Asalamualaikum kita belajar IPS ,tetap semangat ya

Perdagangan Antar Negara.

Pada zaman sekarang, batas dan jarak bukan lagi menjadi penghalang bagi seseorang atau badan untuk melakukan perdagangan. Bahkan antar negara pun dapat melakukan perdagangan dengan mudah. Perdagangan antar negara yang dimaksud adalah individu atau lembaga dari negara kita yang menjual atau membeli barang dari individu atau badan yang ada diluar negeri. Terjadinya aktivitas perdagangan antar negara akan menimbulkan aktivitas yang dinamakan ekspor dan impor.

  1. Pengertian dan Ruang Lingkup Perdagangan Antar Negara / Internasional.

Perdagangan antar negara atau sering disebut perdagangan internasional merupakan aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Masyarakat yang dimaksud dapat berupa individu, kelompok, lembaga, pemerintah suatu negara dengan negara lain. Ruang lingkup perdagangan antar negara berkaitan dengan beberapa kegiatan yaitu :

  1. Perpindahan barang dan jasa dari suatu negara ke negara lain.
  2. Perpindahan modal melalui investasi asing dari luar negeri ke dalam negeri.
  3. Perpindahan tenaga kerja dari suatu negara ke negara lain.
  4. Perpindahan teknologi dengan mendirikan pabrik – pabrik di negara lain.
  5. Penyampaian informasi tentang kepastian adanya bahan baku dan pangsa pasar.
  6. Aktivitas Perdagangan Antar Negara.

Aktivitas perdagangan antar negara terkait dengan dua aktivitas yang disebut dengan ekspor dan impor.

  1. Ekspor.

Ekspor merupakan kegiatan menjual barang atau produk ke luar negeri. Ekspor dilakukan oleh seseorang atau badan. Pelaku ekspor ini disebut eksportir. Tujuan utama kegiatan ekspor adalah untuk memperoleh keuntungan. Barang yang diekspor akan dibayar oleh pihak pembeli dengan alat pembayaran berupa mata uang asing atau mata uang luar negeri, seperti Dollar. Mata uang asing ini selanjutnya ditukarkan menjadi Rupiah pada bank dalam negeri. Mata uang asing ini ditampung oleh pemerintah dan disebut sebagai devisa negara. Devisa yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai impor.

  1. Impor.

Impor merupakan kegiatan membeli barang dari luar negeri. Seseorang atau badan yang melakukan impor disebut importer. Seorang importer membayar barang yang ia beli dengan mata uang asing. Importir dapat menukarkan uang rupiah mereka dengan mata uang asing di bank dalam negeri. Selanjutnya, digunakan untuk membayar barang yang diimpor.

Barang – barang yang diimpor oleh Indonesia terdiri dari dua macam, yaitu :

  1. Barang Migas.

Barang yang termasuk dalam kelompok Migas antara lain minyak tanah, bensin, solar dan elpiji.

  1. Barang Non Migas.

Barang yang termasuk kelompok Non Migas antara lain karet, kopi, ikan, kayu lapis, kelapa sawit, serta barang tambang non migas seperti nikel dan batubara.

 

2 Replies to “MINGGU KE III JANUARI IPS KELAS VIII G,H”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *