SIMPLE PRESENT TENSE

 

Di dalam Bahasa Inggris, terdapat paling tidak 16 tenses atau bentuk waktu yang digunakan. Dengan menguasai bentuk waktu ini kita lebih mudah menguasai Bahasa Inggris. Tenses yang pertama kali diajakan biasanya “Simple Present ” memang kedengarannya membosankan, kenapa belajar Bahasa Inggris selalu tidak lepas dari tenses, tinjauannya grammar terus, bukankah tujuan mempelajari Bahasa Inggris adalah untuk tujuan komunikatif yakni menguasainya untuk berkomunikasi? Lantas kenapa mesti grammar yang bahas? Bagaimanapun Grammar adalah bagian dari penguasaan aspek Bahasa Inggris. Mempelajari Simple Present tense yang termasuk Grammar bagaimanapun juga penting dan menunjang Bahasa Inggris aktif untuk komunikasi.

 

Apa itu Simple Present Tense?

Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan sebuah kejadian yang terjadi pada saat ini dalam bentuk sederhana. Fungsi dari Simple present tense adalah untuk menyatakan fakta, kebiasaan, atau kejadian yang terjadi pada saat ini. Simple Present Tense sendiri menggunakan bentuk pertama dari verb (kata kerja). Jadi kapanpun kita menemukan kalimat simple present tense maka kita harus menggunakan bentuk pertama dari verb.

 

Apa saja fungsi dari Simple Present Tense?

  1. Untuk menjelaskan fenomena alam yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau geografi yang merupakan kebenaran fakta (general truth).

Contoh :

    • The sun sunsets in the west
    • Water drifts from the higher place to the the lower one.
    • The moon is round like a ball
    • Indonesia has two seasons, wet and dry seasons.

 

  1. Untuk menceritakan suatu aktifitas yang dilakukan berulang-ulang (repeatedly), atau kebiasaan (habitually). Kita menggunakan kata keterangan (adverb of frequency)seperti always, usually, sometimes, rarely, never dan sebagainya, atau keterangan waktu (adverb of time) seperti every day, every week, twice a week , dan sebagainya.

Contoh :  :

    • I always go to school every 7 o’clock.
    • My mother cleans the bathroom every twice a week
    • They play football in the afternoon.
    • We take a bath twice a day.

 

  1. Untuk menjelaskan segala sesuatu yang permanen. Misalnya tempat tinggal, pekerjaan, kemampuan dan sebagainya.

Contoh :

    • My uncle lives in Garut.
    • I work as a teacher.
    • She works as scientist in NASA office.

 

  1. Untuk mengekpresikan opini, ide, persetujuan dan lain-lain dengan menggunakan kata kerja statif (stative verbs) yaitu kata kerja yang tidak bisa dibentuk bentuk continuous (verb + ing). Kata-kata kerja itu adalah think, believe, understand dan sebagainya.

Contoh :

    • I think he is a good boy.
    • She believes whatever I say.

 

Rumus Kalimat Simple Present Tense

Simple Present memiliki dua bentuk kalimat yaitu Kalimat nominal dan kalimat verbal. Kalimat Nominal adalah Kalimat yang di dalamnya tidak terdapat verb (kata kerja). Di dalam kalimat nominal biasanya terdapat adjective, noun, adverb dll. Sedangkan kalimat verba adalah kalimat yang di dalamnya terdapat verb (kata kerja).

Contoh Kalimat nominal:

  1. My mother is happy.
  2. He is handsome.
  3. We are in the classroom.
  4. Arman is a doctor.

 

Contoh Kalimat Verbal:

  1. Arman works as a doctor in International Hospital.
  2. The cat catches the mouse everyday.
  3. Buffaloes eat grass.
  4. Shinta makes a cake on Wednesday.
  5. They visit their friend every Sunday.

 

Rumus dari Simple Present Tense merupakan salah rumus yang paling mudah diingat karena masih dalam tahap sederhana dan banyak digunakan sehari-hari. Rumus dari Simple Present Tense adalah Subject + Verb 1 (s/es) untuk kalimat verbal dan Subject + to be (are, am, is) + nominal (adjective/noun) untuk kalimat nominal. Yang harus diperhatikan adalah jika pelaku atau subject-nya adalah He/She/It maka di belakang verb harus ditambah s/es. Namun ketika berubah menjadi negative (do not/ does not) dan interrogative (?)  s/es harus dihilangkan.

Pada pembahasan minggu ini, kita tekankan dulu pada materi Simple Present Tense Kalimat Verba (yang memiliki verb/ kata kerja)

 

 

Untuk lebih jelasnya, simak video pembelajaran berikut ini!

Ms Hana

Ms Novi

Untuk mengecek pemahaman kalian tentang materi Simple Present Tense, kerjakan latihan di bawah ini!

8 Replies to “Week 3 English 8 – Simple Present Tense Part 1 (Verba)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *