MINGGU KE-13 ! MATEMATIKA KELAS 9A – D! TRANSLASI

Assalamu’alaikum anak-anakku yang soleh solehah dan hebat, selamat berjumpa lagi dengan bu Diana di pelajaran Matematika yang mudah dan menyenangkan. Semoga hari ini kalian sehat selalu.

Sebelum mengikuti pembelajaran hari ini jangan lupa membaca al fatihah dulu, berdoa semoga ilmu yang kalian peroleh bermanfaat dan barokah. Aamiin

Anak-anakku sayang, hari ini kita membahas tentang translasi. Apa itu translasi (pergeseran), dan bagaimana kita dapat menentukan hasil translasi suatu titik, mari kita bahas bersama. Silahkan kalian buka buku paketmu halaman 152 sampai dengan halaman 161!

Tujuan pembelajaranmu hari ini adalah setelah pembelajaran berakhir kalian dapat menjelaskan dan menentukan hasil translasi suatu titik pada bidang kartesius.

Anak-anakku yang hebat, pernahkah kamu menggeser meja dari suatu tempat ke tempat lainnya? Ketika kamu berhasil memindahkan meja tersebut maka posisi meja akan berubah dari posisi awal ke posisi akhir. Gerakan memindahkan meja tersebut merupakan salah satu contoh dari translasi (pergeseran)

Translasi merupakan salah satu jenis transformasi yang bertujuan untuk memindahkan semua titik suatu bangun dengan jarak dan arah yang sama. Translasi pada bidang kartesius dapat dilukis jika mengetahui arah dan seberapa jauh gambar bergerak secara mendatar dan atau vertikal. Untuk nilai yang sudah ditentukan a dan b yakni translasi  memindah setiap titik P (x,y) dari sebuah bangun pada bidang datar ke P ( x + a, y + b). Translasi dapat disimbolkan dengan ( x , y)  →   (x + a , y +b ).

  1. Perhatikan gambar !

Gambar di atas  menunjukkan segitiga ABC yang ditranslasikan 4 satuan ke kanan dan 3 satuan ke bawah. Hal ini dapat dinyatakan sebagai (x, y) → (x + 4, y – 3).

Koordinat bayangan hasil translasinya adalah……

A (–3, 1) → A’ (-3 + 4, 1 – 3) atau A’ (1, -2)

B (–1, 4) → B’ (-1 + 4, 4 – 3) atau B’ (3, 1)

C (–2, –1) → C’ (-2 + 4, -1 – 3) atau C’ (2, -4)

  • Jika suatu translasi (pergeseran) pada suatu benda dilakukan sepanjang garis horizontal/mendatar, maka translasi tersebut akan bernilai positif jika benda ditranslasikan ke arah kanan, dan bernilai negatif jika benda ditranslasikan ke arah kiri
  • Jika suatu translasi (pergeseran) pada suatu benda dilakukan sepanjang garis vertical/tegak, maka translasi tersebut akan bernilai positif jika benda ditranslasikan ke arah atas, dan bernilai negatif jika benda ditranslasikan ke arah bawah

Untuk mendapatkan hasil translasi suatu titik kita dapat menggambar titik tersebut kemudian menentukan bayangan titik setelah digeser dengan satuan tertentu, atau bisa juga dengan menjumlahkan koordinat titik itu dengan translasinya.

Tugas Pengetahuan dan Ketrampilan. Silahkan kerjakan di buku tugasmu!

Segitiga WAN berkoordinat di W(0, 1), A(1, -2) dan N(-2, 1). Gambarlah segitiga tersebut beserta bayangannya setelah translasi:

  1. 1 satuan ke kiri dan 5 satuan ke atas
  2. (x + 2), y + 4)
  3. 3 satuan ke kanan dan 3 satuan ke bawah
  4.   kemudian dicerminkan terhadap sumbu y

Sekian anak-anakku yang soleh solehah, kita bertemu lagi di pertemuan berikutnya membahas tentang Rotasi (Perputaran). Kalian bisa mengerjakan juga soal-soal yang ada di buku paketmu. Semoga tetap sehat dan bahagia selalu. Aamiin Allahumma Aamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

One Response
  1. TEGAR Taulani Firdhaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *