MINGGU KE-9 PRAKARYA TIK KELAS 9 | MENGENAL EKSTENSI FILE GAMBAR

Selamat pagi anak-anak, materi hari ini adalah materi terakhir sebelum kalian melaksanakan PTS semester gasal. Untuk itu, perhatikan baik-baik materi yang bapak guru ajikan hari ini.

Banyak siswa masih belum memahami perbedaan JPEG,PNG, dan GIF. Ini penjelasannya.

Anda tentunya sering menyimpan gambar berformat JPEG, PNG, dan GIF, bukan? Ketiga format  gambar ini memang sering digunakan untuk menyimpan gambar Namun, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan JPEG, PNG, dan GIF. Masing-masing format memiliki karakteristik dan kelebihan tersendiri.

Perbedaan JPEG, PNG, dan GIF

Nah, inilah perbedaan JPEG, PNG, dan GIF yang perlu diketahui.

1. JPEG

  • JPEG (Joint Photographics Expert Group) yaitu format dengan  ekstensi file *.JPEG atau *.JPG. Format JPEG ini memiliki keunggulan tingkat kompresi tinggi dengan tetap mengusung warna 24 bit atau true color. Oleh karenanya, meskipun ukuran file kecil tampilan warnanya tetap akurat, sehingga kualitas gambar tetap terjaga.
  • Meski JPEG merupakan format standar kamera hp atau digital, sayangnya JPEG tidak mendukung transparansi. Ini artinya gambar tidak penuh melainkan memiliki latar belakang kotak putih.
  • Format JPEG paling sesuai untuk foto dan gambar dengan kompleksitas warna tinggi atau gradasi dengan perbedaan warna yang tipis, serta nuansa terang maupun gelap.

2.PNG

  • PNG (Portable Network Graphic) dengan ekstensi file *.PNG ini mampu menyimpan gambar yang memiliki transparansi atau gambar semi transparan.
  • Anda dapat memasukkan gambar PNG transparan ke dalam program lain, seperti Ms. Word tanpa background putih yang mengganggu seperti format JPEG.
  • Format PNG paling sesuai dipakai sebagai foto dan gambar dengan transparansi atau efek luntur.
  • PNG juga sangat tepat untuk menyimpan gambar bahan untuk membuat desain selanjutnya dengan ukuran file gambar berformat PNG yang lebih besar.

3. GIF

  • Graphic Interchange Format dengan ekstensi file *.GIF ini memiliki kelebihan yaitu sangat efisien untuk mengunggah gambar. Hal ini karena ukuran filenya kecil serta tidak memerlukan kapasitas besar di server.
  • Format GIF mendukung animasi atau gambar bergerak yang menarik dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.
  • GIF juga mendukung transparansi, tetapi tidak mendukung efek semi transparan atau tembus pandang.

Lalu kapan Anda menggunakan JPEG, PNG, atau GIF ini? Pastikan untuk memakai GIF untuk gambar animasi dan gambar sederhana yang tidak banyak gradasi warna. Hanya saja GIF ini hanya mampu menyimpan 256 warna saja, selain itu format GIF akan terlihat pecah. Selain GIF, tergantung situasi juga saat Anda memutuskan untuk memakai jenis file tertentu.

Nah, sudah jelas kan perbedaan JPEG, PNG, dan GIF? Jika Anda ingin belajar lebih jauh kunjungi situs primaindisoft.com untuk pembelajaran yang lebih seru dan interaktif ya?

 

source artikel *primaindisoft.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *