MINGGU KE-5 IPS KELAS 9 | BENUA AFRIKA

Pertemuan Minggu ke 5

Materi : Benua Afrika

Pengampu : Aster Oktori Teviani

Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Selamat pagi anak-anak, hari ini kita akan belajar materi Benua Afrika.

BENUA AFRIKA

Benua Afrika disebut juga benua hitam, karena sebagian penduduknya merupakan ras kulit hitam (suku bangsa negro)

Letak astronomis benua afrika  diantara 35°LU – 34°LS dan 17°BB – 52°BT, sedangkan secara geografisnya sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah, sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik, dan sebelah timur berbatasan dengan Samudera Hindia.

Benua Afrika merupakan benua terluas ketiga setelah benua Asia dan Benua Amerika, luasnya mencapai 30.290.000 km², terbagi menjadi 5 wilayah, yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Timur, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Sebagian besar wilayah Benua Afrika termasuk iklim tropis, bagian utara dan bagian selatan beriklim sub tropis, iklim gurun, iklim pegunungan, dan iklim mediterania. Kondisi geologis Benua Afrika berupa pegunungan, plato, lembah, ledok/basin, dan dataran pantai. Bentang alam di Benua Afrika antara lain gunung Kilimanjaro (gunung tertinggi di Benua Afrika), gurun Sahara dan Gurun Libya di bagian utara, gurun Kalahari di Afrika bagian selatan, Sungai Nil (Sungai terpanjang di dunia) dan Danau Victoria (danau terluas di Benua Afrika).

Untuk lebih jelasnya silhkan kalian simak video pembelajaran tentang Benua Afrika berikut ini :

Jangan lupa setelah menyimak video, segera kalian kerjakan pertanyaan (tugas) yang terdapat di video tersebut di buku tugas sebagai tugas ke-5.

Selamat belajar anak-anak, tetap jaga kesehatan,

Wassalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *