik yang berbentuk vokal maupun instrumental dan tidak hanya yang berlaraskan pelog slendro saja. Akan tetapi, seluruh bentuk jenis kesenian yang ada di Indonesia. Dengan demikian bertolak dari pengertian itu maka tidak heran bila istilah karawitan kemudian dapat digunakan untuk menyebut atau mewadahi beberapa cabang seni yang memiliki karakter yang halus, kecil, dan indah.
Jadi karawitan tidak hanya menunjuk pada gamelan Jawa, Bali, dan Sunda. Namun, karawitan juga menunjuk jenis seperangkat alat musik lain di Indonesia. Contoh: Talempong (Sumatra Barat), Gondang (Sumatra Utara), Kulintang (Sulawesi Selatan), Angklung (Jawa Barat), Arumba, dan Tifa.
B. Memainkan Ansambel Tradisional
Contoh Lagu
1. Rambadia
2.Selendang Mayang.
3.Kambanglah Bungo
4.Bunga Jeumpua
5.Waktu Hujan Sore-sore
6.Ilir-Ilir
7.Suwe Ora Jamu
dll.

Tokoh Musik
IDRIS SARDI adalah seorah tokoh musik Indonesia yang tertenal dengan spesialisnya Instrumen Biola.
Pada usia 6 tahun sudah mengenal Biola. Pada umur sepuluh tahun sudah mendapat sebutan anak ajaib untuk Biola,
Pada tahun 1952 Idris Sardi masuk di Sekolah musik Indonesia (SMIND )Idris Sardi bersama temanya yaitu Suyono yang sama-sama pandai bermain Biola.

Guru IdrisSardi yaitu George Setet. di YOGYAKARTA
ketika M. Sardi meninggal 1953 Idris dalam usia 16 tahun,Harus menggantikan kedudukan ayahnya.sebagai violis pertama dari orkes RRI Stodio Jakarta. pimpinan Bahri .

Pada tahun 60 an Idris beralih dari dunia musik biola serius ,idolisnya Heifeks ke komersial’
vidio

3 Replies to “MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL.SENI BUDAYA MUSIK Kelas VIII SEMESTER 2. Haru Kamis 18 Februari 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *