Minggu Ke 4 BK Kelas 9 | Belajar yang Efektif dan Efisien

Selamat pagiii….

Jumpa kembali dalam kelas Bimbingan dan Konseling. Saat ini kita belajar dengan topik Belajar yang efektif dan efisien

Bidang pendidkan juga terdampak covid-19, karena sekolah merupakan klaster yang mudah menularkan virus covid-19. Sekolah di mana anak-anak berkumpul tanpa memikirkan jarak sehingga memudahkan penularan virus tersebut.

Pembelajaran tetap harus berlangsung agar anak-anak tidak tertinggal. Maka ditempuhlah pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ adalah terobosan baru bagi kelangsungan pembelajaran dimasa pandemi sekarang ini. Semua harus berubah baik tenaga pendidik (guru) maupun peserta didik. Perubahan ilmu teknologi dan informatika membantu kelangsungan pembelajaran di dunia pendidikan melalui media online (daring).

Pembelajaran jarak jauh adalah alternatif pilihan yang kita gunakan untuk kelangsungan pembelajaran ditahun pelajaran 2020/2021 ini khususnya semester ganjil. PJJ diambil karena sekolah tidak dimungkinkan masuk karena jumlah siswa yang tidak menjaga jarak

Cara cerdas hemat biaya

Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini kita menggunakan jaringan internet. Penggunaan internet membutuhkan biaya baik itu langganan wifi, beli kuota atau paketan dst. Banyak orang tua mengeluh mengenai biaya atau beban tambahan yang dikeluarkan lagi.

Oleh sebab itu  mari kita belajar secara cerdas

  • Batasi penggunaan HP

Gunakan sebatas hanya untuk Pembelajaran Jarak Jauh saja. Setelah PJJ tidak ada penggunaan HP (untuk game atau on line lainnya). Sehingga penggunaan kuota terkendali dan tidak boros

  1. Maksimalkan buku paket yang sudah dipinjami dari sekolah. Bacalah buku paket tersebut minimal 10 menit setiap hari tiap mata pelajaran.

Pahamilah bahan bacaan tersebut maunya apa, yang dimaksud apa, ikuti perintahnya.

Dengan sering membaca dan menjalankan perintah/anjuran dari bacaan tersebut maka akan kita kuasai materi tersebut

Sampai ketemu Minggu depan. Dengan topik yang berbeda
Tetap semangat jalankan protokol kesehatan.

3 Comments
  1. Orlando
  2. Risma melati
  3. Adinda Dewi Purnama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *