Semangat pagi anak-anak….!

Rongpulska: Tetap semangat, berprestasi, luar biasa….
Bagaimana kabar hari ini?
Baik-baik saja dan sehat selalu kan….
Alhamdulillah semoga kita selalu sehat wal afiat.
Minggu yang lalu materi teks diskusi sudah disampaikan oleh Ibu Suwarni nggih.
Masih ingat anak-anak hebat….?
Pada pembelajaran hari ini Pak Jack akan menyampaikan materi pembahasan soal/kegiatan Teks Diskusi.
Masih semangat anak-anak ?
Kegiatan 1:Menentukan pokok pikiran dalam paragraf (Paket halaman 118)
1. Paragraf ke-1: Cara mengatasi anak-anak yang bertambah gemuk
2. Paragraf ke-2: Olahraga adalah cara terbaik bagi anak agar fisiknya tumbuh dengan baik
3. Paragraf ke-3: Jenis-jenis permainan olahraga
4. Paragraf ke-4: Olahraga adalah sarana terbaik agar anak bisa bergaul dan berteman
5. Paragraf ke-5: Bermain dan berolahraga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan
Kegiatan 2: Menentukan pokok pikiran dalam paragraf (Paket halaman 120)
1. Paragraf ke-1: Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat rendah
2. Paragraf ke-2: Tiga sumber pembiayaan negara
3. Paragraf ke-3: Potensi kemandirian Indonesia sangat tinggi tetapi tax ratio cukup rendah dan target
pajak tidak tercapai
4. Paragraf ke-4: Masyarakat yang kontraprestasi pajak
5. Paragraf ke-5: Warga-warga negara yang tidak membela negaranya
6. Paragraf ke-6: Alasan wajib pajak
Kegiatan 1: Membandingkan dan Menyimpulkan (Halaman 120)
1. Paragraf 1
Teks 1: Olahraga menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.
Teks 2: Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat rendah
2. Paragraf 2
Teks 1: Ada banyak permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak sepanjang tahun
Teks 2: Pajak dapat mengurangi beban keuangan negara dan meningkatkan bangsa
3. Paragraf 3
Teks 1: Olahraga tim memperbanyak teman dan mengajarkan kerja sama
Teks 2: Meski GDP Indonesia termasuk 16 negara dunia, namun tax ratio Indonesia masih cukup rendah.
4. Paragraf 4
Teks 1: Olahraga sangat menyenangkan
Teks 2: Masih banyak warga Indonesia yang tidak menyumbang pajak
5. Paragraf 5
Teks 1: –
Teks 2: Ada masyarakat yang memilih tidak membayar pajak karena menganggap sia-sia jika harus
menjadi sasaran korupsi pejabat
6. Paragraf 6
Teks 1: –
Teks 2: Wajib pajak yang taat adalah pahlawan bangsa yang mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh
rakyat Indonesia
Kegiatan 2: Pertanyaan Telaah (Halaman 123)
1. Berolahraga
2. Semakin gemuk, olahraga, permainan olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, voli,
video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis, senam, bola basket, televisi.
3. Olahraga membuat anak menjadi bugar, sehat, dan terhindar dari kegemukan.
4. Agar pembaca tergerak atau terdorong untuk melakukan hal yang ditulis dalam teks eksposisi
5. Dengan cara mengemukakan hipotesis kemudian menyusun perumusan masalah, mengungkapkan fakta dan
mengambil kesimpulan
6. Bosan, menyedihkan, suntuk, bersenang-senang.
7. Jauh lebih baik
8. Bahwa, atau, daripada.
9. Olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, dsb.
10. Untuk memberikan informasi tentang pendapat dari penulis
11. Untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan
membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal/kejadian.
Kegiatan 4: Pertanyaan Telaah (Halaman 126)
1. Buanglah Sampah pada Tempatnya demi Masa Depan yang Baik
2. Agar pembaca memperoleh gambaran tentang topik atau tema yang hendak dibahas dalam tulisan
3. Sudah cukup efektif karena setelah membaca pendahuluan tersebut, pembaca tergerak untuk meneruskan
membaca kalimat-kalimat berikutnya
4. Karena kata tersebut merujuk pada gaya hidup yang ramah terhadap alam dan lingkungan
5. Teks diskusi disusun dengan struktur: Pendahuluan, Gagasan Utama Bukti dan alasan pendukung dari
beberapa sudut pandang, Simpulan.
6. Dengan menggunakan kata penghubung yang tepat dan dipisahkan oleh paragraf-paragraf
7. Simpulan yang ditulis merupakan simpulan dari berbagai sudut pandang
8. Kalimat utama
9. Tidaklah sulit, sangat masuk akal, sangat salah.
10.Bahkan, pada setiap kesempatan
11. Titik, koma, dan tanda kutip.
12. Efektif karena menggunakan kata-kata, tanda baca, dan susunan kalimat yang baik.
13. a. Limbah B3 adalah jenis limbah yang berbahaya
b. Gaya hidup hijau adalah hidup dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan baik
c. Daur ulang adalah proses mendaur ulang sampah supaya dapat diolah kembali
d. Kampung wisata adalah kampung yang didisain untuk menjadi objek wisata
e. Organi adalah sampah yang dapat dimusnahkan
f. Nonorganik adalah sampah yang tidak dapat dimusnahkan
g. Bonus adalah kompensasi tambahan, uang tambahan, hadiah.
Kegiatan 6: Pertanyaan Telaah (Halaman 130)
1. Pembayar pajak adalah Patriot Bangsa
2. Untuk memberikan gambaran perihal rendahkan kesadaran membayar pajak
3. Sudah cukup efektif karena secara tidak langsung memberikan informasi pentingnya membayar pajak bagi
rakyat Indonesia
4. Teks diskusi disusun dengan urutan (pendahuluan, gagasan utama, alasan pendukung, simpulan)
5. Dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
6. Berkaitan karena merangkum pokok-pokok pikiran dalam paragraf isi maupun pendahuluan
7. Wajib pajak yang patuh membayar pajak adalah patriot bangsa. Simpulan tersebut menyajikan kata-kata
atau kalimat yang bisa memberikan perspektif baru bagi pembaca
8. Berutang, membayar pajak, berpikir, membela negara, dan lain-lain.
9. Serta, di lain pihak, sebelumnya, padahal
10. Sudah tepat
11. Sangat efektif.
12 a. Wajib pajak: Orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara
b. Patuh pajak: Orang/badan usaha yang melakukan usaha di wilayah suatu negara dan rutin membayar
pajak
c. Penukmat pajak: Masyarakat sebuah negata, baik wajib pajak maupun bukan wajib pajak yang
menikmati pebangunan yang dibiayai 0leh pajak
d. Rasio pajak(tax ratio): Perbandingan antara jumlah wajib pajak dengan angkatan kerja
e. Patriot bangsa: Orang kelompok, atau badan usaha yang dianggap berjasa bagi sebuah negara
Kegiatan 8: Latihan (Halaman 135-137)
1. Urutan yang paling tepat adalah 2-1-3
2. Urutan paragraf yang logis adalah C-A-D-B

11 Replies to “MINGGU KE-6 BAHASA INDONESIA KELAS 9 PEMBAHASAN TEKS DISKUSI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *