Jenis-jenis Wawancara pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas 7
Jenis-jenis wawancara terdiri dari:
1. Wawancara terbuka
2. Wawancara tertutup
3. Wawancara kelompok
4. Wawancara konferensi
5. Wawancara individu
6. Wawancara bebas
7. Wawancara terpimpin

Pengertian wawancara terbuka adalah……
Wawancara jenis ini biasanya pewawancara tidak memiliki kewajiban untuk merahasiakan informasi yang diperoleh dari kegiatan wawancara, atau informasi yang diperoleh dari narasumber. Contoh wawancara jenis ini diantaranya wartawan yang sedang melakukan wawancara dengan pimpinan polisi terkait suatu kejadian dimana informasi yang dipeorleh dari wawancara tersebut akan menjadi sumber berita baik d koran maupun media elektronik.

Biasanya untuk jenis wawancara seperti ini informasi yang diperoleh pewawancara merupakan informas yang harus diketahui publik, alias bukan informasi yang sifatnya rahasia.

Pengertian wawancara tertutup adalah……
Yang dimaksud dengan wawancara tertutup adalah kegiatan wawancara yang dilakukan dengan tertutup, soerang pewawancara dalam jenis wawancara seperti ini harus bisa menjaga rahasia dari info yang disampaiakn oleh narasumber. Yang dirahasiakan bukan cuma info dari hasil wawancara melainkan nama nara sumbernya pun biasanya dijaga kerahasiaanya.

Pengertian wawancara kelompok adalah……..
Yaitu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang dalam waktu yang bersamaan. Jenis wawancara ini mirip dengan jenis wawancara konferensi, yang membedakan adalah pertanyaan yang disampaikan pewawancara bervariasi, atau bermacam-macam.

Pengertian wawancara konferensi adalah……..
Contoh dari jenis wawancara ini adalah konferensi pers. Yaitu kegiatan wawancara yang dilakukan oleh banyak nara sumber dan banyak pewawancara.

Pengertian wawancara individual adalah……..
Kegiatan wawancara yang dilakukan  oleh satu orang pewawancara dan satu orang nara sumber. Contoh wawancara seperti ini misalnya ketika seorang wartawan melakukan wawancara dengan seorang nara sumber untuk mendapatkan sumber berita. Wawancara seperti ini juga bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa ketika melakukan penelitian.

Pengertian wawancara bebas………….
Yang dimaksud dengan wawancara bebas adalah kegiatan wawancara yang dilakukan oleh pewawancara secara spontan, tidak dilakukan dengan perencanaan seperti kapan waktunya, tempatnya dimana, nara sumbernya siapa dan seterusnya. Wawancara eperti ini juga sering disebut wawancara tidak terstruktur.

Pengertian wawancara terpimpin adalah…….
Merupakan kegiatan wawancara yang pertanyaanya sudah disiapkan sesuai dengan tema wawancara. Contoh dari kegiatan wawancara ini adalah pada acara talk show di televisi, talk show acara radio, biasanya narasumbernya adalah orang-orang yang terkait dengan tema atau topik yang sedang dibahas. Misalnya tema wawancara adalah seputar kesehatan masyarakat maka nara sumbernya adalah dokter dan pejabat dinas kesehatan.

Langkah – langkah Dalam Kegiatan Wawancara

  1. Menetukan topik wawancara.
  2. Menentukan pokok-pokok yang akan ditanyakan untuk berwawancara.
  3. Menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara.
  4. Menghubungi nara sumber.
  5. Menyiapkan alat-alat dalam berwawancara seperti; alat tulis atau alat perekam.
  6. Melakukan wawancara dengan nara sumber dengan cara yang sopan dan menggunakan ba hasa yang baik dan jelas.
  7. Menulis hasil wawancara.
  8. Mendiskusikan hasil wawancara.
  9. Menulis laporan hasil wawancara.

Metode Metode Wawancara 

  1. Mencatat – Pewawancara akan mencatat point point penting dari informasi yang disampaikan narasumber. Alat yang digunakan umumnya adalah pulpen dan kertas. Tapi saat ini sudah banyak media digital yang bisa digunakan sebagai alat catat digital.
  2. Merekam / Recording – Pewawancara akan merekam apa saja yang disampaikan oleh nara sumber sesuai pertanyaan. Media yang digunakan bisa berupa recording, Handphone, maupun kamera.

Soal- soal latihan Bahasa Indonesia Materi Wawancara
1). Jelaskan pengertian wawancara?
2). Sebutkan jenis-jenis wawancara?
3). Siapa saja orang yang terlibat dalam kegiatan wawancara?
4). Sebutkan masing-masing tugas dari pewawancara dan nara sumber?
5). Jelaskan pengertian dari jenis wawancra tertutup?
6). Sebutkan langkah kegiatan wawancara?
7). Sebutkan metode wawancara?
8). …………………………………………………

91 Replies to “BAHASA INDONESIA MINGGU KE-2 KELAS 7 | JENIS – JENIS WAWANCARA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *