Assalamu’alaikum wr wb

Selamat pagi anak-anakku yang soleh solekhah, semoga hari ini kalian tetap semangat mengikuti pelajaran matematika, tetap sehat dalam lindungan Allah SWT. Sebelum kalian mulai pembelajaran ini terlebih dulu baca al fatikha dan do’a akan belajar, emoga Allah membukakan hati dan pikiran kalian dalam memahami ilmu yang ibu berikan, bermanfaat dunia akherat. Aamiin YRA

Anak-anakku yang terkasih, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang kesebangunan. Silahkan kalian buka buku paket kalian tentang kesebangunan.

Setelah pembelajaran nanti berakhir diharapkan kalian dapat:

  1. Menjelaskan dan menentukan tentang kesebangunan
  2. Menentukan panjang sisi yang belum diketahui
  3. Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan

Dua bangun datar yang mempunyai bentuk yang sama disebut sebangun. Tidak perlu ukurannya sama, tetapi sisi-sisi yang bersesuaian sebanding (proportional) dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Perubahan bangun satu menjadi bangun lain yang sebangun melibatkan perbesaran atau pengecilan.

Dengan kata lain dua bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat:

Jika bangun ABCD dan EFGH memenuhi kedua syarat tersebut, maka bangun ABCD dan EFGH kongruen, dinotasikan dengan ABCD ~ EFGH.

Jika bangun ABCD dan EFGH tidak memenuhi kedua syarat tersebut maka bangun ABCD dan EFGH tidak kongruen, dinotasikan dengan ABCD EFGH

Perhatikan gambar berikut!

2. Menentukan panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun yang sebangun

Bangun – bangun yang beraturan ( sama sudut dan sama sisi) pasti sebangun

Contoh :

  1. Segitiga sama sisi
  2. Segitiga siku – siku sama kaki
  3. Segilima beraturan
  4. Segi – n beraturan

Kerjakan soal-soal di bawah ini di buku tugasmu!

3.   Sebuah foto berukuran 30 cm x 40 cm ,ditempelkan pada sebuah karton dengan jarak foto dengan karton bagian sisi

atas , kanan dan kiri sama selebar 5 cm, agar foto dan karton sebangun ,berapakah jarak bagian bawah foto dengan

karton?

Demikian anak-anaku yang hebat materi kita hari ini tentang kesebangunan, apabila ada yang belum kalian fahami bisa bertanya ke bu Diana .

Semoga kalian tetap semangat mengikuti pembelajaran daring, jaga kesehatan, jangan lupa beribadah.

Pertemuan berikutnya kita bahas tentang kesebangunan pada segitiga

Wassalamu’alaikum wr wb.

One Reply to “MINGGU KE-6 MATEMATIKA 9 A – D! KESEBANGUNAN!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *