Assalamu’alaikum wr wb
Selamat pagi anak-anakku yang hebat, selamat berjumpa lagi semoga kalian semua sehat penuh semangat mencari ilmu. Sebelum kita mulai pembelajaran jangan lupa kalian membaca al fatihah dan doa mau belajar semoga ilmu yang kalian peroleh bermanfaat dunia akherat, barakah untuk kalian semua. Aamiin
Anak-anakku yang soleh solekhah, hari ini kita akan membahas tentang kesebangunan pada segitiga. Setelah pembelajaran berakhir diharapkan kalian dapat:
1. Menjelaskan tentang kesebangunan pada segitiga
2. Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
1. Kesebangunan Dua Segitiga
Dua segitiga dikatakan sebangun jika hanya jika memenuhi syarat berikut ini.
(i) Perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian senilai.
(ii) Besar sudut-sudut yang bersesuaian sama.
Perhatikan gambar berikut!
Jika ∆ABC dan ∆DEF memenuhi syarat tersebut, maka ∆ABC dan ∆A’B’C’ sebangun, dinotasikan dengan ∆ABC ∼ ∆A’B’C’.
Jika ∆ABC dan ∆DEF tidak memenuhi syarat tersebut maka maka ∆ABC dan ∆DEF tidak sebangun, dinotasikan dengan ∆ABC ≁ ∆A’B’C’.
2. SYARAT DUA SEGITIGA SEBANGUN
Untuk lebih sederhana, berdasarkan Kegiatan 2 halaman 244 di buku paketmu, dua segitiga dikatakan sebangun
(misal: ∆ABC ~ ∆A’B’C’), jika memenuhi salah satu kondisi berikut ini.
3. Kesebangunan khusu pada segitiga siku-siku
4. Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah.
-
- Menentukan perbandingan sisi dan menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua segitiga sebangun.
Demikian anak-anakku sayang materi dari bu Diana, apabila ada yang belum jelas silahkan kalian tanyakan ke bu Diana.
Sebagi tugas kalian kerjakan soal-soal di bawah ini
Mulai tanggal 22 Februari sampai dengan 1 Maret 2021 kalian akan mengikuti latihan ujian sekolah secara daring. Persiapkan sebaik mungkin agar nilai kalian baik dan memuaskan.
Selamat belajar, semoga tetap sehat sll.
Wassalamu’alaikum wr wb