Semangat pagi anak-anak hebat!

Rongpulska: Tetap semangat, berprestasi, luar biasa….
Bagaimana kabar hari ini?
Baik-baik saja dan sehat selalu kan….?
Alhamdulillah semoga kita selalu sehat wal afiat.
Minggu yang lalu kita sudah membahas tentang Teks Diskusi dan Ulangan Harian yang Pertama.
Masih ingat anak-anak hebat….?
Pada pertemuan hari ini kita akan mempelajari tentang Teks Berita.
Masih semangat anak-anak hebat….?
A. Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita
1. Pengertian Berita
Kabar atau informasi mengenai suatu hal atau peristiwa yang disampaikan secara langsung oleh
seseorang atau melalui media lainnya.
Syarat-syarat teks berita:
a. faktual
b. aktual
c. seimbang
d. lengkap
e. menarik
f. sistematis
2. Unsur-Unsur Berita (5W + 1 H)
a. What (apa): peristiwa apa yang terjadi?
b. Where (dimana): Di mana peristiwa itu terjadi?
c. When (kapan): Kapan terjadinya peristiwa?
d. Who (siapa): Siapa saja pelakunya?
e. Why (mengapa): Mengapa peristiwa itu bisa terjadi?
f. How (Bagaimana): Bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi?
B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita
1. Meringkas berita (merangkum)
Langkah-langkah meringkas berita.
a. Mendengarkan atau membaca teks berita dengan saksama
b. Mencatat unsur-unsur berita (5W+1H)
c. Menyampaikan kembali pokok-pokok atau unsur-unsur berita secara lengkap dan ringkas
2. Menyimpulkan berita
Cara menyimpulkan isi berita sebagai berikut.
a. Menyimak berita dengan saksama
b. Mencatat pokok-pokok berita pada saat mendengarkan berita
c. Membuat kesimpulan berita

Tugas : Buatlah contoh ringkasan berita dan kesimpulannya di buku tugas kemudian dikumpulkan oleh
orangtua siswa ke sekolah dengan memperhatikan protokol kesehatan!

Leave a Reply