BK Kelas 8 | MENYIKAPI PEMBELAJARAN ONLINE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DAN NEW NORMAL

Selamat siang anak-anak…..

Senang dapat bertemu kemabali dalam PJJ Bimbingan Konseling. Hari ini kita akan belajar tentang Menyikapi Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 dan New Normal

Bagaimana penjelasannya silahkan baca dan pelajari teks dibawah ini, dan jangan lupa diakhir pembahasan ada tugas yang harus kalian kerjakan.

MENYIKAPI PEMBELAJARAN ONLINE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DAN NEW NORMAL

Pembelajaran di sekolah merupakan upaya peningkatan pengetahuan dan skill. Sebagian besar siswa menganggap sekolah adalah kegiatan yang menyenangkan ,mereka bisa berinteraksi satu sama lain . Sekolah dapat meningkatkan ketrampilan sosial dan kesadaran kelas sosial siswa. Sekolah secara keseluruhan adalah mediasi interaksi antar siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan integensi, skill dan rasa kasih sayang diantara mereka tetapi sekarang kegiatan yang bernama sekolah terhenti tiba-tiba karena gangguan covid-19 . Sekolah memberikan solusi dengan pembelajaran DARING.

DARING merupakan singkatan dari dalam jaringan ,pengganti  kata online yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan tehnologi. Pembelajaran daring adalah pembelajaran tanpa sama sekali tatap muka, tetapi melalui platform yang tersedia . Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online ,dan tes secara online.

Permasalahan Pembelajaran Daring.  Permasalahan bisa dapat dilihat dari beberapa sudut pandang  :

  1. Dari bapakibu guru pengajar ,karena daring itu merupakan kegiatan yang secara tiba-tiba maka lebih banyak guru  yang belum menguasai tehnologi internet, apalagi untuk guru-guru yang akan masa purna tugas atau pensiun.
  2. Dari Siswa ,kalau dari siswa banyak hal yang sangat mempengaruhi siswa dapat mengikuti pembelajaran daring, bisa orang tuanya yang tidak memiliki handphone yang android, atau memiliki hanya satu digunakan orang tuanya untuk bekerja,  punya satu tapi digunakan juga bersama saudaranya yang juga pembelajaran  daring, punya handphone tetapi rusak, punya handphone tetapi tidak punya KOUTA. Paket data, juga sinyal internet yang tidak kuat. Itu dari segi sarana. Dari siswa sendiri yang tidak mempunyai daya juang ,mudah menyerah ,malas dll.

Bagaimana menyikapi pembelajaran daring di tengah pandemi cocid-19. Pembelajaran daring adalah hal yang wajib diikuti siswa, maka permasalah pada guru atau siswa harus diatasi. Cara mengatasi permasalahan pembelajaran daring :

  1. Untuk guru ,sekolah wajib mengadakan pelatihan–pelatihan yang ada hubungannya dengan pembelajaran daring. Pemerintah lewat kemendikbud telah memberikan kiriman kouta secara gratis untuk pembelajaran daring.
  2. Untuk siswa adanya pemberian handphone secara gratis kepada siswa yang tidak punya, meskipun jumlanya tidak sepadan dengan jumlah siswa dalam sekolah tersebut. Adanya kiriman KUOTA gratis dari kemendikbud untuk pembelajaran daring. Juga tidak boleh dilupakan untuk memotivasi siswa untuk selalu mengikuti pembelajaran daring, dengan cara kerjasama dengan orang tua untuk memotivasi anaknya lewat menfasilitasi hand phone yang ada KUOTAnya, hand phone yang tidak error,dll.

Demikian materi Menyikapi Pembelajaran Daring di tengah Pandemi Covid-19,Semoga bermanfaat.

TUGAS :

  1. Catat di buku tugas dipahami
  2. Kendala apa yang kalian hadapi ditengah pembelajaran Daring dan bagaimana kalian mengatasi (Kerjakan Di buku tugas )

Selamat mengerjakan dan ……

TETAP SEMANGAT  JANGAN LUPA JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN.

 

11 Comments
  1. Samuel setiawan
  2. OLYVIA PUTRI ARDANI
  3. Amelda Fatmawati
  4. Syifana Atika Mulya
  5. Kailla Safa rahmadita
  6. Muhammad Alfian
  7. Gading
  8. Azizah naila s.m
  9. Aninditya Setianingrum
  10. Kanira Jahrani Ranggadewani
  11. Radito Dimas p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *