NARRATIVE TEXT

Definition of Narrative Text

A narrative text is an imaginative story to entertain people. Teks narasi adalah cerita imaginatif yang bertujuan menghibur orang. Narrative adalah cerita khayal yang bertujuan menghibur pembaca. Tentu yang namanya cerita khayal itu ya belum tentu kebenarannya karena bisa jadi itu hanyalah imaginasi atau cerita fiktif yang dibuat oleh seseorang atau cerita buatan sekelompok masyarakat yang tidak terbukti kebenarannya. Contoh narrative yaitu, Cinderella, Sangkurian, Snow White, Rabbit and Crocodile, dsb. Untuk penjelasan lebih rinci silahkan baca penjelasan berikut.

 

Purpose of Narrative Text

The Purpose of Narrative Text is to amuse or to entertain the reader with a story. Tujuan dari teks naratif adalah untuk menghibur pembaca. Bagi sebagian kalangan, terutama peserta, didik teks naratif dapat berfungsi untuk menghibur dan sekaligus menumbuhkan pernghargaan terhadap nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh masyarakat di lingkungannya, seperti kepahlawanan, kesetiaan, kepatuhan dan hormat kepada orangtua, keterbukaan, kebenaran dan sebagainya.

 

Types of Narrative Text

Jenis-jenis Narrative text dapat berupa legend (legenda), folktale, myth, fable, fairy tale, dan lain-lain. Kebanyakan film-film non fiksi yang menghiasi layar kaca maupun televisi kita, awalnya berasal dari kisah-kisah teks narasi yang diangkat kedalam film layar lebar. Misalnya Cinderella, Twilight, Misteri Gunung merapi, Wiro Sableng dan banyak film terkenal lainnya.

 

Generic Structure of Narrative Text

  1. Orientation : It is about the opening paragraph where the characters of the story are introduced.(berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita (siapa atau apa, kapan dan dimana)
  2. Complication : Where the problems in the story developed. (Permasalahan muncul / mulai terjadi dan berkembang)
  3. Resolution : Where the problems in the story is solved. (Masalah selesai, secara baik “happy ending” ataupun buruk “bad ending”.)
  4. Reorientation (optional) – moral value / lesson from the story. (Nilai-nilai moral yang bisa diambil dari cerita)

Kadangkala susunan (generic structure) narrative text bisa berisi: Orientation, Complication, Resolution dan Reorientation. “Reorientation” merupakan optional; bisa ditambahkan dan bisa tidak. Re-orientation berisi penyimpulan isi akhir cerita dan nilai-nilai kebaikan yang bisa dipetik dari cerita.

 

The Characteristics / Language Feature of Narrative Text:

  1. Past tense (said, drunk, e.t.c)
  2. Adverb of time (Once upon a time, one day, e.t.c)
  3. Time conjunction (when, then, suddenly, e.t.c)
  4. Specific character. The character of the story is specific, not general. (Cinderella, Snow White, Alibaba, e.t.c)
  5. Action verbs. A verb that shows an action. (killed, dug, walked, e.t.c)
  6. Direct speech. It is to make the story lively. (Snow White said, ”My name is Snow White”). The  direct speech uses present tense.

For further information let’s watch the following video

Ms. Hana

Mr. Fauzan

Jangan lupa, buatlah rangkuman materi ini di buku catatan untuk dikumpulkan ke sekolah sesuai jadwal yang akan diberikan.

Leave a Reply