Assalamu’alaikum
Selamat pagi, anak anak!
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia di rumah ya.
Hari ini, Bu Yuli akan menyampaikan materi tentang ‘Memerankan Isi Fabel”
Mulailah belajar dengan berdoa dan belajarlah dengan sungguh sungguh.
Sudah siap untuk belajar hari ini ya?
Memerankan Isi Fabel
Pada pembelajaran hari ini, kita ada beberapa kegiatan, yaitu:
1. Baca Paket BI hal 235 – 236
“Cici dan Serigala”, Tentukan urutan peristiwanya
2. Amatilah ke enam gambar berikut (paket BI hal 236 – 237)
Berlatihlah untuk memerankan fabel tersebut.
Untuk dapat memerankan fabel sesuai gambar tersebut dengan baik, yang harus kalian lakukan adalah:
- Merancang Tokoh, Watak, Dialog, Latar Sesuai Isi Fabel yang Dibaca
Tentukan tokoh, watak, dialog, dan latarnya!
Tokoh Nama Wataak
…………. ………….. ………….
…………. ………….. ………….
…………. …………… ………….
Latar Tempat : …………….
Latar Waktu : …………….
Latar Suasan : …………….
- Menentukan Urutan Cerita
- …………..
- …………
- Tak Disangka……..
- Tiba – tiba………….
- ……………
- Merancang Pemeranan dari Fabel yang Dibaca
Kalimat Narator Dialog Tokoh Musik Pengiring/Properti
…………………….. …………………… ………………………………….
…………………….. …………………… …………………………………..
…………………….. …………………… …………………………………..
- Melakukan Adu Kreatif Pemeranan Fabel
Tugas!
- Perankan cerita diatas secara!
- Tentukan urutan peristiwa yang utuh sesuai dengan strukturnya (orientasi, komplikasi, resolusi, koda)!
- Tuliskan cerita yang kalian susun sesuai dengan gambar yang ada di buku tulis.
Nilailah Pemeranan Fabel dengan kriteria berikut ini!
- Tokoh dan Penokohan
Apakah mimik, gerak, gerik, bahasa lisan semua tokoh sesuai dengan watak yang harus diperankan
- Orientasi
Apakah narator mengunkapkan perkenalan tentang tokoh dan latar cerita dengan gaya yang kraeatif dan sesuai fabel
- Komplikasi
Apakah isi pemeranan sesuai pada tahap konflik (para pelaku beraksi terhadap konflik dan kemudian konflik meningkat)?
Apakah bahasa/dialog membangun konflik diungkapkan dengan intonasi, gerak – gerik, dan mimik yang sesuai?
- Resolusi/reorientasi
Apakah pemeranan pada tahap resolusi sesuai?
Apakah bahasa/dialog dalam pemeranan resolusi diungkap dengan intonasi, gerak – gerik dan mimik yang variatif dan sesuai watak tokoh? Diungkapkan
- Koda
Apakah pesan – pesan moral dalam koda diugkapan narator dengan tepat?
Apakah pesan – pesan moral dalam koda diungkapakan narator dengan kreatif
- Orisinalitas ide
Apakah karyamu asli hasil idemu sendiri dan belum pernah ada sebelumnya? Asli tetapi modifikasi
- Properti pendukung dan Iringan musik
Apakah properti pendukung dan iringan musik mendukung isi cerita?
Apakah properti pendukung dan iringan musik diciptakan secara murah dan mudah didapatkan?
Selamat! kamu telah berkreasi dengan gemilang!
Untuk penjelasan yang lebih detail, perhatika video ini ya