MATERI ESENSIAL IPA

Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kelas / Semester : VIII/ Genap
Tahun Pelajaran : 2020/2021

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Indikator
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan Tekanan Zat
1. Tekanan zat padat, cair, dan gas
2. Tekanan darah
3. Osmosis
4. Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
3.8.1. Memahami fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair, dan gas
3.8.2. Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia, osmosis, dan peristiwa kapilaritas
4.8.1. Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat dalam bentuk peta konsep dan mendiskusikannya dengan teman.
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan Sistem Pernapasan
1. Organ pernapasan
2. Mekanisme pernapasan
3. Gangguan pada sistem pernapasan
4. Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
3.9.1. Mengidentifikasi organ pernapasan.
3.9.2. Menjelaskan mekanisme pernapasan.
3.9.3. Menganalisa gangguan pada system pernapasan.
3.9.4. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan pada sistem pernapasan

4.9.1. Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi Sistem Ekskresi
1. Struktur dan fungsi sistem ekskresi
2. Gangguan pada sistem ekskresi
3. Upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
3.10.1. Mengidentifikasi organ ekskresi
3.10.2. Memahami mekanisme ekskresi
3.10.3. Memahami berbagai gangguan pada sistem ekskresi
3.10.4. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
4.10.1. Membuat karya tulis tentang menjaga kesehatan sistem ekskresi dan mendiskusikannya dengan teman
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan Getaran, Gelombang, dan Bunyi
1. Getaran
2. Gelombang
3. Bunyi
4. Sistem pendengaran pada manusia
5. Pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari
6. Sistem sonar pada hewan
3.11.1. Menganalisis konsep getaran.
3.11.2. Menganalisis konsep gelombang.
3.11.3. Menganalisis konsep bunyi
3.11.4. Mengidentifikasi bagian-bagian sistem pendengaran
3.11.5. Menjelaskan mekanisme mendengar pada manusia dan sistem sonar pada hewan
4.11.1. Melakukan percobaan untuk mengukur periode dan getaran bandul ayunan
4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik Cahaya
1. Sifat-sifat cahaya
2. Pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
3. Penglihatan manusia
4. Alat optik
3.11.1. Menganalisis sifat-sifat cahaya
3.11.2. Menganalisis pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
3.11.3. Memahami sistem penglihatan manusia
3.11.4. Memahami sistem kerja alat optic
4.11.1. Melakukan percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa

Leave a Reply