MINGGU KE-9 BAHASA INDONESIA KELAS IXABCDEF MENUANGKAN GAGASAN DALAM PIDATO PERSUASIF

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb.
selamat pagi anak-anak. Semoga anak-anak masih semangat walau pembelajaran dari jarak jauh. Mari kita berdoa agar covid-19 ini segera berakhir. Aamiin. Anak-anak pada pertemuan hari ini kita masih belajar BAB II yaitu pidato persuasif. Materi kita kali ini adalah menuangkan gagasan,pikiran,arahan,atau pesan dalam pidato persuasif.

MATERI TEKS PIDATO MENUANGKAN GAGASAN,PIKIRAN,ARAHAN,ATAU PESAN
DALAM TEKS PIDATO PERSUASIF
A. Menyusun teks pidato persuasif
Kerangka pidato persuasif secara umum terdiri-dari tiga bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.
Kerangka pidato secara khusus terdiri dari 2 bagian
a. Kerangka dasar : kerangka ini dibuat sebelum pencarian bahan-bahan dimulai dengan menentukan beberapa pokok yang akan dibicarakan
b. Kerangka terperinci : kerangka yang dibuat setelah semua bahan terkumpul
Adapun dalam menyusun naskah pidato peruasif harus memperhatikan sbb.
1. Poin-poin yang yang harus ada dalam teks pidato persusif , meliputi :
a. Pembukaan dengan salam pembuka
b. Pendahuluan yang menggambarkan isi
c. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, dan langkah-langkah
d. Penutup : kesimpulan,harapan,pesan,salam penutup
2. Langkah menyusun naskah pidato peruasif, meliputi :
a. Menentukan topik
b. Menganalisis pendengar : usia, agama, pendidikan, bahasa,pekerjaan,dll
c. Menyusun kerangka pidato
d. Menyunting naskah pidato :
1.kelengkapan isi : urutan penyajian, temanya mengandung /hal sensitif atau tidak.
2.kebahasaan : penggunaan bahasa dan tata bahasanya
3.pilihan kata / diksi
4.struktur kalimat
5. kepaduan paragraf
e. Mengadakan latihan dengan nyaring / jelas :
1.artikulasi/ucapan/lafal
2.jeda : titik ( /) dan koma (// ) : pembeda arti :
a. Bu Ani / pergi //
b. Bu / Ani pergi //
3.intonasi : lagu kalimat :
a. kalimat berita
b. kalimat tanya
c. kalimat perintah

4.ekspresi : gerak – gerik wajah dan tangan
5.volume suara
TUGAS MINGGU KE-9 BAHASA INDONESIA
BUATLAH NASKAH PIDATO ATAU VIDEO BERPIDATO DENGAN KETENTUAN:
1. TEMA BEBAS
2. STRUKTUR LENGKAP,URUT
3. BAHASA SOPAN
4. JIKA MEMILIH TUGASNYA BERUPA TEKS DITULIS DI BUKU TUGAS DIKUMPULKAN ORANG TUA KE SEKOLAH SESUAI JADWAL
5. JIKAMEMILIH BERUPA VIDEO DIKIRIM KE WA BU WARNI : 085 701 151 151
6. PAHAM ANAK-ANAK.
7. SELAMAT MENGERJAKAN !

Anak – anak berikut ini contoh naskah pidato. Tolong dibaca dan dicermati ! OK !

PIDATO PERSUASIF
NARKOBA PERUSAK GENERASI PENERUS BANGSA
Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang saya hormati Kepala SMP Negeri 20 Surakarta
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 20 Surakarta
Yang saya hormati Karyawan/Karyawati SMP Negeri 20 Surakarta
Dan tak lupa anak-anakku kelas VII, VIII, dan IX yang saya sayangi dan saya banggakan.
Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat dan hidayah-Nya yang diberikan kepada kita sehingga kita dapat mengikuti kegiatan apel di halaman SMP Negeri 20 dalam keadaan sehat wal afiat.
Peserta apel yang berbahagia,
Dalam kesempatan ini izinkanlah saya akan menyampaikan pidato yang berjudul Narkoba Perusak Generasi Penerus Bangsa.
Peserta apel yang berbahagia ,
Tak dapat kita pungkiri seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang demikian pesatnya , bagaikan tumbuhnya jamur di musim penghujan, baik di bidang sarana transportasi maupun komunikasi ternyata mampu menjadikan dunia terasa semakin sempit . Karena dunia telah dipenuhi dengan membanjirnya informasi yang datang dari pelosok tanah air bahkan dari penjuru dunia yang selau mengisi dan memenuhi kejadian sehari-hari . Berbagai variasi berita seperti tindakan asusila, kriminalitas, penyalahgunaan narkoba, mabuk-mabukan, tawuran anta kelompok masyarakat dan tindakan amoral yang semakin merajalela, serta hal-hal yang mampu merendahkan harkat dan martabat manusia. Berita itulah yang sering kita jumpai dalam media massa , baik media cetak maupun elektronik. Kondisi ini sangat menyedihkan dan memprihatinkan keadaan masyarakat Indonesia dewasa ini . Mungkinkah bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang berkepribadian dan berwawasan maju ? Kiranya tidak bisa terwujud . Riset membuktikan bahwa pelakunya kebanyakan dari kaum muda dan sebagian besar dari anak-anak yang masih dalam taraf usia sekolah. Padahal kita tahu, bahwa pemuda merupakan generasi penerus suatu bangsa . Mau dibawa kemana bangsa tercinta ini ? Itulah pertanyaan yang sering datang dipikiran para orang tua.
Dunia remaja adalah dunia yang penuh misteri dan romantika,penuh dengan gejolak dan problema . Mereka masih mencari jati diri dan idola yang belum pasti. Berpikir pendek dan penuh emosi, mudah terpengaruh oleh arus yang menyesatkan. Mereka mudah ditantang tanpa melihat manfaat dan keburukannya. Mudah lari begitu saja jika mendapatkan problema dan frustasi dengan jalan pintas yakni ke dalam obat-obatan terlarang .
Mereka merasa bahwa dengan jalan itu masalah akan terselesaikan. Mereka hanyut dan terlena didalamnya , sehingga sangat bergantung pada barang-barang terkutuk tersebut.
Sampai-sampai mengonsumsinya untuk dijadikan teman dan kebutuhan hidupnya. Hal ini akan sangat membahayakan dan menghancurkan masa depan para generasi muda. Sehingga tujuan Pembangunan Nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya mampu menjadikan manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Mahaesa serta berbudi pekerti yang luhur secara lahir batin sulit terwujud.
Nah, faktor-faktor apa saja yang menjadikan penyebab masalah-masalah sosial tersebut, antara lain :
1. Kondisi orang tua
Banyaknya orang tua yang terlalu sibuk ,mereka hanya mengejar duniawi dengan alasan karena tuntutan hidup dan kehidupan yang semakin sulit dan kerasnya . Mereka memunyai prinsip bahwa dengan materi kebahagiaan anak akan dapat terjamin. Kurangnya komunikasi dua arah antara orang tua dan anak, padahal dengan komunikasi secara langsung akan dapat melihat sendiri perkembangan kepribadian putra – putrinya. Di samping itu perlu juga adanya perhatian dan keharmonisan dalam lingkup keluarga.
2. Adanya pergaulan yang bebas
Semakin maraknya budaya barat yang begitu mudahnya masuk dengan bebas tanpa ada seleksi yang ketat dari pihak yang berwenang. Hal ini mampu menciptakan pergaulan bebas para remaja . Bila tidak ada penyaringan dan seleksi hanya mengutamakan komersil, bisnis, serta materi, maka tunggulah kehancuran negara tercinta kita ini. Para pemuda terutama remaja sangat menggandrungi budaya barat sehingga mereka mengidolakan baik tingkah laku, gaya hidup maupun tradisinya. Dengan alasan yang gaul dikitlah, sok funkylah, yang trendylah, modislah dan modern. Mereka tidak mau dikatakan lebay, alay, kuna , dan ketinggalan zaman.
3. Frustasi
Anak muda sekarang sering kali mengalami berbagai problematika, yang masalah diputus sama pacarnya, masalah sama orang tualah, dll. Mereka berpikir bahwa dengan lari ke narkoba masalah akan terselesaikan. Justru sebaliknya yang akan terjadi, masalah akan bertambah. Kita tahu bahwa narkoba sangat membahayakan kondisi remaja sekarang ini, yang akan mengakibatkan bisa merusaknya akal pikiran remaja tersebut. Mereka akan terbuai dan terlena dalam kesenangan sesaat, fisik pun akan semakin rusak, juga dapat merusak generasi penerus dan mentalnya. Betapa sangat bodohnya para pecandu narkoba tersebut. Bagaimana mereka akan menyayangi orang lain, sedangkan dengan dirinya sendiri mereka tidak menyayangi. Itulah hal yang mustahil !
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut .
1. Peran keluarga
Keharmonisan keluarga adalah faktor yang paling tepat untuk membentuk citra mental pribadi anak. Sesibuk-sibuk apa pun orang tua hendaklah mampu untuk meluangkan waktunya buat anak-anaknya. Janganlah harta menjadi sarana dan teman yang utama bagi anak-anak.
2. Peran sekolah
Sekolah atau instansi-instansi pendidikan lainnya merupakan wahana yang paling strategis dalam membantu anak di bidang pendidikan dan penanaman nilai-nilai budaya
3. Peran masyarakat
Lingkungan masyarakat adalah tempat pergaulan para pemuda. Dalam hal ini terutama para tokoh masyarakat harus selektif dalam menampilkan kegiatan-kegiatan , pilihlah kegiatan yang positif dan bermanfaat sesuai dengan bakat dan minatnya.
4. Yang terakhir pondasi agama yang paling kuat.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan . Kita memang harus dapat memilah dan memilih informasi yang kita terima agar kehidupan generasi penerus menjadi generasi emas yang dibanggakan semua orang. Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas partisipasi peserta apel hari ini. Juga selama saya berpidato ada kata-kata dan sikap yang kurang berkenan mohon untuk dimaafkan.Semoga bermanfaat. Akhir kata. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Anak-anak supaya lebih jelas bisa membuka Video di bawah ini !

 

One Response
  1. Hilmi Aziz Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *