MINGGU KE 4 MAPEL IPA KELAS 9Asd 9F

Assalamualaikum wr.wb.
Selamat siang selamat jumpa lagi dengan Pelajaran IPA.
Kali ini kita akan melanjutkan materi kelistrikan pada hewan. Untuk itu silakan berdoa dulu ..kemudian siapkan catatan untuk menulis hal hal yang penting.
B. Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Kelistrikan pada Sel Saraf
Setiap manusia memiliki sistem saraf yang dapat mengontrol seluruh aktifitas tubuh, contohnya gerak otot.
Sistem saraf terdiri atas sel sel saraf berfungsi untuk menerima, mengolah dan mengirim rangsangan yang diterima panca indra.
Hewan-Hewan Penghasil Listrik
a. Ikan Belalai Gajah
Ikan ini dilengkapi dengan organ khusus, yang disusun oleh ribuan sel electroplax pada bagian ekor yang mampu menghasilkan listrik statis bertegangan tinggi.
b. Ikan Pari Listrik
Ikan pari listrik mampu mengendalikan tegangan listrik yang ada pada tubuhnya.
c. Hiu Kepala Martil
Hiu kepala martil bisa menggunakan kemampuan mendeteksi sinyal listrik untuk mengetahui letak mangsa di bawah pasir, menghindari keberadaan predator, dan untuk mendeteksi arus laut yang bergerak sesuai medan magnet bumi.
d. Echidna
Echidna memiliki moncong memanjang yang berfungsi sebagai pengirim sinyal-sinyal listrik untuk menemukan serangga (mangsa).
e. Belut Listrik
belut listrik dapat menghasilkan kejutan tanpa lelah selama satu jam. Besarnya jumlah energi listrik yang dihasilkan diyakini dapat menyebabkan kematian pada manusia dewasa.
f. Lele Listrik
Lele air tawar yang berasal dari perairan tropis di Afrika ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik hingga sebesar 350 volt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *