Pertemuan ke 6 IPS (Minggu ke 2 Pebruari)

Materi : Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Pengampu : Aster Oktori Teviani

 

Assalamu`laikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi anak-anak, sebelum memulai pelajaran, silahkan kalian berdo`a terlebih dahulu supaya apa yang kalian lakukan mendapat ridho dari Allah, setelah minggu yang lalu kita ulangan bersama, hari ini kita lanjutkan belajar IPS dengan materi Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Masyarakat, adapun materinya sebagai berikut :

 

PENGEMBANGAN PUSAT-PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

  1. Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

a. PT Freeport Indonesia

Beroperasi di dataran tinggi di Kabupaten Mimika Provinsi Papua. PT Freeport Indonesia menambang, memproses, dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak.

Kontribusi dan peranan PT Freeport Indonesia :

1.Menyediakan lapangan pekerjaan bagi sekitar 30.000 orang di Indonesia

2.Menanam investasi > USD 9,7 Miliar untuk membangun infrastruktur perusahaan dan sosial di Papua

3.Memberikan kontribusi dalam bentuk pajak, deviden, dan pembayaran royalti

4.Keuntungan finansial langsung ke pemerintah Indonesia dalam kurun waktu empat tahun terakhir adalah 59% sisanya ke perusahaan induk (FCX) 41%.

5.Membayar pajak 1,7% dari anggaran nasional Indonesia.

 

b. PTMN (Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN)

Kilang Minyak (oil refinery) adalah pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia.

Produk-produk utama yang dihasilkan dari kilang minyak antara lain :

  • Minyak bensin (gasoline)
  • Minyak diesel
  • Minyak tanah (kerosine)

Beberapa kilang minyak di Indonesia antara lain :

  1. Kilang Pangkalan Brandan
  2. Kilang Dumai / Sei Pakning di Riau
  3. Kilang Cilacap
  4. Kilang Balikpapan
  5. Kilang Kasim
  6. Kilang Balongan
  7. Kilang Cepu

c. Batik Indonesia

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, berupa kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menggerakkan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan teknik tertentu yang memiliki kekhasan batik Indonesia secara teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait.

Batik menjadi pusat keunggulan ekonomi karena batik berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khas dan corak yang bermacam-macam dengan nilai seni yang tinggi.

2. Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi 

a. Migrasi Penduduk

Migrasi penduduk atau mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan tujuan untuk memperoleh sesuatu yang tidak tersedia di daerah asalnya dengan alasan yang beragam, namun pada umumya di dasari oleh faktor / kebutuhan ekonomi.

Sebagai contoh, PT Freeport memengaruhi kehidupan dan migrasi penduduk Papua, misalnya sebelum tahun 1967 wilayah timika adalah hutan belantara dan pada awal Freeport mulai beroprasi, penduduk yang hidupnya berpencar-pencar, mulai masuk kewilayah sekitar tambang sehingga Freeport bersama-sama membangun rumah-rumah penduduk yang layak di jalan Kamuki. Kemudian di bangun juga rumah penduduk di sekitar selatan bandar udara yang kini menjadi kota timika.

b. Transportasi 

Mobilitas penduduk dalam suatu negara atau antar negara tidak dapat dilakukan tanpa adanya sarana dan prasarana transportasi yang memadai maka untuk mendukung mobilitas penduduk antarnegara, pemerintah telah membangun sarana jalan, bandara, pelabuhan, kapal laut, dan pesawat terbang, dimana dengan tersedianya sarana tersebut maka interaksi sosial, budaya, ekonomi antarpenduduk negara di dunia ini dapat berjalan dengan baik.

Sebagai contoh, jalan jalan dan infrastruktur dibangun sebagai sarana pendistribusian bahan baku atau hasil dari PT Freeport, Pembangunan bandar udara di Timika dan pusat perbekalan, serta pembangunan jalan-jalan utama sebagai akses  ke desa-desa.

c. Lembaga Sosial Ekonomi

Lembaga Sosial adalah keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat.

Lembaga Ekonomi adalah bagian dari lembaga sosial yang mengatur tata hubungan antarindividu yang menyangkut pemenuhan kebutuhan pokok manusia

Sebagai contoh , Sumbangan yang diberikan oleh PT Freeport Indonesia untuk masyarakat Papua, terutama warga yang ada di sekitar area pertambangan perusahaan itu di Kabupaten Mimika. Salah satu sekolah yang mendidik anak-anak asli Suku Amungme dan Kamoro dari berbagai daerah di pedalaman dibangun oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), sebuah lembaga nirlaba yang mengelola dana kemitraan dari PT Freeport.

d. Pendidikan

Keunggulan pusat-pusat ekonomi membutuhkan tenaga-tenaga ahli dan terampil.

Sebagai contoh, Freeport menetapkan kuota posisi di berbagai departemen untuk lulusan baru dari perguruan tinggi bereputasi, baik di dalam maupun luar negeri yang memiliki potensi dan berkualifikasi.

e. Pekerjaan

Tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat. Kenaikan jumlah produksi berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.

Sebagai contoh, PT Freeport memberikan kesempatan bekerja yang sama kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian simak video pembelajaran berikut ini anak-anak,

TUGAS : 

Membaca buku paket halaman 186-191 materi Pasar Bebas untuk persiapan pembelajaran IPS yang akan datang.

Alhamdulillah, demikian pembelajaran IPS hari ini anak-anak, semoga kalian dapat memahami materi dengan baik. Tetap jaga kesehatan  semangat belajar, semoga sehat selalu, aamiin…

Selamat pagi..

Wassalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh

5 Replies to “MINGGU KE-6 IPS KELAS 9 | PENGEMBANGAN PUSAT-PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *