MATERI KE-4 PEMBAHASAN SOAL/KEGIATAN PIDATO PERSUASIF

Semangat pagi anak-anak !

Rongpulska : Tetap semangat, berprestasi, luar biasa….

Bagaimana kabar hari ini ?

Baik-baik saja dan sehat selalu kan….

Alhamdulillah semoga kita selalu sehat wal afiat.

Minggu yang lalu pada materi yang ketiga BAB 2 tentang Pidato Persuasif sudah disampaikan oleh Ibu Suwarni.

Masih ingat anak-anak….?

Pada pembelajaran kali ini Pak Jack akan membahas tentang kegiatan-kegiatan yang ada pada buku paket yang bisa kalian pelajari untuk menambah pengetahuan dan wawasan kalian dengan materi yang sudah kita selesaikan.

Masih semangat anak-anak….?

Kegiatan 2 : Mengidentifikasi Cara-Cara Memersuasi

  1. Pernyataan 1 termasuk persuasi logika, sebab disertai dengan pemikiran masuk akal, kata kuncinya si pembicara mengajak audiens memikirkan bahwa jutaan hewan kehilangan rumah akibat pohon yang ditebang.
  2. Pernyataan2 termasuk persuasi etika, sebab si pembicara menyampaikan pernyataan secara halus dan seperti menempatkan diri sebagai audiens juga, kata kuncinya kita paham, si pembicara seakan juga memahami seperti apa yang dipirkan oleh banyak orang.
  3. Pernyataan 3 termasuk persuasi emosi, sebab si pembicara secara langsung seperti menyampaikan juga perasaannya terhadap sesuatu hal yang akan timbul, kata kuncinya mencuri hak anak cucu kita dan ini tidak bermoral.
    Kegiatan 3 : Membuat Ungkapan Meyakinkan Berdasarkan Etika, Emosi, dan Logika
    1. Ungkapan Etika
    Kita harus benar-benar memahami bahwa tanaman atau pepohonan adalah salah satu sumber daya yang
    sangat memengaruhi kelangsungan hidup. Tidak hanya saat ini saja, tetapi juga di masa mendatang.
    2. Ungkapan Emosi
    Apakah terlalu sukar untuk menanam pohon?
    Kita telah hidup dengan sehat dengan adanya pepohonan saat ini>
    Bagaimana dengan anak cucu kita kelak?
    Sungguh tidak bijaksana jika kita menikmatinya saat ini, sedangkan anak cucu kita akan hidup dengan
    beraneka macam penyakit !
    3. Ungkapan Logika
    Mari kita pikirkan dengan baik masa depan anak cucu kita kelak.
    Saat ini banyak sekali penebangan liar dan penebangan tanpa menanam kembali, serta perluasan lahan
    dengan cara=cara yang merusak lingkungan dalam jangka waktu panjang. Jika kita meluangkan waktu dan
    ruang di halaman rumah kita untuk menanam pohon, maka kita telah berperan serta dalam menjaga
    kelangsungan hidup anak cucu kita kelak.
    Kegiatan 1 : Menyimpulkan Pidato Persuasif (halaman 39)
    Tema pidato : Pidato Kenegaraan Presiden RI
    Pembicara : Presiden RI Joko Widodo
    Waktu tayang/siar : 16 Agustus 2018, pukul 09.42 WIB siar di CNN
    Bentuk sapaan yang digunakan : Seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, ketua para wakil ketua dan para anggota MPR, wakil presiden Indonesia Bapak Haji Yusuf Kala beserta Ibu, ketua para wakil ketua dan para anggota lembaga-lembaga negara, para menteri kabinet kabinet kerja, yang saya hormati Bapak BJ Habibi, Ibu Hajah Megawati Sukarno Putri, Bapak Tri Sutrisno, Bapak Budiyono.
    Bentuk salam yang digunakan : Assalamu’alaikum warah matulahi wabarohkatu, Selamat pagi, Salam Sejahtera untuk kita semua, Om Shantiyastu, Nama budaya salam kebajikan.
    Rangkuman
    Pendahuluan : Hadirin yang berbahagia, Saudara-saudara sebangsa dan Setanah air. Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT Allah Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatNyalah kita dapat menghadiri Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
    Isi : Menghadirkan semangat keterbukaan dan akuntabilitas yang bertujuan meningkatkan kepercayaan dan kebutuhan rakyat kepada lembaga-lembaga negara dalam pelaksanaan tugasnya masing-masing sesuai amanat konstitusi.
    Penutup : Sebagai penutup pidato kenegaraan di depan Sidang Terhormat ini, saya mengajak kita semua yang diberi amanat oleh rakyat, yang sedang menanggung mandat dari rakyat, agr tetap teguh menjadikan kesejahteraan umum dan keadilan sosial sebagai haluan kerja kita, sebagai tujuan kerja bersama kita, demi terwujudnya Indonesia Raya. Maka dar Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, mari kita bersama-sama berseru : Dirgahayu Republik Indonesia !
    Dirgahayu Negeri Pancasila !
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh, Om Shanti Shanti Shanti Om, Namo Budhaya.
    Jakarta, 16 Agustus 2018
    Presiden RI
    Joko Widodo
    Jawaban halaman 44
    1. Ya
    2. Karena dia merasakan apa yang sedang dirasakan oleh mereka yang sedang kesulitan
    3. Sangat luar biasa
    4. “Bagaimana jadinya bumi ini bila kalian saja yang berkecukupan tidak mau membantu yang sedang
    kesulitan.”
    5. “Jika Anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti untuk merusaknya!”
    6. “Jika seorang anak yang berada di jalanan yang tidak memiliki apapun, bersedia untuk berbagi,
    mengapa kita yang memiliki segalanya masih begitu serakah?”
    7.”Saya menantang Anda. Cobalah untuk mewujudkan kata-kata tersebut.”
    Kegiatan 2 : Menulis Pidato Singkat
    Konsumsi BBM, Mau Hemat atau Boros ?
    Selamat pagi, Bapak, Ibu, dan Saudara-Saudara sekalian.
    Salah satu kebutuhan pokok kita dewasa ini adalah BBM atau bahan bakar minyak. BBM digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari transportasi hingga industri. Berkat BBM, kita dapat bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Namun, tidak dapat disangkal jika biaya yang kita keluarkan untuk membeli BBM cukup tinggi jika dibandingkan dengan pengeluaran sehari-hari lainnya. Tak jarang, jika ditotal, pengeluaran kita untuk membeli BBM dapat sama besarnya atau bahkan lebih besar dari pengeluaran kita untuk membeli bahan pokok.Jika dilihat dari segi ekonomi, memang hal ini tidak menguntungkan terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan bulanan terbatas. Salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan transportasi umum. Namun opsi ini belum dianggap menjanjikan bagi beberpa pihak. Kemacetan di jalan dan masalah kenyamanan menjadi 2 alasan utama orang-orang masih rela mengeluarkan dana besar untuk membeli BBM untuk kendaraan pribadi dibandingkan harus menggunakan transportasi publik.

    Pada akhirnya, memang jika kita ingin berhemat pengeluaran, menekan pengeluaran untuk membeli BBM adalah salah satu cara terbaik.
    Kegiatan 3 : Menulis Pidato Persuasif
    Jangan Buang Sampah Sembarangan
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Yang terhormat Bapak kepala sekolah,
    Bapak-Ibu guru, dan teman-teman yang berbahagia.
    Pertama-tama marilak kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan nikmat sehat kepada kita semua. Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Jangan Buang Sampah Sembarangan.

    Kita semua tentu tahu pepatah yang mengatakan kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu, kita harus menjaga kebersihan di sekitar kita dan di manapun kita berada. Kita bisa melakukan hal-hal dari yang sederhana, seperti membuang sampah pada tempatnya.

    Mengapa membuang sampah pada tempatnya masih sulit dilakukan meskipun ini merupakan hal yang sangat mudan? Karena sebagian dari kita masih cenderung menyepelekan sampah, menganggap tidak ada dampak buruk dari sampah kecil yang kita buang. Padahal dari sampah-sampah kecil tersebut dapat memberikan dampak buruk yang sangat besar.

    Oleh sebab itu, marilah kita buang sampah pada tempatnya. Kalian tahu dampak apa yang timbul jika kita membuang sampah sembarangan? Saat musim hujan, pintu-pintu air akan dipenuhi oleh tumpukan sampah kita, menyebabkan air sungai meluap dan menyebabkan banjir. Sampah yang kita buang sembarangan juga akan menyumbat aliran-aliran air pada selokan di sekitar rumah maupun sekolah kita.
    Maka apa yang terjadi selanjutnya?
    Kita juga lah yang akan menanggung dampak dari perbuatan yang kita lakukan. Maka dari itu, kita perlu berhenti berfikir bahwa masalah sampah itu bukan masalah kita. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berdampak buruk yang datang secara langsung kepada kita. Sehingga, marilah kita sama-sama memulai memaksakan diri untuk menjaga kebersihan di lingkungan kita dan juga di sekitar rumah kita.

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi pengingat bagi kita semua.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Selamat belajar dan tetap semangat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *