MINGGU KE IV OKTOBER IPS KELAS VII A,B,C,D,E

Asalamualaikum

Tetap semangat ,kita lanjut materi IPS

Tolong materi tersebut di buat rangkuman ya di buku catatan atau buku tugas

Syarat terjadinya interaksi sosial

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Dalam proses interaksi sosial, terdapat syarat-syarat yang harus terpenuhi agar interaksi tersebut terjadi. Ada dua syarat utama terjadinya interkasi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi. Kontak berasal dari bahasa Latin yaitu cum atau con yang artinya bersama-sama, dan tango atau tangere yang artinya menyentuh. Jadi apabila diartikan secara harafiah maka kontak berarti bersama-sama menyentuh. Meskipun secara harafiah diartikan bersama-sama menyentuh, namun pada kenyataannya kontak yang terjadi tidak harus selalu bersentuhan. Kontak sosial terjadi ketika ada aksi dan reaksi antar pihak yang berkontak.

Kontak sosial menurut cara dan tingkatannya terbagi menjadi dua, yaitu kontak sosial primer dan kontak sosial sekunder. Kontak sosial primer adalah kontak sosial yang terjadi secara langsung bertatap muka, misalnya berbicara, saling menyapa, dan bersalaman. Kontak sosial sekunder merupakan kontak sosial yang terjadi melalui suatu perantara. Kontak sosial sekunder pun terbagi menjadi dua, yaitu sekunder langsung dan sekunder tidak langsung. Kontak sosial sekunder langsung terjadi ketika kedua pihak berkontak menggunakan media secara langsung, misalnya bertelepon atau video call.

Kontak sosial sekunder tidak langsung adalah kontak sosial yang terjadi ketika pihak yang berkontak menggunakan pihak ketiga untuk berinteraksi, atau berinteraksi menggunakan media namun tidak secara langsung berhubungan, misalnya saling mengirim surat. Menurut sifat atau bentuknya, kontak sosial terbagi menjadi kontak sosial negatif dan kontak sosial positif. Kontak sosial negatif merupakan kontak sosial yang mengarah ke pertentangan dan merusak hubungan yang telah ada, misalnya perkelahian. Kontak sosial positif adalah kontak sosial yang mengarah ke bentuk kerja sama dan memperkuat hubungan yang ada, misalnya kegiatan kerja bakti.

Syarat yang kedua dari interaksi sosial adalah komunikasi. Dalam komunikasi terjadi penyampaian dan pertukaran pesan. Dalam komunikasi, terdapat lima unsur di dalamnya yaitu komunikator (pihak yang menyampaikan pesan), komunikan (pihak yang menerima pesan), pesan, media, dan efek atau pengaruh dari pesan yang disampaikan.

Bentuk Interaksi Sosial

Menurut Gillin dan Gillin, terdapat dua bentuk interaksi sosial, yatu proses asosiatif dan proses disosiatif. Proses asosiatif merupakan bentuk proses sosial yang mengarah kepada kerja sama antar pihak, sedangkan proses disosiatif merupakan proses sosial yang mengarah kepada pertentangan antara pihak yang terlibat. Proses asosiatif terdiri dari kerja sama, akomodasi, dan asimilasi. Proses disosiatif terdiri dari persaingan, kontravensi, dan konflik.

Bentuk Interaksi Sosial Asosiatif

Kerja sama adalah salah satu bentuk proses asosiatif. Kerja sama terjadi apabila pihak yang yang memiliki suatu kepentingan bersama atau persamaan tujuan. Kerja sama juga sering disebut dengan istilah cooperation. Beberapa wujud kerja sama antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Koalisi, yaitu bergabungnya dua atau lebih organisasi yang memiliki kepentingan bersama. Contoh bentuk koalisi yang paling umum adalah gabungan beberapa partai politik dalam suatu koalisi untuk memenangkan pemilihan umum.
  2. Tawar-menawar atau bargaining, yaitu pelaksaan perjanjian tukar menukar barang atau jasa antara dua pihak atau lebih. Pada proses ini ada pertukaran sumber daya dalam bentuk tawar menarwa antar pihak guna mencapai kesepakatan bersama.
  3. Kooptasi, yaitu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam suatu sistem organisasi. Tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas internal organisasi.
  4. Joint venture, yaitu kerja sama yang umumnya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam proyek tertentu. Umumnya, tujuan dari joint venture adalah untuk meningkatkan pendapatan perusahaan yang bersangkutan.

 

51 Comments
  1. Dinda Alya Ramadhani
    • Gracia
    • Daffa ahmad bintoro
    • CLARISTA NUR ASYIFA
  2. Berlian rochel azara
  3. Wahyu Purbaningrum
  4. Herlangga Rahmawan
  5. Aila Rosalina
  6. Alinda tri hapsari
  7. Surya Adyatmayasa Widyadhana
  8. Ari prastyo
  9. elsha yunita listyaningkrum
  10. ayu vicka evachilya
  11. Ello prasetya
  12. Haney suci antaryksha
  13. Imam ferdiansyah
  14. DIMAS
  15. Miranda ira kirana
  16. AishaLutfhiyaKusumastuti
  17. Yuanita Eka Putri Nugraheni
  18. Destya Suci Nurochmah
  19. Fairuz Zacky Ilham Aldiansyah
  20. Sheilla Meilani Putri
  21. Aryaseta
  22. Roni hidayat
    • Roni hidayat
  23. Damma caraka sakuty
  24. Farchakamilatur-
  25. Edlyn
  26. Rian pratama
  27. Arista Putriya Ragil
  28. Kevin farras putra
  29. Ilham Pratama Mulyana
  30. Orien Juniar Saputri
  31. Azahra Agfi Salsabilla
  32. Ridwan Ilham Ramadhana
  33. Aqbal aldho widodo
  34. Rasyaad
  35. NAMA:MARIO MARDITYA SUYITNO
  36. Muhammad Arifin
  37. Erieq Adrian kelas 7b no absen 16
  38. Andjani
  39. Haya fauziyyah
  40. Sholahudin al ayyubi
  41. Nadine Noor Amanda Firyal
  42. Muhammad bagas nur alim
  43. Muhammad Abdurahman Khudori
  44. Livia Nabil Lathifah Maisun
  45. Kelvin ivo sandira
  46. Fauzan Zaidan Ghufron klas 7 A .no.20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *