Pergaulan bebas adalah  salah satu bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas kewajiban, tuntutan,aturan, syarat,dan perasaan malu. Pengertian pergaulan bebas di ambil dari kata Pergaulan  yang artinya proses interaksi antar individu atau individu dengan kelompok, sedang kata Bebas yang artinya terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama, dan pancasila.

Pergaulan bebas menurut agama, pengertian pergaulan bebas menurut agama adalah proses dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan. Pergaulan bebas tertuang dalam surah An-Nur ayat 30-31 bahwa hendaknya kita menjaga pandangan mata dalam bergaul.

Beberapa sebab remaja melakukan pergaulan bebas yaitu sikap mental yang tidak sehat, pelampiasan rasa kecewa terhadap keluarga yang tidak harmonis,  kegagalan remaja menyerap norma-norma agama dan norma-norma pancasila.

Ciri-Ciri pergaulan bebas dikalangan remaja yaitu:

  1. Terjerat dalam pesta hura-hura.
  2. Mabuk-mabukan dan menggunakan obat-obat terlarang (narkoba).
  3. Perilaku yang tidak baik.
  4. Menggunakan pakaian terbuka.

Faktor penyebab pergaulan bebas di kalangan remaja yaitu:

  1. Rendahnya taraf pendidikan keluarga, seperti keluarga yang mengizinkan sang anak berpacaran tanpa ada pengawasan yang menyebabkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.
  2. Orang tua yang kurang memperhatikan pergaulan anak, orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga anak tidak bisa diperhatikan dengan maksimal.
  3. Kurang berhati-hati dalam berteman, contohnya teman menuntun kita kearah yang negative, terjadi karena berteman dengan orang yang tidak baik.
  4. Keadaan ekonomi keluarga, contohnya anak yang putus sekolah karena ekonomi keluarga yang rendah membuat perilaku sang anak  menjadi tambah parah.

Dampak dari pergaulan bebas memberikan pengaruh besar bagi diri sendiri, orang tua, dan negara. Seperti ketergantungan obat-obatan terlarang, menurunnya tingkat kesehatan, meningkatnya kriminalitas, meregangkan hubungan keluarga, meyebarkan penyakit, menurunnya prestasi belajar, berdosa.

Demikian PJJ ke-7 ini saya sampaikan, Ingat-ingat… Rajin  belajar dan berdo’a ingat pula untuk Presensi di kolom comment ya…

Terima kasih….Salam Semangat dan Sehat !!!

37 Replies to “MINGGU KE-7 PJJ PJOK KELAS 8A-8E | PERGAULAN BEBAS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *