Week 3 English 9 – Chapter 1 Part 2 Expressing Hope & Wish

EXPRESSING WISH & HOPE

Hi, students!

Let’s meet again in our lesson today. Minggu yang lalu kalian mempelajari bab 1 dengan materi Expressing Congratulation. Hari ini kita masih mempelajari bab 1 tetapi dengan materi yang berbeda yaitu Expressing Wish & Hope – mengungkapkan harapan dan keinginan.

Sebelum masuk ke materi kita pahami dulu vocabulary / kosakatanya

HOPE / WISH = harapan/ keinginan

Kedua kata itu berarti harapan atau keinginan. Namun, terdapat perbedaan penggunaan.

  1. HOPE is used to express someone’s desire that is possible to happen (Hope digunakan untuk mengungkapkan harapan kepada seseorang dimana harapan itu masih mungkin terjadi di masa mendatang)
  2. WISH is used to express someone’s desire that is impossible to happen (Wish digunakan untuk mengungkapkan harapan kepada seseorang dimana harapan itu sudah tidak mungkin terjadi).
  3. WISH is also used to express a prayer. (Wish juga bisa digunakan untuk mengungkapkan sebuah doa)

Bagaimana tata bahasanya?

  1. Kata HOPE menggunakan bentuk waktu Present Tense (masa sekarang) karena harapan tersebut masih mungkin terjadi di masa mendatang. Ciri khas bentuk present adalah penggunaan kata kerja bentuk 1 atau penggunan TO Be (is, am, are)
  2. Kata WISH menggunakan bentuk waktu Past Tense (masa lalu) karena harapan yang disampaikan sudah tidak mungkin terjadi. Ciri khas bentuk past tense adalah penggunaan kata kerja bentuk 2 atau penggunan TO Be (was dan were)
  3. Kata WISH untuk ungkapan doa menggunakan bentuk waktu present tense dikarenakan harapan tersebut masih bisa terjadi.

Contoh Kalimat

  1. I hope you will be better next time. (Saya harap kamu bisa lebih baik lain waktu)
  2. I got a bad mark. I wish I studied last night. (Aku mendapat nilai jelek. I harap aku belajar tadi malam)
  3. I wish you luck (Semoga berhasil)

Untuk lebih jelasnya, yuuuuk….. kita intip youtube channel Miss Hana & Mr Fauzan di bawah ini  tentang Expressing Wish & Hope. Jangan lupa like, comment and subscribe yaaaaa…….

Video Miss Hana

Video Mr. Fauzan

 

Nah… bagaimana videonya? Sudah paham atau belum? Untuk mengukur pemahaman kalian tentang Expressing Wish and Hope, coba kalian kerjakan soal di bawah ini. Mudah kok…..

Setelah menyelesaikan materi ini, tuliskan nama, nomer, dan kelas kalian di kolom komentar di bawah ini ya… Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait materi ini kalian juga bisa menuliskannya di kolom komentar  dengan menyebutkan nama dan kelas kalian.

Well students, enough for the lesson today. Don’t forget to be happy, stay safe and healthy, and keep on studying. Goodbye…. See you next week!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *