ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH
Semangat pagi semuanya…..semangat berjumpa lagi pada pertemuan Seni Budaya kelas 7 semester 1. Mari kita selalu bersyukur memohon petunjuk dari Allah agar selalu mendapatkan kebaikan dan kelancaran aamiin. Mari kita mengikuti pembelajaran ini dengan semangat ya…..
Mata Pelajaran : Seni Budaya Musik
Kelas : VII /Satu.
Hari : Kamis . 10 September 2020.
Materi : BAB .4. MEMAINKAN ALAT MUSIK SEDERHANA.
Tujuan Pembelajaran : sIswa mampu mengidentifikasi alat musik sederhana.
A. Musik Ansamble
Merupakan alat musik dalam permainan musik ansambel menurut fungsinya dapat dibagi 3 kelompok sebagi berikut
1. Kelompok alat musik Ritmis
Alat musik Ritmis
Alat musik Ritmis berfungsi untuk memberikan irama
Contoh alat musik yaitu Triangle. Gendang dan ketipung.
2. Kelompok alat musik melodis
Adalah alat musik yang berfungsi membawakan melodi suatu lagu. Alat musik ini memiliki tand=tanda sehingga dapat mengeluarkan rangkaian nada. Contohnalat musik melodis yaitu rebab dan mandolin
3. Kelompok Alat Musik Harmonis.
Adalah alat musik yang berfungsi sebgai pengiring dan dapat mengeluarkan paduan nada sekaligus. Alat musik HarmOnis sampek dan sasando.

B. Tehnik memainkan alat musik.
1. Musik Angklung
Adalah alat musik tradional yang berasal dari daerah Jawa Barat dan Banten Angkung telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya . Awalny angklung merupakan alat nusik yang digunakan untuk bunyi=bunyian berkaitan tentang panen padi dan upacara.
2. Musik Seruling Bambu
Alat musik seruling banbu juga berkembang seperti angklung . Di Sulawesi Selatan yaitu di Toraja dan di Sulawesi Utara seruling bamboo telah dipakai sebagai musik ansamble. , demikian juga di Nusa Tenggara Timur . Alat musik seruling dibedakan menjadi seruling pembawa melodi dan seruling pengiring . Seruling pengiring berfungsi sebagai akor dan bas.
Akor bunyi nada seruling terdiri
AKOR bunyi nada seruling terdiri dari tiga seruling . misalkan untuk akor C mayor berarti seruling satu bunyi nadanya C , Seruling dua bunyi nadanya E. dan seruling tiga bunyi nadanya G.
3. Sasando
Ada alat musik sasando berasal dari kabupaten Rotedau di Nusa Tenggara Timur. Yang sudah sukar dijumpai .Pakaian tenun Rote dan Trilangga topi khas Rose yang masih bisa dijumpai
Musik Sasando sekarang sudah dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk mengirini orang Bernyanyi.
4,Calung
Masyarakat banyak yang menyamakan calung cxengan angklung .karen amelihat bentuknya
Yang hampir sama ,namun sebenarnya jauh berbeda, karena alat ini cara membunyikan me
Mukul pada batang tersebut.
5,. Kolintang,cara membunyikanya dipul

Baiklah anak2 kita lihat video di bwah

Anak anak setelah  membelajaran seni budaya musik mari kita langsung mengikuti membelajaran kesenia Daerah sebagaian . Pembelajaran ini sebagai bahan untuk PTS.. langsung saja,,,

Mata Pelajaran : Kesenian Daerah.
Kelas : VII/ Satu.
Hari : Kamis , 10 September 2020
Materi : Seni Tari
Tujuan Pembelajaran : Siswa bisa mengidentifikasi pembagian Karakter pada Tari Gaya Surakarta.
A. PENGERTIAN
Kesenian adalah bagian dari kebudayaan ,karena kebudayaan sendiri meliputi segala perbuatan manusia yang terjadi atas faktor cipta, rasa dan Karsa. Seni adalah segala sesuatu yang mengandung unsur keindahan . Keindahan meliputi keindahan alam dan keindahan buatan manusia. Seni dalam arti luas meliputi wujud-wujud yang dibentuk / dibuat dengan memperhatikan Garapan medium. Tari adalah gerak anggota badan yang berirama dan indah. Dengan demikian gerak merupakan unsur utama dalam seni tari.
Menurut Beberapa Pakar Tari:
1. Drs.SD. HUMARDHANI
Seni tari adalah ungkapan bentuk gerak-gerak ekspresif yang indah dan ritmis.
2. Prof.DR.SOEDARSONO
Seni tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dalam gerak yang ritmis dan indah.
3. YULIANTI PARANI
Tari adalah gerak-gerak terlatih yang telah disusun dengan seksama untuk menyatakan laku dan tata rasa.
4. SUSANNE K LANGER
Bentuk ekspresif ialah bentuk yang diungkapkan manusia untuk dinikmati dengan rasa, sedangkan gerak ekspresif adalah gerak-gerak yang indah yang bisa menggetarkan perasaan manusia. Gerak yang indah adalah gerak yang distilir yang didalamnya mengandung ritme tertentu.
5. CORRIE HARTONG
Tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk dan ritmis dari badan di dalam ruang.

B. GERAK DASAR TARI GAYA SURAKARTA (RANTAYA)
Rantaya bersal dari kata paran (apa) dan taya (mataya,tari). Dalam sumber lain Rantaya berasal dari kata rante dan taya, yang artinya didalam rantaya ada sebuah Gerakan belajar berjalan, dalam istilah tari dinamakan Lumaksana.
Ada 3 unsur pokok pembelajaran tari jawa yaitu:
1. Wiraga : melatih untuk dapat melakukan dan menguasai bentuk gerak anggota badan.
2. Wirama : melatih kepekaan dan penguasaan gerak dengan iringan.
3. Wirasa : melatih diri dalam penguasaan karakter/watak tari.
Jenis rantaya dibagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Jenis Rantaya Putri
2. Jenis Rantaya Putra Alus
3. Jenis Rantaya Putra Gagah
Macam Gerak Rantaya Putri antara lain:
a. Trapsilantaya (Duduk Bersila)
b. Nikelwarti (Jengkeng)-sembahan (mangenjali)
c. Lumaksana Lembehan Kanan
d. Lumaksana Ridhong Sampur
e. Lumaksana Nayung
f. Lumaksana Keputren
g. Gerak penghubung : sindhet kiri (4 hitungan)
h. Gerak penghubung : ngigel (8 hitungan)
i. Gerak penghubung : sabetan (12 hitungan)
j. Gerak penghubung : srisig (4/8/12 hitungan, sesuai kebutuhan)

• Uraian gerak lumaksana lembehan kanan:
Dimulai dari gerak penghubung sindhet (gong)
Hitungan:
1-4 : debeg gejug kaki kanan, terus melangkah maju kaki kanan, tangan kiri trap cethik tangan kanan menthang kanan, tolehan ke kanan.
5-8 : debeg gejug kaki kiri, terus melangkah kaki kiri, tangan kiri trap cethik nyekithing, tangan kanan trap puser,tolehan ke kiri.
Diulang dari hitungan pertama menurut kebutuhan.
• Uraian gerak lumaksana ridhong sampur:
Dimulai dari gerak penghubung.

Anak anak untuk uraian sampai di sini dulu ya.. dan untuk lebih jelasnya mari kita simak video di bawah

 

Leave a Reply