Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat pagi anak-anakku yang cakep-cakep. Semoga keadaan anak-anak dan keluarga sehat dan bahagia selalu. Selamat bertemu kembali dengan materi Bahasa Indonesia, ulangan harian bab 1 samapai dengan bab 3 .Tolong dikerjakan dengan seksama dan sungguh-sungguh. Tugas Bahasa Indonesia ditulis jawabannya saja.Paham Nak !

SOAL-SOAL ULANGAN BAHASA INDONESIA BAB I S.D. BAB III

A.Untuk soal nomor 1 sampai dengan 25, pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawab!

1.Bacalah teks berikut!
Percobaan ini dilakukan untuk membuktikan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal. Hal ini akan dibuktikan dengan percobaan yang dilakukan pada tanaman kacang hijau. Efek faktor eksternal pada tumbuhan kacang hijau ini dapat mewakili bagaimana keterkaitan atau pengaruh antara faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Isi teks tersebut adalah …
A.Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dipengaruhi faktor internal.
B.Pengaruh faktor eksternal pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
C.Pengaruh berbagai faktor terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.
D.Peranan faktor eksternal dalam pembuktian tanaman kacang hijau.

2.Bacalah dua teks berikut!
Teks 1
Karbohidrat yang penting dalam ilmu gizi dibagi dalam dua golongan yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana merupakan karbohidrat yang banyak mengandung gula. Karbohidrat sederhana terdiri atas monosakarida, disakarida, gula alkohol, dan oligosakarida. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang banyak mengandung serat. Karbohidrat kompleks terdiri atas polisakarida dan serat. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui efek dari sinar matahari terhadap tumbuhan, baik positif maupun negatif.Kita dapat mengetahui sinar matahari sangat berpengaruh dalam proses perkecambahan biji kacang hijau.

Teks 2
Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui efek dari sinar matahari terhadap tumbuhan ,baik positif maupun negatif. Kita dapat mengetahui sinar matahari sangat berpengaruh dalam proses perkecambahan biji kacang hijau

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah …
Teks 1 Teks 2
A.Kabohidrat dibedakan menjadi dua golongan. Efek sinar matahari terhadap tumbuhan.
B.Karbohidrat terdiri atas monosakarida
dan disakarida. Faktor-faktor yang memengaruhi biji kacang hijau.
C.Karbohidrat kompleks banyak mengandung serat. Efek sinar matahari terhadap tumbuhan.
D.Kabohidrat dibedakan menjadi dua golongan. Kondisi yang ditimbulkan dari proses perkecambahan.

3.Bacalah teks berikut!
Kuning telur, daging merah, sarden, salmon, tuna, dan hati banyak mengandung vitamin D. Vitamin jenis ini dibentuk di dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari yang diserap melalui kulit (epidermis). Kekurangan atau defisiensi vitamin D dapat menyebabkan rakitis (pelunakan dan melemahnya tulang) pada anak-anak maupun osteomalasia (melemahnya tulang) pada orang dewasa. Hal ini berbeda dengan vitamin A, B, maupun C.

Vitamin yang terkandung dalammakanan pada teks tersebut adalah ….
A. A C. C
B. B D. D

4.Bacalah teks berikut!
(1)Percobaan ini dilakukan untuk mengetahui peranan jamur dalam fermentasi. (2) Alat dan bahan yang diperlukan yaitu labu erlenmeyer, balon, yeast, gula, garam, neraca, beaker glass, stop watch, air hangat, spatula/pengaduk, air kapur, indikator PP. (3) Larutan yang diberi gula 10 gram dan ragi 5 gram menghasilkan volume gas yang lebih tinggi yaitu 550 ml. (4) Larutan yang tidak diberi gula dan hanya diberi ragi 5 gram menghasilkan volume gas yang dihasilkan rendah yaitu 50ml. (5) Proses fermentasi iniragi menghasilkan jamur yang berkadar alkohol tinggi sehingga menghasilkan gas karbondioksida yang mampu mengubah warna pink menjadi pudar pada air kapur yang telah diberi indikator + PP.

Bagian simpulan pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A. (5) C. (3)
B. (4) D. (2)

5.Bacalah teks berikut!
(1)Kulkas sudah menjadi barang yang penting bagi manusia, sayangnya harga kulkas di pasaran lumayan mahal. Kita bisa membuat pendingin sederhana dari pot tanah liat agar makanan tidak mudah busuk.
(2)Alat dan bahan yang diperlukan antara lain 2 buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm, pasir, lem kayu, kain penutup, air, dan sterofoam.
(3)Pertama, tutup lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin! Kedua, tempel pot kecil ke dalam pot besar menggunakan lem dan siapkanlah pasir atau bahan yang bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut! Ketiga, masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, lalu basahi pasir menggunakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom! Keempat, masukan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil! Kelima, tutup dengan kain dan ukur suhunya!
(4)Dengan langkah tersebut maka pendingin ini sudah dapat digunakan untuk menyimpan sayur dan buah. Air dalam pasir akan mengalami evaporasi dan hal ini yang mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.
(5)Agar kinerja pendingin optimal, sebaiknya jangan taruh pendingin di tempat yang terkena sinar matahari langsung! Ternyata barang bermanfaat tidak didapatkan dengan biaya yang mahal.

Bagian hasil pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) C. (4)
B.(3) D. (5)

6.Bacalah teks berikut!
Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat saat dipanaskan. Bahan yang diencerkan membuat pesan sulit dibaca. Seseorang baru menyadari keberadaan tulisan tersebut sampai dipanaskan.

Kosakata teknis yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
A.cokelat C. diencerkan
B.oksidasi D. dipanaskan

7.Bacalah teks berikut!
Hadirin yang berbahagia,
Pendidikan tidak hanya proses untuk mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir. Nanun, tidak semua orang mendapat kesempatan untuk mendapatkan pendidikan hingga tingkat tinggi. Hal ini dikarenakan keterbatasan ekonomi masyarakat dan akses yang membuat pendidikan sangat sulit diperoleh oleh saudara- saudara kita yang tinggal di daerah terpencil.

Gagasan pokok pada teks tersebut adalah ….
A.tujuan pendidikan C. proses mentransfer ilmu
B.pengertian pendidikan D. peran pendidikan bagi bangsa

8.Bacalah teks berikut!
Tema peringatan Hari Proklamasi kali ini adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Kita Laksanakan Amanat Bangsa untuk Membangun Indonesia yang Bersatu, Maju, dan Demokratis.” Dengan semangat proklamasi, seluruh masyarakat Indonesia dapat menciptakan iklim yang kondusif, aman, dan damai. Semangat inilah yang mengandung persatuan dan kesatuan bangsa dalam memajukan bangsa kita agar mampu bersaing dengan negara lain. Dengan demikian, kita berharap dapat setara dengan negara-negara maju.

Ajakan yang terdapat pada teks tersebut adalah …
A.Memajukan bangsa kita agar mampu bersaing dengan negara lain
B.Membangun Indonesia yang bersatu, maju, dan demokratis.
C.Menciptakan iklim yang kondusif, aman, dan damai.
D.Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

9.Bacalah teks berikut!
(1)Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato mengenai manfaat teknologi. Pada era ini sudah banyak teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah cara hidup kita. Dengan kecanggihannya, kita dapat mengefisienkan waktu dan mempercepat penyelesaian kerja. Namun, tetap ada yang menerima dan meresponsnya secara negatif dengan berbagai alasan. Seperti dengan alasan teknologi yang sudah ada secara tidak langsung telah menyingkirkan budaya sehari-hari yang telah ada.
(2)Hadirin yang berbahagia, banyak manfaat yang kita dapatkan dengan penggunaan teknologi. Sebagai contoh, kita dapat berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga kita di tempat yang jauh dengan menggunakan telepon genggam. Kita juga dapat mempermudah urusan rumah tangga, seperti mencuci baju dengan mesin cuci ataupun memasak nasi dengan penanak nasi listrik. Bahkan internet pun sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari untuk mencari informasi atau menghilangkan penat, seperti bermain permainan yang disediakan internet.
(3)Baik buruknya teknologi bergantung kepada orang yang memanfaatkannya. Saya berharapkita dapat memanfaatkan teknologi sesuai dengan manfaat dan tujuan teknologi tersebut dibuat. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi penyalahgunaan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
(4)Demikian pidato ini saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita. Mohon maaf bila ada salah kata dan terima kasih atas waktu yang diberikan.

Bagian penutup teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) C. (3)
B.(2) D. (4)

10.Bacalah teks berikut!
(1)Asalamualaikum w.w.
(2)Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.
(3)Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya banggakan. Pada kesempatan ini saya akan berpidato tentang “Menjaga Lingkungan di Sekolah”.
(4)Teman-teman, lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil. Akan tetapi, terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita, seperti membuang sampah pada tempatnya.

Sapaan hormat yang terdapat pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) C. (3)
B.(2) D. (4)

11.Bacalah teks berikut!
(1) Lingkungan adalah tempat kita berpijak dan hidup. (2) Jika lingkungan kita bersih, maka diri kita juga akan bersih. (3) Sebaliknya, jika lingkungan tempat kita kotor, maka diri kita juga akan ikut kotor. (4) Apalagi jika lingkungan kotor ini ada di sekolah. (5) Apakah kita sudah merasa nyaman? (6) Tentunya sama sekali tidak, yang jelas kita akan merasa risih sehingga proses belajar bisa terganggu. (7) Dengan digalakkannya kebersihan lingkungan sekolah, kita merasa nyaman dalam belajar. (8) Ilmu-ilmu yang diberikan oleh bapak ibu guru dapat kita terima dengan baik.

Bentuk pasif dalam teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) dan (2) C. (5) dan (6)
B.(3) dan (4) D. (7)dan (8)

12.Bacalah teks berikut!
(1) Penyebab kenakalan remaja kebanyakan berasal dari orang tua yang terlalu sibuk dalam bekerja. (2) Mereka tidak punya waktu sedikit pun untuk memperhatikan perkembangan pergaulan anaknya. (3) Salahnya didikan yang diberikan oleh orang tua juga sangat berpengaruh terhadap kenakalan remaja. (4) Selain itu, kenakalan remaja juga disebabkan oleh faktor pergaulan remaja yang salah dalam memilih teman. (5) Memang, kita boleh saja berteman dengan siapa saja. (6) Namun ingat, kita juga tetap harus hati-hati dalam memilih teman agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah.

Penggunaan kata ganti orang pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(2) dan (5) C. (3) dan (5)
B.(3) dan (4) D. (4) dan (6)

13.Bacalah teksberikut!
Sudah seharusnya Alifa pulang ke rumah. Biasanya sepulang sekolah Alifa akan berbagi cerita dengan ibunya tentang kejadian yang ia alami di sekolah hari itu. Bunda tampak khawatir dengan tidak pulangnya Alifa tepat waktu. Bunda masuk ke kamar Alifa dan mengecek almari Alifa. Beberapa baju tidak ada, padahal tidak sedang dicuci pula. Lemari bawah, tempat Alifa menaruh baju yang sudah tidak dipakai lagi juga kosong. Bunda juga memeriksa rak sepatu Alifa. Di rak itu juga tinggal 3 pasang sepatu, padahal sepatu Alifa cukup banyak. Buku-buku bacaan favorit di rak Alifa juga berkurang separuh.

Latar waktu dan tempat pada teks tersebut adalah ….
A.siang hari di rumah Alifa
B.siang hari di kamar Alifa
C.sore hari di rumah Alifa
D.sore hari di rumah Alifa

14.Bacalah teks berikut!
Pak Camat berkata dengan pelan dan pasti, tetapi cukup menusuk perasaan Setyani. Sosok pemimpin yang tegas dan kaku menurut Setyani itu, berulang kali mengucapkan kata-kata mutiara yang menyebalkan. Hati Setyani berletupan. ”Ya, Bapak tidak mengalami sih, coba kalau istri Bapak yang harus memilih ultimatum itu. Bagaimana sikap dan perasaan Bapak? Memang benar sebagai seorang pemimpin Bapak bersikap tegas. Namun, apakah tidak ada pertimbangan lain yang bersifat lebih manusiawi. Mengapa Bapak tidak menyusuri, mengapa suamimu pindah? Apa alasan pindah tugas? Bapak hanya menyapu rata. Bapak hanya menyapu bersih, mengambil permukaan saja tanpa mengikutsertakan juga sebagai kepala rumah tangga yang dalam kesehariannya juga dikelilingi oleh anak dan istri yang setia? Di kantor memang banyak pemimpin yang wibawa dan tegas. Akan tetapi, mengeluarkan dogma, Bapak mengikutsertakan sisi lain sebagai pertimbangan yaitu nurani dan kemanusiaan misalnya. Semua permasalah pasti ada solusinya.

Pesan moral padateks tersebut adalah …
A.Pemimpin yang baik akan mengambil keputusan yang tegas dan mempertimbangkan kemanusiaan.
B.Kesulitan seseorang dalam mengambil keputusan yang terbaik karena mempertimbangkan keadilan.
C.Risiko seorang pegawai dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai anak buah.
D.Sikap tegas dan wibawa pemimpin tanpa pilih kasih atau adil.

15.Bacalah teks berikut!
Mereka, Tini dan Syam sering bermain musik bersama-sama. Tini bermain piano dan Syam bermain biola. Sejak kedatangan Syamsul, Tini mulai bermain piano kembali setelah sekian lama menutup diri terhadap musik. Sekali, malam-malam, Tini dan Syam memainkan lagu “Salah Apa Aku”. Aku hanya bisa mendengar sayup-sayup lantunan lagu itu. Waktu itu, aku sakit kepala dan istirahat di kamarku.

Sudut pandang pada teks tersebut adalah ….
A.orang ketiga serba tahu C. orang pertama pelaku utama
B.orang kedua dalam cerita D. orang pertama pelaku sampingan

16.Bacalah teks berikut!
(1)Hujan yang turun sepanjang petang belum juga berhenti meskipun malam terus beringsut. Tak banyak yang dapat dikerjakannya sejak turun hujan tadi. Tak banyak memang, bila itu diartikan sebagai gerakan atau kegiatan fisik yang memadai. Lelaki itu cuma berdiri di jendela sepenuh waktu petang itu, menatap hujan yang menerpa daun-daun pinus yang berjajar sepanjang pagar sebelah timur gerbang bambu.
(2)Di arah yang berlawanan, rimbunnya bougenville dengan bunganya yang merah jambu itu tampak cantik dihiasi kerlap-kerlip titik air di permukaan daunnya. Ia menikmatinya dengan penuh sendu. Muram seperti warna langit di petang itu. Sementara malam segera turun dan ia masih saja di situ.
(3)Angin malam berembus agak dingin, tetapi ia belum mau menutup jendela. Kalau saja mendiang istrinya masih ada, dia pun akan melakukan hal yang sama. Ya, Yasmin, istrinya, akan berbuat yang sama dengannya pada malam seperti itu. Berdiri di jendela, menatap ke luar memandang hujan yang jatuh, merasakan embusan angin. Menurut Yasmin hujan adalah berkah. Alam seakan sedang bernyanyi dan titik-titik air yang menerpa kaca jendela seolah menciptakan lirik-lirik puisi cinta yang romantis.
(4)Ia hapal kebiasaan-kebiasaan Yasmin dan itulah yang membuat hatinya teriris. Selalu, sehabis hujan, kecuali di malam larut, ia akan turun ke halaman dan menghirup napas dalam-dalam, mengembuskannya, dan kemudian menghirupnya lagi.

Bagian orientasi ditunjukkan nomor ….
A.(4) C. (2)
B.(3) D. (1)

17.Bacalah teks berikut!
Pagi ini kami akan berangkat sekolah dan lagi-lagi sepatu butut itu lagi yang kuperhatikan. Tidak ada yang lain yang kuperhatikan dari Andi. Aku jadi malas bila berjalan dengannya. Aku aib bila harus berjalan dengannya, ibarat berjalan dengan seorang gembel.
Sepatu butut itu begitu mengganggu pikiranku. Kenapa Andi tidak minta sepatu gres saja biar keren seperti teman-temanya. Si Ivan dengan sepatu ketsnya atau Dodi dengan sepatu sportnya?
Di suatu malam, saya berpikir untuk menyingkirkan sepatu butut itu. Aku berencana membuangnya di hari Sabtu malam, alasannya yaitu kutahu ia akan mencucinya di hari Minggu. Maka kalau di hari Minggu ia tidak menemukannya, masih ada kesempatan untuk membeli yang gres sehingga ia masih bisa masuk di hari Seninnya.
Untuk membuang sepatu butut tentu saja tidak memerlukan planning yang rumit, cukup sederhana saja niscaya saya bisa melakukannya, hanya tinggal menunggu Andi tidur di malam hari, dan kemudian saya tinggal menjalankan misinya. Hari yang kunantikan pun tiba, segera saya bersiap menjalankan misiku. Kulihat Andi sedang tidak ada di rumah.

Komplikasi pada teks tersebutadalah …
A.Aku merasa risih berjalan dengan Andi dengan sepatu bututnya.
B.Andi tidak sampai hati untuk minta sepatu baru kepada Ibunya.
C.“Aku” berniat membuang sepatu butut Andi pada suatu malam.
D.Andi tidak bisa tidur tanpa ditemani sepatu bututnya.

18.Bacalah teks berikut!
(1) Matahari perlahan mengintip dari timur. (2) Pagi itu, tak seperti biasanya, Mbah Mahdi sudah dandan rapi. (3) Dia tidak mengenakan celana panjang dan jas kebanggaannya, tapi kain putih yang dibebatkan di seluruh badan. (4) Dia juga mengenakan semacam surban di kepalanya. (5) Dua telapak kakinya mengenakan sandal kulit, dengan tali-temali yang diikatkan di bawah lututnya.

Kalimat dengan gaya bahasa pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) C. (3)
B.(2) D. (4)

19.Bacalah teks berikut!
(1) Aliran ekspresionisme adalah aliran yang mengusung ide bahwa seni muncul dari dalam diri seniman, bukan dari penggambaran alam dunia di sekitarnya. (2) Meskipun asalnya tetap dari alam sekitarnya, tetapi seniman memiliki ingatan dan cara pandang tersendiri yang kemudian diekspresikan pada karyanya. (3) Seniman ekspresionis lebih fokus pada ekspresi tersebut dan menghiraukan berbagai teori dan teknik penciptaan. (4) Terdengar tidak mengherankan jika Affandi dilansir sebagai seniman ekspresionis yang hebat karena gaya berkeseniannya sendiri memang sudah seperti itu.

Pujian pada teks tersebut ditunjukkan nomor….
A.(1) C. (3)
B.(2) D. (4)

20.Bacalah teks berikut!
Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni. Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang. Sayangnya, buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di Gramedia jarang sekali menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka instagram atau situs penyedia jasa jual buku.

Kritikan pada teks tersebut adalah …
A.Banyak membahas teknik sutradara dari sisi negatif maupun sinematik
B.Membantu penonton untuk membaca film sebagai bentuk seni.
C.Buku yang dibahas susah diperoleh di toko buku.
D.Tidak dilengkapi dengan ilustrasi gambar.

21.Bacalah teks berikut!
(1)Lukisan bunga pada kain tersebut benar-benar bagus dan menarik. Meskipun digambar secara sederhana, lukisan tersebut dapat menghidupkan kain. Artinya warna kain yang pada dasarnya gelap menjadi cerah dengan kehadiran lukisan bunga tersebut.
(2)Hal ini dikarenakan oleh kekontrasan pewarnaan pada lukisan bunga dengan warna kainnya.
(3)Lukisan tersebut memang menarik, tetapi komposisi yang ditampilkan terasa kurang lengkap.Lukisan itu didominasi unsur tumbuhan (pohon pinus dan rerumputan), tetapi unsur-unsur kehidupan yang lain seperti, binatang dan manusia tidak ditampilkan.
(4)Hal inilah yang menyebabkan lukisan ini terkesan “kering” atau “kurang lengkap”.Tema lukisan semacam ini banyak kita jumpai di pasar seni. Selain itu, lukisan semacam ini biasanya dibuat oleh pelukis-pelukis amatir.

Tanggapan logis padateks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) C. (3)
B.(2) D. (4)

22.Bacalah teks berikut!
(1)Ada sebuah novel remajaberjudul “Gita Cinta dari SMA”diganti oleh seorang menteri menjadi Gita Cinta dari SMU. Itu kata penyair Acep Zamzam Noor, dalam penggalan puisinya,“Dongeng dari Negri Sembako”. Namun, bicara soal novel remaja yang disebutkan dalampuisi tersebut Acep tak usah khawatir karena Gita Cinta dari SMA tetap saja Gita Cinta dari SMA, tidak lantas diganti oleh pengarangnyaEddy D. Iskandar menjadi Gita Cinta dari SMU.
(2)Noveltersebut diangkat Karno’s Film ke versi sinetronnya. Bahkan, penerbit Gagas Media menerbitkan kembali novel ini beserta tiga novel lainnya dari pengarang yang sama. Judul asli seolahmenjadi sebuah tuntutan yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Toh, keasliansenantiasa mencerminkan kemurnian.
(3)Salah satu kekuatannovel Eddy karena daya ungkap dan dialog-dialognya yang mengalirlancar dan tetap aktual, serta tidak terpengaruh tren remaja. Bahkan, parapengamat sastra seperti HB Yassin, Jakob Sumardjo, Umar Yunus, UmarKayam, dan Sapardi Djoko Damono, sempat mengulas atau mengungkapnovel popnya Eddy. Bahasa dalam karya-karyanya sangatlah nge-pop dan mempunyai cita rasa sastra yangtinggi serta penuh dengan falsafah hidup.
(4)Sebenarnya, bukan hanya Gita Cinta dari SMA yang diterbitkanulang oleh Gagas Media. Ada tiga novel lainnya dari pengarang yangsama yang diterbitkan dengan format yang lebih menarik dan artistikdibanding penerbitannya terdahulu. Ketiga novel tersebut adalahPuspa Indah Taman Hati, Semau Gue, dan Roman Picisan.

Bagian penilaian pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(4) C. (2)
B.(3) D. (1)

23.Bacalah teks berikut!
(1)Perkembangan musik dari waktu ke waktu sangat pesat. Hal ini membuat pencinta musik memiliki kebebasan dalam menentukan jenis musik yang mereka sukai. Seperti saat ini banyak jenis musik bermunculan dan berkembang di Indonesia, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu musik dari luar negeri yang berkembang di Indonesia yaitu musik K-pop.
(2)Dewasa ini remaja Indonesia menggandrungi musik K-pop, bahkan hal ini sudah menjadi hal yang biasa.Musik Korea atau K-Pop mengusung musik dance, yang beraliran hip-hop, serta koreografi maupun kostum yang menarik. Dengan adanya K-Pop ini membawa dampak yang cukup besar bagi para remaja khususnya di Indonesia.
(3)Merebaknya musik K-pop membuat remaja lebih tertarik dengan musik Korea ini daripada musik asli Indonesia. Seharusnya, kita bangga dengan musik asli Indonesia, bukan malah menggandrungi musik dari negara lain. Padahal, musik Indonesia memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh musik dari negara lain, terutama Korea.
(4)Musik K-pop yang masuk ke Indonesia tidak hanya memiliki sisi posistif maupun negatif. Sisi positifnya yaitu bertambahnya pengetahuan tentang budaya dan bahasa Korea. Dengan adanya minat yang yang tinggi dari remaja yang mengagumi musik K-pop, mendorong mereka untuk semakin semangat mempelajari segala hal yang berhubungan dengan Korea.
(5)Ketika menyukai sesuatu, ambil manfaatnya atau ambil sisi positifnya. Misalnya saja ketika menyukai K-pop, buat kesempatan ini untuk memotivasi kita semakin semangat belajar budaya asing dan semakin semangat untuk menggapai cita-cita.

Bagian deskripsipada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(5) C. (2)
B.(4) D. (1)

24.Bacalah teks berikut!
(1) Pemerintah akan memberikan kembali bantuan pada masyarakat. (2) Sasaran bantuan ini dikhususkan bagi keluarga rentan sosial (rensos). (3) Setiap kepala keluarga yang akan menerima bantuan sudah didata dan didatangi petugas agar bantuan tepat sasaran. (4) Jangan sampai keluarga mampu menerima bantuan ini, sedangkan keluarga miskin tidak menerima bantuan.

Penggunaan bahasa santun pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) C. (3)
B.(2) D. (4)

25.Bacalah teks berikut!
(1) Polisi akhir mengambil tindakan tegas menghabisi pelaku kriminalitas yang meresahkan masyarakat. (2) Pelaku kejahatan ini akhirnya gugur setelah peluru yang ditembakkan polisi menembus dadanya. (3) Sebelum menghembuskan napasnya, oknum tersebut diautopsi ke rumah sakit, (4) Sekarang masyarakat merasa tenang karena pelaku kejahatan sudah tidak melancarkan aksinya di sekitar mereka.

Penggunaan bahasa logis pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.(1) C. (3)
B.(2) D. (4)

B.Untuk soal nomor 26 sampai dengan 35, lengkapilah kalimat yang berada di sebelah kiri dengan kata atau frasa yang berada di sebelah kanan!

Kalimat Alternatif Jawaban
26.Bacalah teks berikut!
Makanan berminyak yang terlihat tetap segar dalam waktu lama, tandanya ia mengandung minyak terhidrogenasi parsial. Bila terlalu sering dikonsumsi anak-anak, bisa meningkatkan kolesterol, tingginya LDL, dan menurunkan tingkat HDL. Juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan diabetes.
Isi informasi pada teks tersebut adalah …

27.Bacalah teks berikut!
Konsumen harus berhati-hati saat membeli makanan dalam kemasan. Komposisi yang terkandung dalam makan tersebut harus diketahui konsumen karena banyak zat berbahaya yang ada dalam makanan. Misalnya kandungan merkuri yang terbawa oleh ikan laut. Kandungan ini sangat berbahaya bila terlalu banyak menumpuk dalam tubuh
Zat berbahaya yang terkandung dalam makanan tersebut adalah ….

28.Bacalah teks berikut!
(1) Letakkan gelas berisi air di atas meja dan tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong! (2) Selanjutnya, kita harus membuat ruangan benar-benar gelap! (3) Setelah itu, kita bisa menyorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas! (4) Kita akan mendapati pelangi yang muncul dari sudut kaca!
Kalimat imperatif yang paling tepat pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

29.Bacalah teks berikut!
(1) Hadirin yang berbahagia, tidak ada orang tua yang menginginkan hidup anaknya menderita karena kebodohan. (2) Setiap orang tua pasti akan memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. (3) Sejak kecil bahkan sejak dalam kandungan, kita selalu mendapatkan pendidikan dari orang tua kita yang dikenal dengan pendidikan nonformal.(4) Dengan bertambahnya usia, orang tua memasukkan kita kesekolah dengan tujuan agar kita menjadi orang yang sukses. (5) Jangan pernah ada satupun diantara kita termasuk orang-orang yang mendurhakai orang tua.
Pesan pembicara yang pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

30.Bacalah teks berikut!
(1)Asalamualaikum w.w.
(2)Hadirin yang saya hormati, mari kita ucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan izin-Nyalah kita dapat hadir dalam acara Peningkatan Pendidikan Karakter di aula SMP Harapan Bangsa. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato pentingnya kedisiplinan dalam hidup.
(3)Pendidikan kedisiplinan merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola perilaku, kebiasaan-kebiasaan, atau untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. Dengan pendidikan kedisiplinan, setiap orang akan mematuhi aturan yang ditetapkan. Aturan tersebut di antaranya berwujud aturan yang ditetapkan oleh diri sendiri maupun yang ditetapkan oleh orang tua maupun sekolah
(4)Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan.Semoga kita dapat partisipan aktif dalam menanamkan kedisiplinan bagi warga sekolah.
Bagian pembuka pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

31.Bacalah teks berikut!
Semua telah terjadi. Tak ada lagi yang dapat ia lakukan selain membiarkan si jago merah menghabiskan toko kecil yang telah ia rintis puluhan tahun. Ia jadi teringat nasihat ayahnya. Selesaikan hal kecil yang bisa menjadi kegagalan. Namun, nasi telah jadi bubur. Hanya ratapan yang bisa ia lakukan serta menyesali telah mengabaikan nasihat kecil itu.
Amanat pada teks tersebut adalah …

32.Bacalah teks berikut!
Sorak sorai terdengar saat layang-layang Arga menyusur tanah. Arga dan teman-temannya yang sebelumnya tampak percaya diri, kini mulai berwajah lesu. Layang-layang kebanggaannya harus menyentuh tanah lebih dulu. Sementara, Udin hanya tersenyum melihat kemenangan di depan mata. Azan berkumandang. Kawanan anak Kampung Jeron bergegas membubarkan diri untuk persiapan salat Magrib. Melupakan kemenangan sementara yang mereka peroleh.
Nilai religius pada teks tersebut adalah ….

33.Bacalah teks berikut!
(1) Air mataku mengalir deras saat membaca surat dari Nurul. (2) Aku tak tahu harus berbuat apalagi. (3) Hatiku menjadi pilu. (4) “Sayang, apa isinya sampai kau menangis?” tanya Aisya sambil mengusap air mata di pipiku. (5) Kutatap wajah istriku. (6) Haruskah aku berterus terang padanya? (7) Aku tak ingin membuat dirinya kacau dan cemburu. (8) Aku harus melindungi ketenangan jiwanya.
Pernyataan retoris pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

34.Bacalah teks berikut!
(1) Novel ini sangat bagus dibaca oleh pelajar. (2) Banyak sekali pelajaran yang bisa ditiru dan diterapkan dalam kehidupan remaja. (3) Akan tetapi, banyak pengamat yang kurang setuju dengan beberapa pernyataan yang disampaikan pengarang pada beberapa halaman. (4) Pernyataan-pernyataan inilah yang perlu penjelasan atau klarifikasi agar pembaca khususnya remaja tidak “galau” ketika mencerna pernyataan tersebut.
Sanggahan pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

35.Bacalah teks berikut!
Hendra Gunawan adalah salah satu seniman lukis Indonesia. Dia pernah ditahan selama 13 tahun dimulai pada tahun 1965 hingga 1978. Selama berada di dalam penjara, beliau tetap berkarya membuat lukisan bertema kehidupan masyarakat pedesaan pada zamannya. Seperti panen padi, berjualan buah, maupun kehidupan nelayan. Ada salah satu karyanya yang berjudul “mencari kutu rambut” yang dibuat pada tahun 1953. Lukisan ini menampilkan subjek matter yaitu seorang wanita yang duduk mencari kutu wanita lain. Wanita lain inisedangmemangku anak perempuanya yang memegang wayang. Lukisan ini dibuat dengan media cat minyak diatas kanvas dengan ukuran 84cm x 65cm.
Teks tersebut merupakan bagian … dari teks tanggapan.

ALTERNATIF JAWABAN ATAU PILIHAN JAWABAN
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)
E.(5)
F.(6)
G.(7)
H.(8)
I.deskripsi
J.Akibat sering mengonsumsi makanan berminyak
K.Kandungan minyak dalam makanan
L.konteks
M.Patuhilah nasihat orang tua!
N.Selesaikanlah hal-hal yang kurang bermanfaat!
O.penilaian
P.ikan laut
Q.merkuri
R.mendengar suara azan
S.melaksanakan ibadah tepat waktu

C.Untuk soal nomor 36 sampai dengan 45, isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang paling tepat!
36.Bacalah teks berikut!
Makan berfungsi sebagai sumber energi, mengganti sel-sel yang usang, dan menambah cairan tubuh. Untuk dapat melaksanakan fungsinya, diperlukan makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi dalam jumlah seimbang dan higienis. Makanan bergizi, artinya harus mengandung zat-zat makanan yang diperlukan tubuh, yaitu cukup mengandung karbohidrat, lemak, protein, garam mineral, vitamin, dan air.

Informasi penting yang terdapat pada teks tersebut adalah ….

37.Bacalah teks berikut!
(1)Makanan bergizi harus mengandung zat-zat makanan yang diperlukan tubuh yaitu cukup mengandung karbohidrat, lemak, protein, garam mineral, vitamin, dan air. (2) Zat yang terdapat dalam makanan di antaranya lemak. (3) Lemak dikelompokkan menjadi dua yaitu lemak nabati dan hewani. (4) Lemaknabatidiperolehdaritumbuhan,misalnya kelapa, kacangtanah, kemiri, danalpukat. (5) Lemakhewaniberasaldarihewan, misalnyadaging, telur, susu, keju, danmentega. (6) Kita dapat menentukan kandungan lemak pada makanan dengan percobaan. (7) Siapkan kotak-kotakberukuran 5 x 5 cm padakertasminyak! Oleskanbahanmakanan yang telahdihaluskankedalamkotak-kotaktersebut(satukotakuntuksatujenisbahanmakanan) kemudiankeringkankertastersebutdibawahterikmatahariataulampu bohlam! Amati dancatatperubahan yang terjadikedalam tabel pengamatan! Jikamengandunglemak, makakertasminyakakantampaktransparan.

Bagian langkah-langkah pada teks tersebut ditunjukkan nomor….

38.Bacalah teks berikut!
Prosedur penelitian sebagai berikut
(1) Kita harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. (2) Akar tanaman pacar air yang akan kita pakai harus dibersihkan terlebih dulu. (3) Tanaman pacar air yang pertama harus kita potong. (4) Akar tanaman pacar air yang lain dibiarkan tetap utuh.

Kata numeralia pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

39.Bacalah teks berikut!
Hadirin yang berbahagia, hidup rukun dan damai merupakan idaman setiap orang. Tidak ada orang yang tidak menginginkan hidup rukun dan damai. Hanya saja cara setiap orang menginterpretasikan dan meraihnya berbeda-beda.
Kita merindukan hidup rukun dan damai karena dalam situasi ini kita menemukan jati diri kita sebagai manusia. Kita rindu akan hidup rukun dan damai. Oleh karena itu, kita senantiasa berjuang untuk mencapai kehidupan ini. Memang hal ini tidak mudah dicapai, tetapi bukan berarti sama sekali tidak mungkin.

Masalah aktual pada teks tersebut adalah ….

40.Bacalah teks berikut!
(1)Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena atas karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya banggakan. Pada kesempatan ini saya akan berpidato tentang “Menjaga Lingkungan di Sekolah”
(2)Lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita, yaitu membuang sampah pada tempatnya.
(3)Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatian hadirin saya ucapkan terimakasih.

Bagian isi teks tersebut ditunjukkan nomor….

41.Bacalah teks berikut!
Kami bertiga sudah berteman sejak SMP dan kini kami duduk di bangku SMA yang sama. Pertemanan kami terjalin dengan akrab, dari mulai belajar, bermain, bermusik, dan sebagainya kami lewati bersama tanpa ada rasa kemunafikan satu sama lain. Latar belakang kehidupan kami memang berbeda-beda.
Aku Winki, seorang yang simple, tidak banyak omong, tegas, bertanggung jawab, dan pandai bermain drum. Aku terlahir dari keluarga yang sederhana. Temanku Dias, orang yang percaya diri, mudah bergaul, tampan, dan pandai bermain bass. Dia terlahir dari keluarga mampu dan berkecukupan. Temanku yang satunya Nuno, seorang yang percaya diri, kocak, setia, dan pandai bermain gitar. Dia pun terlahir dari keluarga yang sederhana. Selama ini kami bermain musik bersama dan kami membentuk band dengan aliran pop-rock. Kami bercita-cita untuk menjadi band terkenal yang dapat tampil di panggung internasional.

Tema teks tersebut adalah ….

42.Bacalah teks berikut!
Menjelang pernikahan, seorang gadis yang akan menikah harus mengikuti beberapa ritual. Seperti halnya yang akan dilakukan Siti. Pagi ini ia akan melaksanakan upacara siraman. Bagi keluarga kami yang masih memegang teguh adat Jawa, kegiatan ini memang harus dilalui.
Para kerabat mulai berdatangan. Uborampe upacara pun sudah disiapkan sejak kemarin sore. Namun, ada yang berbeda dari raut wajah Siti. Beberapa kali ia menampakkan wajah yang tidak sedap.

Nilai adat atau tradisi padateks tersebut adalah ….

43.Bacalah teks berikut!
(1) Senja kini telah menanggalkan mahkotanya dan disambut malam dengan penuh cahaya, sang rembulan malam bertahta dengan megahnya. (2) Indahnya maha karya Sang Kuasa, hamba ini tidak dapat melukiskan dengan kata-kata. (3) Sahabat baruku menghilang dalam kegelapan malam dengan sepeda butut suaminya setelah dia pamit kepadaku dan mengatakan jika suatu saat nanti aku mempunyai suami jangan merasa malu mengatakan yang sebenarnya pekerjaan suami. (4) Tidak ada keraguan, dia berjalan dengan penuh keyakinan dan tanpa beban ketika suami menjemputnya.

Kalimat bermajas pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

44.Bacalah teks berikut!
(1) Karya lukisan berjudul “mencari kutu rambut” ini sangat menarik. (2) Seniman ingin menampilkan sebuah kebudayaan atau kegiatan masyarakat desa khususnya para wanita. (3) Dengan gambaran yang jelas yang mendukung judul sehingga apa yang dipikirkan apresiator tidak jauh-jauh dari judul yang ditampilkan. (4) Namun,background yang dibuat kurang menampilkan bahwa itu adalah kebiasaan masyarakat pedesaan dan baju wanita pertama itu sedikit membingungkan karena warnanya menyatu.

Kalimat kritikanpada teks tersebut ditunjukkan nomor ….

45.Bacalah teks berikut!
(1) Menurut penulis pementasan drama oleh Teater Golek tadi malam sungguh luar biasa. (2) Sutradara sudah merencanakan segala sesuatu dengan detail. (3) Hal ini membuat adegan demi adegan dapat dinikmati penonton dengan mudah. (4) Penonton sampai terhanyut dengan kepiawaian pemain dalam memainkan perannya. (5) Hal yang agak mengecewakan adalah tata lampu yang kurang mendukung situasi dalam beberapa adegan. (6) Secara keseluruhan pementasan semalam cukup menghibur dan berhasil membawa penonton memaknai sebuah persoalan sosial yang terjadi di masyarakat.

Kalimat santun pada teks tersebut ditunjukkan kalimat ….

D.Untuk soal nomor 46 sampai dengan 50, jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang paling tepat!

46.Bacalah teks berikut!
Percobaan Kimia Mengetahui Sidik Jari
Setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda. Sidik jari ini dapat digunakan oleh polisi untuk mengetahui pelaku kejahatan. Untuk mengetahui sidik jari seseorang dapat kita lalukan dengan percobaan ini. Alat dan bahan yang digunakan mudah diperoleh dan harganya pun murah.
Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengetahui sidik jari seseorang sebagai berikut
•bedak bayi
•kaca mikroskop atau cermin kecil
•plester transparan
•kertas hitam mengkilap ukuran 2,5cm x 3cm
•sikat
Langkah-langkah yang dapat kita lakukan sebagai berikut
Pertama, siapkan kaca dan tekan jempolmu pada permukaan kaca dengan kuat!
Kedua, perhatikanlah sidik jarimu dengan posisi masih memegang kaca pada tepinya!
Ketiga, ambillah bedak dan taburkan sedikit demi sedikit pada bagian atas sikat dan sapukanlah ke permukaan kaca!
Keempat, amatilah bekas dari jempolmu!
Kelima, guntinglah plester dari kaca dengan hati-hati, lalu siapkan kertas hitam dan lekatkanlah plester!
Setelah langkah-langkah tersebut dilalui, kamu dapat melihat hasilnya.Sidik jari akan terlihat dengan jelas.
Ternyata untuk mengetahui sidik jari seseorang itu tidak sulit. Alat dan bahan-bahannya pun mudah didapat.

Tulislah struktur teks laporan percobaan tersebut beserta beserta bukti paragraf!

47.Bacalah teks berikut!
Bapak dan Ibu guru yang saya hormati serta teman-teman yang saya sayangi,
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaksananya jika lingkungan di sekitar kita terlihat kotor dan tidak sedap dipandang.
Apalagi masih di lingkungan sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu. Seharusnya lingkungan sekolah selalu terjaga dan memiliki suasana yang indah sehingga kita pun menjadi lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu marilah kita jaga sekolah sebagai rumah kedua kita yang menuntut ilmu!
Saya sebagai salah satu keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan ini sepanjang hayat. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan untuk menjaga kebersihan. Setiap kelas harus memiliki jadwal piket. Sudah sepatutnya regu piket selalu datang lebih awal supaya dapat membersihkan kelas terlebih dulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman.

Tulislahtema, isi, dan pesan persuasif dalam teks tersebut!

48.Bacalah teks berikut!
Asalamualaikum w.w.
Yang saya hormati Ibu Hartini, selaku guru Bahasa Indonesia,
Tak lupa teman-teman yang saya sayangi
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang diberikan kepada kita semua. Atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada kesempatan ini dalam kondisi yang sehat tanpa suatu halangan apapun. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pergaulan bebas karena pada zaman modern ini banyak orang terjerumus ke dalam pergaulan bebas.
Pergaulan bebas adalah pergaulan yang sudah menyalahi norma-norma yang ada dalam masyarakat seperti mabuk-mabukkan, merokok, balap liar, bahkan sampai hamil di luar nikah. Pergaulan bebas dapat disebakan beberapa faktor antara lain kurang mendapat ilmu keagamaan, kurangnya kesadaran,dan bisa terpengaruh teman yang nakal.
Selain itu, pergaulan bebas bisa terjadi karena kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Anak mencari perhatian di luar rumah atau bisa jadi karena orang tua terlalu mengekang terhadap anak. Hal itu membuat anak merasa tertekan dan akhirnya terjerumus ke dalam pergaulan bebas.
Jadi pergaulan bebas adalah perbuatan yang sudah menyalahi norma, perbuatan yang tidak terpuji dan merugikan diri sendiri dan masyarakat. Jadi membentengi anak-anak dengan ilmu agama itu sangat penting dilakukan.
Demikian pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi kita. Apabila ada salah kata yang tidak berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf.
Wasalamualaikum w.w.

Tulislah sistematika teks pidato tersebut disertai bukti kalimat!

49.Bacalah teks berikut!
Bisma merupakan anak pertama dari enam bersaudara. Dia lahir dari keluarga yang sangat sederhana. Walaupun dari keluarga sangat sederhana, Bisma memiliki semangat yang sangat besar dalam menuntut ilmu. Hal itu dikarenakan Bisma ingin membahagiakan orang tua dan bisa menjadi contoh bagi adik-adiknya. Perjuangan Bisma menuntut ilmu sangat berat dengan keterbatasan ekonomi dari orang tuanya. Menyadari akan hal tersebut membuat semangat Bisma untuk sekolah semakin menggebu-gebu..
Setelah tamat SMA dengan nilai yang bagus, Bisma mengadu peruntungan ke Jakarta. Dia berjuang untuk dapat diterima di Universitas Indonesia. Usaha dan jerih payah Bisma ternyata tidak sia-sia. Setelah menunggu pengumuman penerimaan mahasiswa baru, Bisma diterima di Universitas Indonesia. Dia sangat senang dan berjanji dalam hati akan belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu

Tulislah penokohan, alur, amanat, dan nilai moral dalam teks tersebut!

50.Bacalah teks berikut!
Lukisan Karya Edvard Munch yang berjudul The scream adalah sebuah lukisan ekspresionis. Lukisan tersebut menjadi inspirasi seniman lain yang berbeda aliran. Lukisan tersebut dianggap oleh banyak orang sebagai karya Edvard yang paling penting. Lukisan melambangkan manusia modern yang tercekam oleh serangan kecemasan eksistensial, dengan cakrawala yang diilhami oleh senja yang merah, yang dilihat setelah letusan Gunung Krakatau pada 1883.
Pengerjaan lukisan ini dinilai cukup bagus karena Edvard berhasil menggabungkan berbagai warna yang membuat keserasian dalam lukisan ini menjadi hal yang menambah daya tarik. Selain itu, dengan adanya sesosok manusia yang digambar dengan gaya yang unik membuat lukisan ini mempunyai ciri khas tersendiri.
Penilaian sebuah karya seni bukan berbicara mengenai baik atau buruk, salah atau benar, melainkan mengenai pemaknaan tersebut meyakinkan atau tidak. Karya seni dapat dinilai dengan berbagai kriteria dan aspek.Barret menyederhanakan penilaian karya seni ke dalam empat kategori yaitu realisme, ekspresionisme, formalisme, dan instrumentalisme. Lukisan ini memiliki ciri khas yang kemudian menambah nilai jual lukisan ini. Secara keseluruhan lukisan ini dapat dibilang sebagai lukisan yang luar biasa, tetapi banyak juga yang bilang bahwa lukisan ini mengerikan karena penggambaran sosok manusia yang dapat dibilang “aneh” membuat banyak orang tidak menyukai lukisan ini. Meskipun begitu, lukisan ini memiliki banyak penggemar dan menjadi salah satu lukisan yang paling unik didunia.

Tulislah kalimat berupa pujian, kritikan, dan sanggahan yang terdapat dalam teks tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *