ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SELAMAT PAGI ANAK-ANAK SELAMAT BERTEMU DI SEMESTER GENAP MASIH DALAM SITUASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH. SEMOGA ANAK-ANAK MASIH TETAP SEMANGAT. PEMBELAJARAN KALI INI MATERI TEKS DISKUSI : MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS DISKUSI PAKET BAHASA INDONESIA HALAMAN 117. SEBELUM PEMBELAJARAN KITA MULAI MARILAH PEMBELAJARAN KALI INI KITA AWALI DENGAN BERDOA BERSAMA AGAR PERMOHONAN KITA DIKABULKAN OLEH ALLOH YANG MAHA KUASA. AAMIIN

ANAK-ANAK JANGAN LUPA TETAP SEMANGAT ,JAGA KESEHATAN, TAATI PROTOKOL KESEHATAN. ANAK MATERI PERTAMA KALI INI BERHUNGAN DENGAN TEKS DISKUSI : MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS DISKUSI  DI BUKU PAKET BAHASA INDONESIA KELAS IX BAB V HALAMAN 117 . SELAMAT BELAJAR. MATERINYA SAJA YANG ANAK-ANAK CATAT. OK !

MATERI : MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS DISKUSI

PENGERTIAN TEKS DISKUSI

Teks diskusi adalah teks yang memuat pendapat berbeda mengenai suatu hal .Sehingga pihak yang

berlawanan saling membahas topik yang dipermasalahkan

UNSUR-UNSUR DISKUSI :

Unsur-unsur diskusi meliputi :

a.Moderator  atau pemimpin diskusi

b.Penyaji/narasumber/pemicara/pemrasara

c.notulis/sekretaris

d.Anggota

e.Permasalahan/topik

f.tujuan/sasaran diskusi

FUNGSI DISKUSI

Fungsi diskusi meliputi

  1. Untuk melatih  hidup bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah
  1. Dapat mengerjakan sesuatu dengan cepat
  1. Dapat menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat
  2. Dapat memecahkan masalah/mencari solusi
  3. Wadah pengembangan diri / tenggang rasa

 

 CONTOH TEKS DISKUSI

Tak dapat kita pungkiri bahwa seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih,perkembangan budaya barat semakin hari cepat sekali bagai jamur tumbuh di musim penghujan.Budaya barat dapat dengan mudah bisa dilihat  maupun diakses baik melalui media cetak maupun media elektronik . Bahkan pengaruh budaya barat sangat besar terhadap masyarakat , tak terkecuali masyarakat Indonesia. Hal ini pun juga mampu memengaruhi generasi muda Indonesia baik dilihat dari gaya berpakaian, gaya bicara, dan pola hidupnya,serta gaya-gaya yang lainnya.  Mereka beralasan agar modislah, fankylah, gaullah, modernlag dan mereka  takut dikatakan ketinggalan zaman, kuno, lebay, alay , dan ndeso sehingga budaya timur sudah semakin terkikis dan sudah kehilangan jati diri

Mereka tidak pernah mau menyadari bahwa mereka secara perlahan sedikit demi sedikit telah digerogoti , telah dicekoki, telah diracuni  dengan adanya budaya barat yang akhirnya rusaklah generasi kita. Seperti pergaulan bebas, mabuk-mabukan maupun sex bebas. Padahal kita tahu generasi muda merupakan tonggak kekuatan dan penerus bangsa. Jika generasi penerus bangsa masih  saja terlena dan asyik  bergelut dengan budaya barat tanpa seleksi dan tidak timbang-menimbang hancurlah juga budaya Indonesia . Oleh karena itu, sesegera mungkin kita bangkit mengantisipasi agar generasi penerus bangsa atau para remaja tidak semakin terjerumus ke dalam jurang yang lebih dalam lagi maka kita harus berjuang dengan sungguh-sungguh sekuat tenaga berusaha untuk menangkalnya. Sebagai masyarakat Indonesia , dunia juga telah mengakui  bahwa bangsa Indonesia terkenal dan identik dengan norma-norma, unggah-ungghnya,sopan-santunnya, serta tinggi peradapannya. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar dalam menyikap budaya barat yang masuk ke Indonesia. Kita  harus pandai memilah dan memilih budaya barat yang masuk ke Indonesia. Kita sebagai bagian masyarakat Indonesia yang makan, tidur, dan hidup di Indonesia harus memiliki  ketegasan sikap dan kesadaran diri yang tinggi untuk mempertahankan dan menjaga budaya kita agar tidak tergerus ,terkikis,dan punah akibat datangnya budaya barat yang tidak dapat dibendung lagi. Siapa lagi kalau bukan kita yang menjaganya ?

Demikianlah anak-anakku pembelajaran jarak jauh pagi ini. Jangan lupa selalu berdoa. Jaga kesehatan. Taati protokol kesehatan. Tugas-tugas dikerjakan. Tetap semangat. Marilah kita akhiri pembelajran pagi ini dengan berdoa bersama.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

ANAK-ANAK BISA JUGA MELIHAT MATERI DI BAWAH INI

4 Replies to “MINGGU KE-1 BAHASA INDONESIA KELAS IXABCDEF MATERI MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS DISKUSI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *