Materi ke-3 Bahasa Indonesia Kelas 9

Semangat pagi anak-anak !
Rongpulska : Tetap Semangat, Berprestasi, Luar biasa….
Bagaimana kabar hari ini ?
Baik-baik saja dan sehat selalu kan….
Alhamdulillah semoga kita selalu sehat wal afiat.
Minggu yang lalu pada materi ketiga tentang Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Percobaan sudah disampaikan oleh Ibu Suwarni. Pada hari ini Pak Jack akan membahas tugas/kegiatannya yang terdapat pada buku paket bahasa Indonesia kelas 9.
Masih semangat anak-anak….?
Kalian buka buku paket halaman 21
Kegiatan 1 : Mencermati Struktur Teks Laporan
1. Pernyataan umumnya sudah jelas mengklasifikasikan venus yaitu sebagai sebuah planet
2. Kosa kata teknis yang digunakan untuk menjelaskan venus contohnya yaitu planet, rotasi, petir, dll.
3. Kata yang menggambarkan proses yaitu mengedari, sedangkan kata yang menggambarkan aksi yaitu       berotasi.
4. Cara mengurutkan gambaran tentang venus, menurut saya belum baik                                                          5. Saran saya yaitu pengurutan venus sebaiknya dilakukan dengan menempatkan informasi kondisi               langit venus setelah warna planet tersebut.
KELELAWAR
1. Pernyataan umum teks kelelawar dikembangkan dengan pola deskripsi objek, sementara teks venus dengan pola definisi.
2. Uraian teks kelelawar dibagi dengan cukup mendetil yakni ke dalam penampilan fisik, kebiasaan, kemampuan, serta kemampuan berkembang biak.
3. Naktural adalah hewan yang lebih aktif pada malam hari, sementara pupi adalah bagian organ mata tempat cahaya masuk menuju retina.
4. Di daerah saya, tidak terdapat kelelawar khas
5. Kampret adalah istilah yang merujuk pada anak kelelawar
6. Ada hubungan kata Pekalongan dengan kata kalong.

Kata Pekalongan dipercaya berasal dari istilah ‘tapa ngalong’ yang dilakukan oleh Bau Rekso, salah          seorang pahlawan kerajaan Majapahit yang berasal dari wilayah yang kini dikenal dengan nama     Pekalongan

RANTAI MAKANAN DI ANTARTIKA
1. Pernyataan umum teks kelelawar menggunakan pola deskripsi, sementara teks rantai makanan di             Antartika menggunakan pola spasial.
2. Pendeskripsian kedua teks tersebut terutama berbeda dari obyek yang dideskripsikan. Teks kelelawar       lebih berpaku pada ciri-ciri dan jenis kelelawar, sementara teks rantai makanan di Antartika lebih             menjabarkan obyek pengisi rantai makanan itu sendiri.
3. Primer (artinya utama), sekunder (artinya kedua atau tingkat dua), dan predator (artinya pemangsa)
4. Di dekat rumahku terdapat sebuah selokan. Selokan tersebut cukup kecil, lebarnya hanya sekitar 30          cm. Tadi pagi, aku dan kakak membersihkan selokan tersebut karena sempat terlihat kotor.
Kini, selokan tersebut tampak bersih dan beberapa ikan mulai berenang melintasi selokan tersebut.              Kegiatan 2 : Bahasa Teks Laporan
Ciri-ciri kebahasaan teks laporan percobaan (Sudah disampaikan oleh Bu Suwarni)
Kegiatan 3 : Latihan Kebahasaan (Halaman 25)
(1) Berikan pernyataan umum dari kata-kata berikut !
Pernyataan Umum : Bagian-Bagian Bunga
Informasi/Khusus  :
Tangkai induk bunga, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai,
kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.
Pernyataan Umum : Bagian-Bagian Handphone atau telepon genggam
Informasi/Khusus  : Mikrofon, speaker, keypad, layar layang, baterai, codec, digital signal processor,
GSM, SIM, radio frekuensi, konektor luar, antena, memori internal, dan sd card.      Pernyataan Umum : Rantai Makanan
Informasi/Khusus  : Padi, belalang, katak, kadal, burung gelatik, tikus, ular, dan elang.
(2)Isilah titik-titik berikut dengan kata tugas yang tepat !
Paragraf 1 ( jika, tetapi, dengan )
Paragraf 2 ( Pada hal, dengan )
Paragraf 3 ( jika )
Paragraf 4 ( Bahkan, juga )
Paragraf 6 ( karena, karena )
Paragraf 7 ( Tetapi )
Paragraf 8 ( dan )
Paragraf 9 ( Apalagi )
Paragraf 10 ( jika, maka, dan, jadi )
D. Menyajikan Laporan Percobaan ( Lihat materi yang sudah disampaikan oleh Bu Suwarni dengan
tugas membuat teks laporan percobaan )

One Response
  1. Alma Wisnu suseno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *