MINGGU KE-6 IPS KELAS 9 | BENUA AUSTRALIA

Pertemuan Minggu Ke-6
Materi : Benua Australia
Pengampu : Aster Oktori Teviani

Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi anak-anak, hari ini kita belajar materi Benua Australia

BENUA AUSTRALIA
Benua Australia disebut juga brnua baru karena baru ditemukan beberapa ratus tahun lalu oleh para penjelajah dari Eropa. Benua Australia juga merupakan benua negara atau negara benua karena wilayahnya hanya dukuasai oleh satu negara yaitu Australia.

Australia berasal dari kata australis dalam bahasa latin artinya selatan. Benua Australia ditemukan oleh tiga penjelajah yang datang secara bergantian. Pertama tahun 1606 Wilhelm Jansz seorang pelaut dari Belanda yang mendarat di teluk ujung utara Australia yang diberi nama Teluk Carpentaria. Kedua, tahun 1644 seorang pelaut asal Belanda yang bernama Abel Tasman yang mendarat di dua pulau yaitu pulau Tasmania dan pulau Selandia Baru. Ketiga James Cook seorang pelaut asal Inggris tahun 1770 mendarat di daerah pantai timur Ausralia.

Benua Australia merupakan benua terkecil dengan luas 8.945.000 km2. Secara astronomis terletak antara 10°LS-43°LS dan 113°BT-155°BT. Benua Australia memiliki batas-batas wilayah :

  • sebelah barat : Laut Timor, Laut arafuru, Selat Tores
  • sebelah timur : Samudera Pasifik
  • sebelah barat dan selatan : samudera Hindia

Benua Australia terbagi menjadi 6 negara bagian dan 2 wilayah teritorial (wilayah hukum). Negara bagian di Australia antara lain New South Wales, Queensland, Victoria, Australia Selatan, Australia Barat, dan Australia Utara, sedangakan wilayah teritorialnya yaitu Tasmania dan Daerah Khusus Ibukota Australia.

Kondisi fisik Benua Australia secara geologis terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Bagian timur, merupakan barisan pegunungan yang menjang dari Tanjung York di utara sampai Pulau Tasmania, yang disebut sebagai Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range)
  • Bagian barat, merupakan dataran tinggi (plato) yang dijuluki “perisai Australia”. Sebagian besar wilayah barat dan tengah berupa gurun pasir, yaitu Gurun Victoria dan Gurun Gibson
  • Daerah antara Barisan Pegunungan Timur dan Pegunungan Plato Barat terdapat lembah Murray-Darling dan dataran rendah Danau Eyre (danau terbesar di Australia)

Kondisi iklim di benua Australia sebagai berikut :

  • Bagian utara beriklim tropis dengan musim hujan pada bulan Oktober-April, dan musim kemarau April-Oktober.
  • Bagian barat, tengah, dan selatan beriklim gurun bersifat kering dengan perbedaan suhu yang besar antara siang dan malam
  • Pantai selatan Victoria dan Pulau Tasmania beriklim laut sedang yang dipengaruhi angin barat
  • Pantai Timur Australia beriklim laut yang dipengaruhi oleh angin pasat tenggara

Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak video berikut ini :

Setelah menyimah dan memahami materi tentang Benua Australia, jangan lupa segera kerjakan tugas yang terdapat di akhir video di atas dikerjakan di buku tugas sebagai tugas ke 5.

Demikian pelajaran IPS hari ini, selamat mengerjakan, dan tetap jaga kesehatan…

wassalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

One Response
  1. TEGAR Taulani Firdhaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *