Minggu Ke-7 IPS Kelas 8A-F Interaksi Antar Negara ASEAN

Assalamualaiku wr.wb

Selamat pagi anak-anak, tetap sehat dan tetap semangat ya!

Setelah kita ulangan dan pembahasan soal pada minggu kemarin, hari ini kita akan melanjutkan materi kita. Untuk pertemuan ini ibu akan menyampaikan tentang Interaksi antar negara-negara anggota ASEAN. Ibu berharap kalian memperhatikan dengan baik!

Pada pertemuan sebelumnya sudah ibu sampaikan bahwa Berdirinya ASEAN dilatarbelakangi oleh beberapa persamaan yang dimiliki oleh negara-negara Asia Tenggara, diantaranya persamaan geografis, persamaan budaya, persamaan nasib sebagai negara yang pernah dijajah kecuali Thailand dan persamaan kepentingan. Oleh karena itu negara-negara yang tergabung dalam ASEAN saling berinteraksi dan kerjasama.

Faktor Pendorong Kerjasama :

  1. Kesamaan dan Perbedaan Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam yang sama akan pada beberapa negara dapat menjadikan pendorong kerjasama contohnya : OPEC (kerjasama negara-negara penghasil Minyak)

Selain itu, negara-negara dengan Sumber Daya Alam yang berbeda juga akan saling bekerjasama agar dapat memenuhi kebutuhannya masing-masing. Contohnya : Singapura bekerjasama dengan Indonesia agar dapat membeli batu bara dari Indonesia

  1. Kesamaan Wilayah

Negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara saling berdekatan satu sama lain, Agar stabilitas masing-masing negara dapat terjaga maka perlu dijalin kerja sama yang baik dan terus menerus.

  1. Letak Kawasan yang Strategis

Kawasan Asia Tenggara menjadi jalur lalu lintas yang sangat ramai karena posisinya yang sangat strategis, ada sisi positifnya yaitu mempercepat perkembangan disegala bidang kehidupan. Adapun sisi negatifnya terjadi berbagai konflik akibat perbedaan kepentingan dari masing-masing negara.

  1. Perbedaan Iklim dan Kesuburan Tanah

Negara-negara dengan iklim dan kesuburan tanah yang berbeda akan saling bekerja sama untuk dapat memenuhi kebutuhan masing-masing.

  1. Kesamaan Ideologi

Negara-negara yang memiliki kesamaan ideologi dapat terdorong untuk melakukan kerjasama, contohnya : NATO (terbentuk karena kesamaan ideologi liberalisme dan kapitalisme di negara-negara eropa)

  1. Kesamaan Nasib dan Sejarah

Seluruh negara-negara dikawasan Asia Tenggara merasakan penderitaan akibat penjajahan bangsa lain (kecuali Thailand) dan negara-negara Asia Tenggara merupakan negara yang berkembang (kecuali Singapura) dan negara-negara di Asia Tenggara mempunyai hubungan yang baik satu dengan yang lainnya.

  1. Perbedaan Teknologi

Negara-negara dengan kemampuan Teknologi yang berbeda-beda akan saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhannya.

  1. Terbatasnya kemampuan Negara dalam Memproduksi Barang dan Jasa

Barang dan Jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan negara sangatlah beragam, sedangkan kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan itu sangatlah terbatas, maka diperlukan kerja sama dengan negara lain untuk melakukan perdagangan.

  1. Tuntutan Era Globalisasi

Era globalisasi menyebabkan tidak ada satupun negara di dunia yang dapat hidup sendiri. Setiap negara terintegrasi satu sama lain, Globalisasi harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kerjasama ekonomi.

  1. Keinginan meningkatkan Pendapatan Negara

Setiap kerja sama ekonomi yang dijalankan setiap negara pada dasarnya dilandasi keinginan untuk memperoleh keuntungan, Bentuk Keuntungan misalnya pemasukan Devisa Negara dari kegiatan Ekspor.

  1. Keinginan membuka Kerjasama

Selain keuntungan yang bersifat ekonomi , ada juga yang berupa non ekonomi misalnya kerjasama dibidang politik dan dukungan dari negara lain.

Untuk Lebih Jelasnya, Kalian Perhatikan dengan baik Video dari Bu Endah Berikut ini !

Demikian anak-anak, faktor pendorong kerjasama antar negara-negara Asean, untuk pertemuan berikutnya akan ibu sampaikan faktor Penghambatnya.

Terimakasih Kalian sudah memperhatikan, Tetap sehat, tetap semangat, dan tetap belajar ya !!!

Assalamualaikum Wr. Wb.

35 Comments
  1. Fransiska a.f
    • Virgin
  2. Revana Meilany
  3. Azizah naila sekar maharani
  4. Annisa nur
  5. Alicia
  6. Adelia Meylawati Irawan
  7. lunna
  8. Shafa Alya E.P
  9. Dufi Putra Al Khairy
  10. Diana
  11. nathania
  12. Alexandria maharani
  13. Hisyam Fadhil ilyasa
  14. Hisyam Fadhil
  15. AMELDA FATMAWATI.
  16. Syifana
  17. Delviana
  18. Naura Fadila H.M
  19. Arba
  20. Riky Ardana Satia
  21. Roland Dita
  22. Febri Fajar Herlambang
  23. M ARUN AR RIZKY
  24. Kanira Jahrani Ranggadewani
  25. Fauzi Zaidan Ghufron
  26. Kailla safa rahmadita
  27. Elaaaaaa
  28. Salma
  29. Adi Nugraha
  30. Fadil Abdilah Mu'izz
  31. Radito Dimas p
  32. Yunita Elliana prasetyani
  33. Mahesti Elita Damayanti
  34. Intan Dwi Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *