BK Klas 9 | Selekta Kapita 2

Selamat siang….. Salam sehat

Kembali berjumpa dengan kelas layanan bimbingan dan konseling. Hari ini kita lanjut dengan Kapita Selekta ke 2.

Berfikir positif

Dalam keadaan apapun kalian harus bisa berfikir positif. Berfikir positif dalam menghadapi masalah. Masalah seberat apapun dengan didasari berfikir positif akan berkurang bebannya. Dengan berfikir positif akan menambah atau membuka wacana baru dalam menyelesaikan masalah.

Manfaat Berfikir positif (diantaranya)

  1. Menambah kecerdasan

Berfikir positif menambah kecerdasan dalam segala hal. Karena dengan berfikir positif menambah peluang untuk menjadi lebih. Kalau kita berfikir negatif selalu menjadi pesimis. Memandang segala sesuatunya secara negatif yang mana ujung-ujungnya menyalahkan diri sendiri , menyalahkan orang lain atau menyalahkan keadaan bahkan bisa juga menyalahkan Tuhan.

  1. Kreatif

Mencari peluang yang lebih yang dapat mengubah atau mengangkat masalah yang dihadapi. Bahkan mampu memperoleh prestasi atau hasil. Misalnya dengan adanya pandemi yang menyikapi dengan baik maka sekarang ini mereka menggunakan IT untuk meraih pundi-pundi kekayaan (youtuber, jualan online)

Kejujuran

Mengatakan yang sebenarnya, apa adanya tidak ditambah-tambahi. Kejujuran berlawanan dengan kebohongan.

Manfaat kejujuran untuk diri sendiri

  1. Evaluasi diri

Kejujuran merupakan evaluasi diri yang baik. Sering kali kita tidak jujur dengan diri kita sendiri kita menutup-nutupi apa yang kurang yang ada pada kita. Dengan membohongi diri kita tidak tahu keberadaan kita yang sebenarnya. Hal ini merugikan diri sendiri.

  1. Sakit tapi berakhir baik

Kejujuran itu seringkali rasanya sakit tetapi sebenarnya akan membawa hasil yang baik. Contoh saat kamu belajar memasak kemudian temanmu kamu suruh mencicipi masakanmu tadi. Temanmu jujur mengatakan rasanya tidak enak (entah hambar atau asin) maka kamu akan kurang berhasil atau gagal. Akan tetapi kamu tahu kalau masakanmu itu kurang enak maka kamu dapat memperbaiki lagi untuk menjadi lebih enak. Seandainya temanmu tadi tidak jujur dengan mengatakan enak (hanya untuk menyenangkanmu) maka kamu akan masak masakan yang tidak enak selamanya.

Kejujuran itu membawa kita kearah yang lebih baik.

Oleh sebab itu anak-anak kamu juga harus jujur mengenai dirimu masing-masing dalam segala hal, terutama dalam hal data yang berkaitan dengan dirimu masing-masing. Keabsahan data akan memudahkan semuanya terutama yang paling dekat adalah mengenai sekolah lanjutan. Minggu depan kita akan membicarakan sekolah lanjutan melalui google meet

Terima kasih anak-anak

Salam sehat. Jalankan protokol kesehatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *